Semarang

10 Alasan Mengapa Wisatawan Wajib Berkunjung Ke Semarang

Semarang merupakan Ibukota di Jawa Tengah. Memiliki beberapa keunggulan wisatanya, kuliner, serta akulturasi budaya yang mana menjadi landmark adalah bangunan tua yang dikenal dengan Lawang Sewu.

Kebanyakan orang-orang atau wisatawan masih ragu mengapa harus datang ke Semarang selain mengunjungi bangunan tua nya? Padahal selain wisatanya ada beberapa hal unik lainnya yang menarik untuk di eksplore lebih jauh lagi tentang Kota Semarang ini.

Mau tahu alasan kenapa harus ke Semarang? Berikut ini akan saya paparkan alasannya,

 

1. Belajar Sejarah di Kota Semarang

Alasan kenapa harus ke Semarang yang pertama adalah soal sejarahnya. Sudah tentu kebanyakan orang mengenal kota Semarang dikarenakan bangunan-bangunan tua yang berada di kawasan kota lama. Anda akan belajar banyak hal tentang sejarah beberapa bangunan yang ada di kota lama ini. Bisa dengan memulainya untuk berkunjung ke kawasan kota lama dan melihat beberapa spot bangunan yang ada di sana.

Namun jika ingin mengenal kota lama lebih cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan bus wisata yang ada di sana dan tour leader akan menjelaskan kepada Anda mengenai bangunan bersejarah yang ada di kota lama Semarang.

alasan kenapa harus ke semarang

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berkunjung ke spot wisata yang lainnya untuk belajar sejarah kota Semarang dengan mengunjungi beberapa museum yang ada di Semarang juga. Antara lain Anda bisa mengunjungi museum Mandala Bhakti dan juga Museum Ronggowarsito.

 

2. Menikmati Kuliner Khas Kota Semarang

Mungkin sebagai seorang traveler atau wisatawan. Hal yang pada umumnya dilakukan adalah berburu tempat wisata dan juga kulinernya. Tentunya di Semarang juga banyak beberapa jenis kulineran khas Semarang yang bisa dicoba.

Seperti hal nya loenpia yang cukup populer di kalangan wisatawan. Karena loenpia ini adalah kuliner atau makanan khas semarangan. Selain itu ada juga tahu pong, tahu bakso dan beberapa jenis kuliner khas semarang yang lainnya.

alasan kenapa harus ke semarang

Loempia. Sumber: yukpegi

Perlu Anda ketahui di Semarang juga terdapat spot lokasi kulineran yang buka hanya 3 kali dalam seminggu yakni setiap Jumat malam, Sabtu malam, dan Minggu malam. Namanya pasar semawis. Di lokasi pasar semawis ini adalah pusat kuliner yang menjadi satu komplek dengan warga tionghoa di Semarang. Kebanyakan kuliner di komplek pasar semawis ini adalah kulineran khas Tionghoa. Jadi ketika Anda di Semarang tak hanya makanan Jawa saja yang tersedia. Jenis kuliner lain pun juga ada.

 

3. Transportasi Mudah dan Lengkap

Jangan bingung kalau mau datang ke Semarang. Karena semua jenis transportasi di Semarang sudah lengkap. Alasan kenapa harus ke Semarang yang ketiga ini benar-benar memudahkan perjalanan kita, baik akses yang dilalui jalur darat, laut, dan udara semuanya ada. Jika Anda sudah sampai di kota Semarang ini pun tak perlu khawatir untuk menggunakan transportasinya di dalam kota. Karena sudah banyak pilihan jenis transportasi seperti bus transemarang, angkutan umum, taxi, becak, dan juga ojek.

 

4. Banyak Pilihan Penginapan Murah di Semarang

Pada dasarnya Semarang adalah pusat kota terbesarnya di Jawa Tengah. Kantor pemerintahan Jawa Tengah pun ada di Semarang. Tentunya berbagai macam fasilitas juga hampir tersedia di Semarang ini. Termasuk sebuah penginapan.

Jenis penginapan murah di semarang mulai dari kelas ekonomis sampai dengan hotel berbintang juga sangat lengkap. Kalau pun Anda datang ke Semarang bersama keluarga. Anda juga bisa menginap atau sewa apartemen untuk beberapa hari. Jadi tak hanya hostel maupun hotel, di Semarang juga terdapat apartemennya.

alasan kenapa harus ke semarang

5. Semarang memiliki beragam fasilitas public area

Di Semarang banyak sekali pilihan jenis fasilitas public area seperti hot spot area, dan juga taman kota. Ada beberapa titik di pusat kota yang bisa Anda manfaatkan untuk menikmati fasilitas public area tersebut. Seperti hal nya taman kota.

Di Semarang ini ada 10 taman bahkan lebih yang bisa dijadikan sebagai pusat public area baik bagi wisatawan maupun penduduk setempat. Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan fasilitas hot spot yang juga ada di beberapa taman tersebut. Beragam fasilitas ini menjadi alasan kenapa harus ke Semarang yang ke lima.

 

6. Wisata alam di Semarang juga sangat menarik

Kalau pada poin pertama di atas kita bisa belajar wisata di Semarang yang berkaitan dengan sejarah. Kalau yang ini Anda bisa menikmati indahnya kota semarang karena adanya beberapa tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Antara lain wisata hutan mangrove yang ada di Demak, wisata alam pegunungan di gunung Ungaran, dan juga ada wisata air terjun. Salah satunya wisata air terjun 7 bidadari.

alasan kenapa harus ke semarang

sumber : panduanwisata

7. Semarang memiliki pusat oleh-oleh yang lengkap

Rasanya ada yang kurang kalau Anda menghabiskan liburan di Semarang ketika kembali ke kota asal tidak membawa buah tangan. Di Semarang ada salah satu tempat yang menjadi pusat oleh-oleh. Mulai dari souvenir dan juga makanan semuanya tersedia di sepanjang jalan Pandanaran Semarang.

 

8. Belajar keanekaragaman budaya di Kota Semarang

Hal yang mungkin sedikit berbeda dari Semarang dengan kota lainnya adalah di kota loenpia ini memiliki akulturasi sejarah keanekaragaman etnis dan budaya. Jika Anda pernah mengetahui ikon kota Semarang, digambarkan dengan sebuah sosok hewan imajiner yang dikenal dengan warak ngendhog. Itu merupakan hewan dengan perpaduan akulturasi 3 etnis yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa.

Selain daripada itu, di Semarang juga ada beberapa lokasi wisata yang menggambarkan bahwa kota ini memiliki beragam budayanya. Yang mana masing-masing dari lokasi wisata tersebut memiliki sejarah yang bisa kita pelajari dan gali lebih dalam lagi. Untuk mengetahuinya Anda bisa mendatangi Sam poo Kong dan juga Vihara Buddhagaya Watugong.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangtiket pesawat promo dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

 

9. Hampir setiap Minggu ada event menarik di Semarang

alasan kenapa harus ke semarang

Event Semarang. Sumber: globalnews

Kota Semarang ini juga memiliki beragam komunitas. Mulai dari komunitas pecinta hewan, motor, musik, fotografi, pecinta alam, internet, social media, teknologi, entrepreneurship dan masih banyak lagi kategori komunitas lainnya.

Dimana mereka semua adalah sekumpulan komunitas pegiat kreatif di Semarang. Kenapa pegiat kreatif? Karena mereka berlomba-lomba menyerukan Kota Semarang ini dengan membuat sebuah program atau pun event yang tujuannya adalah untuk mengenalkan kota Semarang ini agar lebih banyak dikenal lagi oleh masyarakat luas.

 

10. Semarang adalah kota metropolitannya Jawa Tengah

Layaknya seperti pada kota-kota besar lainnya di Indonesia. Semarang ini juga memiliki jenis transportasi yang lengkap, gedung-gedung bertingkat, dan juga memiliki pusat perbelanjaan yang komplit.

Ini yang menjadikan salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Semarang. Selain bisa belajar sejarah dan budaya. Anda juga tetap bisa menemukan kebudayaan modern di Semarang.

Nah itu dia 10 alasan kenapa harus ke Semarang, jadi Ezytravelers sudah siap berkunjung sekarang?

 

10 Alasan Mengapa Wisatawan Wajib Berkunjung Ke Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 969 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'10 Alasan Mengapa Wisatawan Wajib Berkunjung Ke Semarang' have 1 comment

  1. December 26, 2015 @ 6:30 pm tyas

    Ya..ya..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool