Lawang Sewu

10 Hal Yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Semarang

10 Hal Yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Semarang
5 (100%) 2 votes

Hello hellooooo…. Musim ujian anak-anak telah tiba. Sebentar lagi liburan dong berarti. Sudah dapat tiket pesawat murah atau belum? Buruan gih dikejar, sayang loh kalau liburan nanti hanya dihabiskan dengan termenung dan berdiam diri di rumah saja.

Lantas destinasi liburan mana yang kepengin dijajal? Bahama, Hawai, atau Antartika?

Lah, nggak usah jauh-jauh deh. Sudah pernah ke Semarang belum? Ibukota provinsi Jawa Tengah ini menyimpan banyak potensi untuk diulik loh. Ada 10 hal yang wajib dicoba saat liburan di Semarang :

1. Keliling Semarang naik bustram Semarjawi.

bus semarjawi

Apakah sudah banyak yang tau kalau di Semarang sekarang ada bus Semarjawi? Semarjawi merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Bus double deck ini diresmikan penggunaannya tanggal 28 Oktober 2014. Ada berbagai macam paket trip yang ditawarkan, tergantung partisipan dan harinya. Bisa digugling sendiri nanti ya bagaimana cara booking tiket dan detail-detail perjalannnya.

2. Jelajah adrenalin di Lawang Sewu

Siapa coba yang tidak mengenal bangunan yang satu ini :

blue lawangsewu

Lawang Sewu nan cantik – courtesy : Wawan Widi

Bangunan kuno yang dulunya adalah kantor jawatan kereta api ini sudah tersohor di seluruh penjuru Nusantara sebagai tempat kunjungan wisata yang memiliki kadar pacu adrenalin di lokasi tertentu. Entah bagaimana justru nuansa horornya yang menjadi simbol dari gedung cantik ini. Padahal Lawang Sewu kan lebih asyik dinikmati keindahan dan kemegahan struktur bangunannya dibandingkan side effect yang tercipta dari kisah turun temurun itu.

Eh, emang beneran ada ‘sesuatu’ di dalam Lawang Sewu? Mau tau? Pake banget nggak? Hayuuukk sini mari kita nikmati jelajah adrenalin di sini 😉

3. Menyapa Senja di Simpang Lima

Semarang memang tak memiliki banyak taman kota, bahkan pada suatu masa satu-satunya taman yang ada di pusat kota (yang akhirnya terkenal dengan julukan Simpang Lima) ini pernah hancur kondisinya karena terlalu banyak digunakan untuk event / pagelaran. Namun kini taman kota ini semakin cantik seiring dengan perbaikan dan penataan kota yang terus dibenahi.

Kenapa disebut Simpang Lima? Bundaran taman di tengah kota itu memang memiliki beberapa cabang jalan, yaitu ke Jl. Ahmad Yani, Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Gajah Mada dan Jl. Ahmad Dahlan. Sebenarnya ada satu lagi cabang jalan yang masuk ke Erlangga.

Di taman kota ini sekarang sudah banyak aktivitas fisik yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi saat senja menjelang, asyik sekali duduk-duduk di Simpang Lima sembari menikmati aneka kuliner, melihat muda-mudi bermain basket di tengah lapangan, anak-anak hilir mudik naik becak wisata ataupun bermain roller blade.

4. Mencicipi makanan khas : Lunpia & Ganjel Rel

Setiap kota pasti memiliki makanan atau jajanan khas. Nah, siapa coba yang belum tau lunpia Semarang yang tersohor itu? Yuk sini coba dulu. Banyak spot kulineran yang menyajikan makanan berbahan dasar rebung / bambu muda ini. Yang paling tersohor ya Lunpia Gang Lombok no. 11 dan Lunpia Mbak Lin di Jl. Pemuda.

ganjel rel

Kalau Ganjel Rel, adakah sobat yang sudah pernah mencobanya? Atau malah belum pernah sama sekali tau makanan yang satu ini? Cita rasanya mirip dengan ontbijtkoek, kue dengan rasa kayu manis yang pekat bertabur wijen di atasnya. Disantap sebagai teman minum teh atau kopi, wuiiihh… serasa kembali ke masa lampau deh.

5. Serasa di Negeri Tirai Bambu : Sam Poo Kong

Ada banyak bangunan historis yang berdiri di Semarang, mulai dari bangunan untuk pusat pemerintahan, gedung sebagai pusat bisnis, juga landmark iconic yang berkaitan dengan unsur religi. Salah satu yang sangat terkenal adalah Sam Poo Kong, bukti kedatangan budaya luar dari Cina ke Semarang. Dengan mengambil foto di berbagai spot tempat ini, kita akan dibawa suasana serasa di negeri tirai bambu.

6. Wisata Sejarah di Museum

museum mandala bhakti

Yang tak kalah menarik dan penting adalah mendatangi museum yang ada di Semarang. Di Jl. Soegijapranata no. 1, berseberangan dengan Tugu Muda, terdapat Museum Mandala Bhakti. Museum ini menyimpan kisah perjuangan TNI dengan aneka koleksi data, dokumentasi dan persenjataan TNI yang digunakan saat perjuangan.

Sedangkan di Jl. Abdul Rahman Saleh no. 1, tepat di bundaran yang berseberangan dengan bandara Ahmad Yani, terdapat Museum Ranggawarsita, tempat memamerkan dan menyimpan berbagai benda warisan budaya Jawa Tengah. Koleksinya mulai dari temuan aneka bebatuan, peninggalan masa lalu dari berbagai peradaban, benda-benda yang dipakai saat pertempuran, peralatan kesenian, dan masih banyak lagi. Total terdapat 4 gedung di museum ini yang masing-masing memiliki tema tersendiri.

7. Menjelajah Pusat Oleh-oleh Semarang

Liburan ke Semarang dan baliknya tak membawa oleh-oleh? Nggak banget deh. Segala macam oleh-oleh jajanan khas Semarang tersebar di berbagai penjuru kota. Namun yang paling mudah ya tinggal telusuri saja Jalan Pandanaran. Sobat Hello Semarang bisa mendapatkan oleh-oleh dengan mudah di sana, ada banyak toko yang telah siap membantu kita dengan variasi oleh-olehnya yang beragam.

8. Kulineran ala Pasar Semawis

Bila sobat datang ke Semarang saat akhir pekan, jangan lupa untuk datang ke area Pasar Semawis untuk menemukan keunikan yang lain lagi dari kota ini. Awalnya Pasar Semawis pada tahun 2004 diadakan sebagai pasar Imlek. Namun akhirnya kini tiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu malam buka terus di sepanjang Gang Warung dengan sajian kuliner khas macam pisang plenet, es puter, serabi, nasi ayam dan sebagainya. Yuuuukk dicoba…

9. Ngabuburit di Kota Tua

kantor pos johar semarang

Belum afdol rasanya ke Semarang kalau belum menjelajah kota tua. Hawa Semarang yang terkenal panas akan teriknya matahari membuat jelajah kota tua lebih enak dilakukan sembari ngabuburit. Geliat kota tua masih tetap dinamis hingga malam tiba, jadi jangan khawatir akan kesepian di sana 🙂

Oya, taukah sobat semua dimana letak Titik Nol kota Semarang? Mari kita langkahkan kaki Kantor Pos besar yang ada di daerah Johar. Disanalah letak 0 km kota Semarang. Rugi loh kalau tidak berpose  di sana ataupun hunting foto bangunan tersebut plus puluhan bangunan kuno lainnya.

10. Mengakrabi Sensasi Naik Becak

 Masih sering naik becak di kota asalmu? Bagi yang rindu akan sensasi naik becak, di Semarang masih banyak loh spot-spot yang menjadi wilayah beroperasinya moda transportasi yang satu ini. Di daerah kota tua juga masih ada kok, jadi bila sobat ingin menikmati indahnya kota tua dengan seksama, bisa deh menggunakan jasa becak untuk mengantarkan berkeliling sembari ditemani sepoi-sepoi angin malam.

Bagaimana, asyik dan layak dicoba kan semua hal di atas? Kesepuluh pilihan aktivitas untuk liburan tadi tak cukup dihabiskan dalam sehari loh. Jadi, silakan siapkan itinerary liburan dari sekarang. Semarang is waiting 🙂

(Visited 1,743 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'10 Hal Yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Semarang' have 8 comments

  1. May 5, 2015 @ 2:44 pm Dwi Pramono

    Sae, mbak Uniek. Mungkin lebih joss kalau ditautkan dengan artikel kontributor lain karena sebagian item sudah pernah diposting sebelumnya. #usul

    Reply

  2. May 5, 2015 @ 3:13 pm Inung Djuwari

    kerennnn…. (y)
    Bener kata Pak DP, ditautkan ke artikel teman pasti lebih okay…

    Reply

  3. May 5, 2015 @ 3:28 pm Aida Al Fath

    Hello maks Unieq 🙂 kereen tulisannya, kapan-kapan saya ke Semarang moga nggak nyasar deh, kan udah ada tipsnya disini. sukses yaa

    Reply

  4. May 6, 2015 @ 11:55 am Hidayah Sulistyowati

    Kalo aku paling suka naik becak di pecinan, nostalgia masa kecil 😀

    Reply

  5. May 16, 2015 @ 11:26 am Johanis Adityawan

    belom pernah naik bustram semarjawi 🙁

    Reply

  6. June 2, 2015 @ 11:00 am Titik Asa

    Halo Mbak Uniek, apa kabar?
    Menarik sekali tulisan tentang Semarang ini. Saya belum pernah ke Semarang nih Mbak, tapi Sabtu dan Minggu besok saya akan ada di Semarang, rencana berangkat Jumat sore/malam dari Bekasi. Saya khusus mengunjungi Semarang untuk menghadiri festival jazz Loenpia Jazz hari Minggu, 7 Juni.
    Hari Sabtu saya akan keluyuran di kota Semarang, tempat-tempat yg dituliskan disini jadi semacam tempat yang akan saya datangi.

    Salam,

    Reply

  7. July 3, 2015 @ 3:59 am Update Dunia

    Wah boleh juga tuh liburan ke semarang, sayang waktu kemaren gak mampir padahal kan udah dekat. kemarin saya cuma keliling-keliling di Demak Kota Wali. Lain kali mampir lah, soalnya dari info diatas sangat menarik sekali untuk di kunjungi.

    Reply

  8. June 21, 2016 @ 1:52 am Bobby Ertanto

    Masih belum nyobain yang bus double decker, semarjawi itu.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool