Destinasi di Demak Jawa Tengah

10 Destinasi Yang Afdhol Di Demak

10 Destinasi Yang Afdhol Di Demak
5 (100%) 2 votes

Jika wisata ke Semarang menjadi pilihan, ada baiknya jika sekaligus mengunjungi kota kecil di sebelah utaranya, kota Demak. Di kota bersejarah  yang sering disebut juga sebagai kota wali ini, ada berbagai wisata yang bisa dirambah. Wisata relijius, wisata spiritual, wisata budaya, wisata alam dan juga bahkan wisata industri kerajinan.

Apa saja sih sepuluh tempat  yang harus dikunjungi di Demak? Yuk kita tengok satu per satu!

1. Masjid Agung Demak

Tempat ibadah dan sekaligus situs peninggalan wali songo dan Sultan Fatah ini berusia lebih dari separoh abad.  Bangunan yang secara arsitektural tampaknya bersahaja ini sesungguhnya memiliki filosofi yang sarat makna. Tiga trap atap tumpangnya melambangkan islam, iman, ihsan. Arsitektural islami nusantara inilah yang kemudian menginspirasi banyak masjid lainnya di seluruh pelosok Indonesia. Di dalam ruangan utamanya terdapat empat soko guru utama yang dibuat oleh para Wali. Sedangkan delapan tiang yang menyangga serambinya merupakan pemberian dari Raja Majapahit yang adalah ayahnya Sultan Fatah, penguasa pertama kerajaan Islam pertama di Jawa ini. Di sebelah barat dan utara masjid terdapat kompleks makam para pejabat dan punggawa kerajaan serta  auliya’ yang mulia.

masjid agung demak semarang

2. Museum MAD

Museum Masjid Agung Demak berada di sebelah utara masjid yang terkenal seantero dunia ini. Di dalamnya terdapat banyak peninggalan, seperti pintu asli bangunan masjid pada awal dibangun, gentong-gentong dari Campa (negeri asal ibundanya Sultan Fatah), bedhug, kitab-kitab dan serat-serat yang ditulis para Sunan atau Wali, miniatur masjid dan ilustrasi bentuk masjid sejak awal berdiri 500 tahun berikut perubahan dan renovasinya hingga saat ini.

museum masjid agung demak

3. Makam Sunan Kalijogo

Sunan Kalijogo terkenal sebagai salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam Rahmatan Lil alamiin  dengan cara-cara yang bijak dan ramah. Beliau menyisipkannya melalui seni dan  budaya seperti tembang-tembang Jawa dan wayang. Makamnya berada sekitar empat kilometer dari masjid Agung Demak, di daerah Kadilangu.

sunan kalijaga

4. Wisata Mangrove Morosari Sayung

Banyak orang, bahkan penduduk pribumi Demak sekalipun, yang belum mengetahui adanya wisata ini. Padahal di Morosari Sayung Demak ini tersimpan keindahan hutan mangrove atau bakau. Burung-burung bangau putih menjadi pemandangan indah selain juga sunset alias matahari terbenam yang menggetarkan hati di setiap senjanya.

mangrove demak

5. Tradisi Syawalan Di Pantai Moro

Seminggu  sesudah hari raya Idul Fitri, orang-orang dari banyak daerah berdatangan ke pantai Moro Demak untuk menyaksikan sedekah laut dan juga perlombaan perahu dayung. Tradisi ini disebut sebagai tradisi Syawalan, ada juga yang menyebutnya sebagai Lomban.

moro demak

6. Sentra Batik Demak

Ternyata Demak juga memiliki kekayaan lokal yang berasal dan terinspirasi khasanah kearifan lokal. Berbagai motif batik yang mengambil stilasi dari berbagai hasil alam daerah dan elemen-elemen dalam Masjid Agung Demak ini diproduksi sendiri oleh putra daerah. Wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan batik ini dari bahan mentah hingga jadinya, sekaligus bisa berbelanja di sana.

batik demak

7. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Berbagai macam souvenir khas Demak bisa didapatkan di kios sekitar Masjid Agung. Namun wisatawan bisa juga mendatangi langsung sentra kerajinan untuk bisa melihat dari dekat proses pembuatannya. Dan tentu saja melihat lebih banyak lagi pilihan untuk bisa dibeli.

sentra kerajinan demak

8. Sentra Kerajinan Rebana

Rebana dan marawis merupakan seni dan budaya yang menjadi tradisi dan kebanggaan  Demak, selain tembang dan wayang. Di sentra kerajinan  ini kita jadi mengenal banyak jenis elemen dalam permainan rebana dan marawis. Nama, fungsi dan juga filosofinya. Hasil produksi ini ternyata juga dikirim ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk Kalimantan dan Papua.

rebana

9. Wisata Agro Jambu dan Belimbing

Mungkin banyak orang sudah mafhum jika belimbing merupakan kuliner khas Demak, sebab Sunan Kalijogo pun mempopulerkan tembang lir ilir gubahan Sunan Bonang ini. Di daerah Betokan, wisata agro buah belimbing dan buah jambu citra ini kemudian dikembangkan.

wisata belimbing

10. Grebeg Besar Demak

Tradisi Grebeg Besar Demak berlangsung selama bulan Haji atau bulan Dzulhijjah. Di malam sebelum hari Idul Adha, tanggal 9 Dzulhijjah, arak-arakan tumpeng songo digiring dari pendopo  kabupaten menuju masjid Agung Demak. Usai rangkaian acara pengajian dan sebagainya, para pengunjung turut menikmati tumpeng songo ini di serambi masjid. Pada keesokan harinya, tanggal 10 Dzulhijjah usai sholat Idul Adha, puncak acara grebeg besar berlangsung. Para prajurit patang puluhan mengiringi bupati dan staf berarak dari masjid Agung menuju makam Kadilangu untuk melakukan penjamasan pusaka peninggalan wali dan kerajaan Demak.

Grebeg Besar Demak

Sumber Foto : Tempo

(Visited 1,134 times, 1 visits today)


About

penikmat hujan, pecinta purnama.


'10 Destinasi Yang Afdhol Di Demak' have 4 comments

  1. May 2, 2015 @ 6:48 am Dwi Pramono

    Iya, Dian.. #barutahu kalau ada wisata mangrove Morosari di Sayung.

    Reply

    • May 4, 2015 @ 8:46 pm dian

      sudah pernah ke sana, pak Dwi?

      Reply

  2. May 4, 2015 @ 10:33 am Hidayah Sulistyowati

    Naksir batiknya, apik2 ya mbak

    Reply

    • May 4, 2015 @ 8:54 pm dian

      asyiiiik…ayo, mbak. dilarisin batiknya 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool