Bandungan Semarang

10 Cara Pilihan Nikmati Liburan di Bandungan Semarang

10 Cara Pilihan Nikmati Liburan di Bandungan Semarang
3.78 (75.56%) 9 votes

Bandungan atau “mbandungan” kalau orang semarang bilang adalah kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Bandungan merupakan salah satu kawasan wisata paling populer di Semarang. Terdapat di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl menjadikan kawasan Wisata ini berhawa sejuk dan adem. Yang pasti sangat menarik.

Bagi para pecinta panorama alam, Jangan pernah Lewatkan Bandungan dalam list tujuan perjalanan kamu bila sedang liburan di semarang. Karena banyak sekali perkebunan, tempat kuliner, tempat pemancingan, kolam renang, spa, tempat karaoke dan wisata sejarah seperti Candi Gedongsongo yang pasti sudah pada tahu kan?
Nah, saya kasi bocoran cara/tips untuk menikmati hiburan di Bandungan Berdasarkan urutan ketinggiannya, yuk monggo…

1. Mencing di Pemancingan Bandungan
Diawali dari yang paling bawah, yaitu Mancing. Bandungan ini seperti surganya resto dan pemancingan, tempat tempat pemancingan tumbuh subur di sini seperti jamur. Akibatnya banyak sekali tempat pemancingan yang menawarkan pelayanan ekstra di sini. Mulai dari Penampilan tempat yang sangat menarik dan nyaman, lalu berbagai menu ikan dengan cara masak yang bervariasi tentunya dengan harga yang terjangkau. Kemudian Pemancingan yang cukup terkenal di bandungan ada Pemancingan Bang Kohar dan Perengsari. Saya sering dapat traktiran ulang tahun di sana.

2. Wisata Test Vokal di Karaoke Bandungan
Tempat karaoke di bandungan juga menjamur, di luar dari pandangan negative tentang tempat karaoke di bandungan. Tempat tempat karaoke di sini menawarkan fasilitas yang sangat mewah. Mulai dari kamar yang lebar, sound system bagus, koleksi lagu yang lengkap, lampu dan tata ruang yang bagus, tentunya harga yang ditawarkan sangat bersaing dengan tempat karaoke di semarang bawah. Paling minim adalah sekitar 50ribu/jam.

3. Menikmati Pemandangan Semarang dari Umbul Sidomukti
Pondok Wisata Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran, diapit jurang dikedua sisinya. Sebagai wisata alam dengan ketinggian 1200mdpl, Pondok Wisata Umbul Sidomukti memiliki fasilitas pondok wisata, outbound training, area permainan yang memacu adrenalin seperti flying fox, paralayang dan triangle bridge, arena perkemahan, dan taman renang alam. Nah yang paling favorit adalah sensasi berenang di atas awan sambil menikmati pemandangan Kab. Ungaran.

Akses menuju Umbul Sidomukti tidak terlalu sulit, jika melalui jalan raya Semarang-ungaran, kita bisa belok ke arah bandungan, hingga pasar jimbaran belok kanan kemudian naik. Jalannya sudah dicor dengan beton, lebar jalannya pun sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

umbul sidomukti

Kolam Renang di Atas Awan dan Arena Flying Fox

4. Menyesap Kopi dan sensasi Senja di Pondok kopi
Di atas Umbul Sidomukti ini terdapat sebuah kedai kopi dengan ketinggian sekitar 1200mdpl. Kedai yang dimaksud bernama Pondok Kopi . Datanglah pagi-pagi saat matahari akan terbit. Saya sarankan paling lambat jam 05.00 sudah berada di lokasi. Walaupun kedai tersebut belum dibuka untuk umum, karena baru buka jam 08.00 pagi, kita tetap bisa masuk ke area kedai tersebut. Diluar kedai tentunya. Kita bisa memilih tempat dimana view yang bagus untuk menikmati keindahan alam saat matahari terbit, tanpa bersusah payah untuk mendaki gunung. Jadi buat Anda yang tidak biasa naik gunung, jangan takut untuk datang ke tempat ini.

di pondok kopi ini memiliki sensasi sendiri bila minum kopi di sini. akan terasa syadu bila kamu ngopi ganteng dan cantik ditemni semburat kemerahan sinar matahari sore yang hendak pulang ke peraduan. pas sekali, hangat berkolaborasi dengan dingin. mencipatkan suasana dengan penuh fantasi

pondok kopi ungaran

Menikmati Pagi di Pondok Kopi

5. Kemah Syahdu di Camp Mawar
Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi supaya sebuah tempat dinyatakan ideal untuk berkemah adalah tersedianya lahan untuk mendirikan tenda. Nah, Camp Mawar berarti sangat ideal dong, karena memiliki lahan yang luas untuk mendirikan tenda, rimbunnya pepohonan pinus menjulang tinggi menjadi payung alam pelindung dari panas dan hujan, udara yang bersih sejuk menyegarkan tiap labirin di paru paru. Belum lagi bakal diberikan bonus berlipat ketika menyaksikan matahari terbit dan tenggelam.
Bila tidak ingin repot, Camping Ground Pos Mawar ini juga menyediakan persewaan tenda, peralatan camping dan tentunya listrik untuk penerangan. Tuh kan, jadi pengen ngecamp lagi di bawah pohon pinus paling atas…

Camp Mawar

Tenda Tenda di Camp Mawar

6. Berenang di Waterpark Bandungan
Sensasinya bagaimana ya? ketika berenang di kolam renang dengan ketinggian lebih dari 1000mdpl? Ih dingin… New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort berlokasi di Jl. Veteran No. 3 Bandungan, tepat di jantung pasar Bandungan. Taman seluas sekitar 3 hektar ini dulu dikenal dengan nama Hotel PJKA kerena memang milik PT. Kereta Api Persero. Sekarang di kembangkan menjadi family resort yang menyediakan penginapan yang cukup representatif, dilengkapi dengan waterpark dan arena permainan anak beragam jenis. Nah bila bosan berenang di tengah kota, bisa lho mencoba berenang di sini, tempatnya rindang kok, gak panas.

Waterpark Bandungan

Ramainya Waterpark Bandungan (foto by @newbandunganindah)

7. Berburu Bunga Murah di Pasar Kembang Bandungan
Pasar bunga disini sangat terkenal, karena menjadi pemasok bunga-bunga hias di beberapa kota, seperti; Semarang, Salatiga, Kendal dan beberapa kota lainnya. Menarik lagi adalah harga yang ditawarkan pedagang bunga di sini sangat fluktuatif. Menjelang akhir pekan, harga bunga akan melonjak 3-5 kali lipat dari harga normal. Perbedaan waktu juga menentukan harga, sebab semakin siang harga bunga semakin mahal. Berbeda jika membali bunga dipagi buta, yakni sekitar pukul 02.30-05.00 akan mendapatkan harga yang cukup murah.
Bunga yang ada di Pasar Kembang Bandungan sangat bermacam seperti Krisan, sedap malam, gladiol, melati, aster, dahlia dan masih banyak lagi bunga bunga hias yang di gantung dalam pot kecil. Cukup pilih yang disukai, bawa pulang deh. Jangan lupa bayar… hehe.

pasar kembang bandungan

penjual kembang di Pagi buta (foto By Dhave Dhanang)

8. Memanjakan diri di Kawasan Wisata Susan Spa
Susan Spa ini terletak di sebelah atas Pasar Mbandugan, pemandangan alamnya masih asri, resort yang dilengkapi kolam renang air hangat ini benar-benar mampu memanjakan para tamu dengan pelayanan spa yang berkualitas dan membuat kondisi tubuh para tamu menjadi kembali segar. Fasilitas yang paling terkenal adalah Spa on the Sky, dimana sembari menikmati spa kita dapat menikmati pemandangan alam dari dalam kamar yang didesain cantik dengan jendela kaca yang memungkinkan para tamu melihat pemandangan dibawah pegunungan. walaupun tidak ke susan spa, kamu juga bisa menikmati pemandangan secara gratis di jalur menuju ke susan spa ini.

Susan Spa

Susan Spa

9. Jalan Santai di Gunung Ungaran
Jalan santai, kalau kamu sedang mendaki gunung, janganlah terlalu memikirkan puncak saja, tapi nikmatilah tiap langkah yang kamu tempuh, apa saja yang kamu temui dan apa yang kamu rasakan selama di perjalanan. Gunung Ungaran dengan Puncak tertingginya 2050mdpl bisa kamu tempuh dselama 2.5jam dengan langkah stabil. Bisa menjadi weekend yang asyik untuk berpetualang di tengah hutan untuk lebih dekat dengan alam.

Gunung Ungaran

seperempat jalan menuju Gunung Ungaran

10. Mencicipi Kuliner Bandungan, Tahu Serasi, Getuk dan Torakur
Tahu serasi, saya rasa cukup terkenal di kalangan wisatawan Bandungan. Rasa tahu yang enak, bersih, alami tidak mengandung borax dan zat berbahaya lainnya. Bila tidak percaya, coba saja datang ke pabriknya dan menilik proses pembuatan tahu dari awal sampai akhirnya bisa dimakanan dengan cocolan saos atau cabe. Selain tahu, ada juga Jajanan berupa Getuk goreng yang berbentuk setengah lingkaran pipih seperti kapal dengan isi gula di dalamnya. Rasanya sangat gurih, orang di bandungan sendiri menyebutnya dengan nama “getuk lipet”.  Torakur, kependekan dari tomat rasa kurma. Sekilas agak sukar membedakan Torakur dengan kurma. Bentuknya sama-sama oval dengan warna pekat. Bedanya, warna kurma lebih hitam pekat, sedangkan Torakur kemerah-merahan. Penganan ini empuk tanpa biji, manis, serta menyisakan aroma dan rasa khas tomat. Harganya Rp 9.000,- dalam kota sebreat 250 gram. Sangat cocok jadi buah tangan khas Bandungan.

Sebenarnya masih banyak hal menarik untuk dikulik di bandungan. Seperti jalan-jalan ketika pasar Kembang mulai buka. bakal lebih menarik. yakin coba deh dan temukan kejutannya.

(Visited 57,972 times, 3 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'10 Cara Pilihan Nikmati Liburan di Bandungan Semarang' have 10 comments

  1. June 14, 2015 @ 8:34 am wahyu asyari muntoha

    wisata yang lainnya gak dibahas ih. if you know what i mean.

    Reply

    • June 15, 2015 @ 1:40 pm slamet riyadi

      bhahaha sama sama tau bro, bisa yang #ifyouknowwhatimean aku juga tau…

      Reply

  2. June 14, 2015 @ 9:18 pm iPul Gassing

    Bandungan…jadi ingat Pepeng.

    Reply

    • June 15, 2015 @ 1:42 pm slamet riyadi

      pepeng sekarang sudah insyaf daeng, sekarang dia mainannya kopi, dan sudah ada lawan tandingnya.
      daeng pernah ke bandungan juga?

      Reply

      • June 16, 2015 @ 2:18 pm elafiq

        Daeng ke Bandungan bareng Novpras?

        Reply

  3. June 15, 2015 @ 7:05 am Dwi Pramono

    11. Menikmati sunrise; 12. Mengunjungi Candi Gedongsongo, 13. dll…dsb.. Wah, ternyata memang masih banyak yang bisa dieksplore dari Bandungan ya, Slams. Good posting (y)

    Reply

    • June 15, 2015 @ 1:44 pm slamet riyadi

      sunrise, sunset, bisa jadi 20an pak DP, kalau gedong songo juga sudah saya masukan di pembuka karena sudah termahsyur di bandungan.
      yg jarang diliput itu malah ke waterparknya… kapan kapan kita coba kesana pak DP

      Reply

      • June 17, 2015 @ 3:30 pm Inung Djuwari

        saya juga penasaran sama waterpark-nya, dulu kayaknya yang taman kosong itu ya mas Slam?

        Reply

  4. September 7, 2015 @ 6:24 am Didik Lukman

    Kereeen..!!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool