10 Jajanan Khas Yang Ada di Semarang

10 Jajanan Khas Yang Ada di Semarang
3 (60%) 2 votes

Anda warga asli Semarang atau bukan, maka Anda juga harus perlu mengetahui beberapa jajanan khas semarangan. Terutama bagi Anda yang sedang wisata ke Semarang. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum pernah mendengar istilah ‘gilo-gilo’. Ternyata banyak yang beranggapan bahwa gilo-gilo merupakan sejenis makanan. Namun sebenarnya gilo-gilo merupakan sebuah istilah. Mau tahu apa sebenarnya gilo-gilo itu? Di bawah ini akan saya jelaskan apa itu gilo-gilo bersamaan dengan 10 pemaparan saya tentang jajanan khas Semarang yang cukup dipopulerkan oleh masyarakat Kota Semarang,

  1. Tahu Gimbal

Bagi sebagian besar masyarakat Kota Semarang tentunya sangat mengenal sekali Tahu Gimbal. Makanan yang terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas ini biasa banyak ditemukan didepan halaman Masjid Baiturrahman Simpang Lima Semarang.

tabloidsimpang5.com

tabloidsimpang5.com

  1. Lumpia Semarang

Kalau makanan yang satu ini tentu sudah jelas sekali kita mengenalinya. Bahkan lumpia sudah menjadi trademark kuliner atau oleh-oleh khas Semarang. Namun bagi yang belum mengetahui secara terperinci apa itu lumpia. Mari saya jelaskan secara singkat, lumpia adalah  makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang.

  1. Gandos

Satu lagi makanan atau jajanan khas Semarang adalah Gandos. Gandos adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Gandos dibuat di dalam cetakan loyang dengan api panas di bawahnya. Rasanya pun cukup manis dan gurih. Gandos ini sangat cocok disantap ketika masih dalam keadaan hangat.

visitcentraljava.com

visitcentraljava.com

  1. Kue Mochi

Kue Mochi adalah salah satu jajanan khas Semarang yang terbuat dari tepung adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula. Tampilannya yang bulat kecil-kecil dan kenyal dengan taburan wijen di bagian luarnya. Kue mochi ini bertahan kurang lebih selama satu minggu lamanya. Jadi bagi yang mau membelikan oleh-oleh keluarganya kue mochi, diusahakan bisa sampai di tempat tujuan maksimal satu minggu setelah pembelian. Agar masih tetap enak disantapnya.

  1. Gilo-gilo

Banyak beberapa orang yang salah paham bahwa yang namanya ‘gilo-gilo’ adalah sejenis gorengan. Kalau menurut beberapa referensi yang saya dapatkan gilo-gilo merupakan sebuah istilah atau kata lain dari gerobak dorong yang mana isi dari gerobak tersebut berisikan jajanan pasar antara lain pisang goreng, bakwan, mendoan, buah-buahan atau pun bolang-baling. Jadi kenapa namanya gilo-gilo? Konon ceritanya para pedagang yang berkeliling menawarkan jajanannya yang ada di gerobak sambil berteriak sembari menyebut kalimat, “Gi lo gi lo gi lo jajane teko” atau dalam bahasa Indonesia yang artinya “Ini loh ini loh jajanannya sudah datang”. Sehingga lama kelamaan masyarakat yang mendengarnya menamai dagangan tersebut dengan menyebutnya Gilo-gilo. 🙂

flickr.com

flickr.com

  1. Jongkong Singkong

Jongkong Singkong merupakan salah satu jajanan tradisional dari Semarang yang terbuat dari bahan utamanya berupa singkong. Diparut dan dibungkus oleh daun pisang. Dalam penyajiannya jongkong singkong ini menggunakan kelapa parut yang ditabur diatasnya, sehingga rasa kue tradisional yang satu ini lebih nikmat dan lebih gurih.

  1. Wingko Babat

Jajanan yang satu ini tentu sudah sangat familiar bagi kita. Bahkan wingko babat ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang. Meskipun sebenarnya Wingko Babat ini berasal dari Babat, daerah kecil yang ada di Jawa Timur. Namun oleh masyarakat luas Wingko Babat ini lebih dikenal sebagai jajanan khas Semarang.

  1. Tahu Bakso

      Tahu bakso sebenarnya banyak sekali ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Namun Semarang juga dikenal sebagai salah satu Kota dengan jajanan khas nya berupa tahu bakso. Selain lumpia dan wingko babat, tahu bakso juga menjadi salah satu oleh-oleh yang sering diburu wisatawan.

  1. Lontong Spekkoek

Makanan khas Semarang lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah lontong spekkoek. Lontong spekkoek ini adalah kue lapis legit atau spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Rasanya enak dan teksturnya lembut.

hollifood.com

hollifood.com

  1. Roti Gandjel Rel

Satu lagi jajanan khas Semarang adalah Gandjel rel. Roti gandjel rel ini memiliki citarasa manis dengan aroma kayu manis yang harum. Bentuknya kotak dengan warna coklat dan bagian atasnya ditaburi wijen. Roti gandjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti gandjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Anda dapat menemukan roti gandjel rel ini di pasar Johar.

seputarsemarang.com

seputarsemarang.com

Semakin banyak sekali jajanan khas Semarang yang bisa dicoba. Silahkan jika ada yang mau ditambahkan bisa menuliskan komentar di bawah 🙂

(Visited 10,464 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'10 Jajanan Khas Yang Ada di Semarang' have 1 comment

  1. July 23, 2015 @ 2:41 pm Inung Djuwari

    ternyata ada yang belum pernah saya makan, itu lontong spekkoek. Baru tahu saya. Di toko oleh-oleh adakah?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool