10 Oleh-oleh Khas Magelang Yang Wajib Dibeli

Ezytravelers, pergi ke suatu tempat atau kota tak lengkap rasanya kalau tak membeli buah tangan atau oleh-oleh. Setiap tempat atau kota yang kita kunjungi pastilah memiliki makanan atau oleh-oleh khas yang hanya ada di kota tersebut. Salah satunya adalah kota Magelang. Kota yang berjuluk kota sejuta bunga inipun memiliki beberapa oleh-oleh khas yang tak kalah enaknya dari kota-kota lain. Jadi, kalau pergi ke Magelang jangan lupa membeli oleh-oleh khas Magelang, ya Ezytravelers.

Ada kurang lebih 10 jenis makanan atau jajanan khas Magelang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, berikut ini diantaranya :

1. Gethuk Trio

oleh-oleh khas magelang
Kota Magelang sering disebut sebagai kota gethuk. Tak heran kalau di berbagai pusat oleh-oleh, makanan yang paling dicari adalah gethuk. Gethuk yang paling dikenal di seantero Nusantara ya Getuk Trio. Getuk yang memiliki tiga warna khas putih, coklat dan merah muda ini bertekstur lembut dan memiliki rasa manis gurih. Ada beberapa macam merk getuk trio yang cukup terkenal, diantaranya gethuk ECO. Kalian musti coba, Ezytravelers.

2. Gethuk Bolen

oleh-oleh khas magelang
Gethuk Bolen ini merupakan kreasi baru olahan getuk. Jadi getuk bolen adalah perpaduan antara gethuk dengan adonan puff pastry yang melapisi getuk. Kalau biasanya kita menikmati bolen yang isiannya pisang, kali ini kita menikmati bolen dengan isian getuk. Hmm, bayangkan betapa nikmatnya merasakan manisnya getuk yang berpadu dengan gurihnya bolen. Udah deh, borong gethuk bolennya.

 

3. Keripik Slondok

Olahan berbahan singkong lain yang dibuat sebagai camilan ringan. Keripik slondok Magelang ini lumayan terkenal dan sudah dikirim ke berbagai daerah juga, loh. Rasanya juga bermacam-macam. Ada keripik slondok original, pedas dan pedas manis. Kalau sudah ngemil keripik slondok ini, dijamin kalian nggak akan berhenti deh.

4. Potil

Potil juga salah satu olahan singkong yang dibuat sebagai camilan ringan. Bentuknya yang mirip seperti cincin kecil memiliki rasa gurih. Kadang potil dijadikan sebagai lauk makan karena rasanya yang gurih dan renyah.

5. Wajik dan Jenang Ny. Week

Selain gethuk, Magelang juga memiliki oleh-oleh khas Magelang lain yaitu wajik dan jenang Ny. Week. Kalau sedang pulang ke Purworejo, biasanya saya mampir di daerah Salaman dan membeli wajik Ny. Week. Pusat wajik dan jenang Ny. Week memang berlokasi di jalan Magelang-Purworejo. Wajik dan jenang Ny. Week ini bertekstur lembut dan pulen dengan rasa manis yang pas. Wajik dan jenang Ny. Week ini pas untuk menemani secangkir teh hangat di pagi atau sore hari.

6. Tape Ketan

Meski di daerah lain juga memiliki tape ketan sebagai makanan khasnya, tape ketan asli Magelang juga banyak peminatnya. Tape ketan yang banyak diminati karena rasanya manis. Tape ketan yang biasa dijual sebagai oleh-oleh biasanya berwarna hijau. Warna hijaunya itu alami loh, karena berasal dari air perasan daun katuk. Jadi nggak perlu khawatir tape ketan yang kalian beli memakai pewarna yang berbahaya.

7. Grubi

oleh-oleh khas magelang
Ezytravelers pernah mendengar makanan yang bernama grubi? Yups, grubi itu sejenis penganan tradisional manis yang terbuat dari ubi jalar. Jadi ubi jalar itu diserut, direndam dan digoreng kemudian diberi gula. Rasanya manis dan renyah. Enaak banget.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel di Semarang, Paket tour murah, dan Paket wisata

 

8. Gula Kacang

oleh-oleh khas magelang

Gula kacang ini kalau di daerah Yogyakarta dan sekitarnya dikenal sebagai ampyang. Terbuat dari campuran gula merah dan kacang tanah yang disangrai, rasanya sungguh legit. Saya paling suka dengan gula kacang dengan komposisi kacang yang lebih banyak daripada gula merahnya. Kalau sedang ke Magelang, jangan lupa beli gula kacang ini ya Ezytravelers.

9. Permen Tape

Permen tape dulunya hanya tersedia setiap hari raya Idul Fitri sebagai suguhan untuk tamu yang datang bersilaturahmi. Namun kini, penggemar permen tape tak harus menunggu lebaran kalau ingin makan permen tape. Cari saja di pusat oleh-oleh khas Magelang, pasti ada.

10. Buntil Daun Talas

oleh-oleh khas magelang

Buntil daun talas sebenarnya adalah masakan tradisional yang kini juga menjadi oleh-oleh khas Magelang. Buntil adalah makanan berbahan utama daun talas yang diisi dengan parutan kelapa muda yang dicampur dengan ikan asin (ikan teri) berbumbu kemudian dikukus dan dimasak menggunakan santan. Rasanya? Waah, mantap. Kalian musti mencobanya Ezytravelers!

Nah, itu dia 10 makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika kalian berkunjung ke kota Magelang. Kalau sudah borong oleh-oleh, jangan lupa kirimin ke rumah saya, ya.

10 Oleh-oleh Khas Magelang Yang Wajib Dibeli
5 (100%) 2 votes
(Visited 4,703 times, 15 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'10 Oleh-oleh Khas Magelang Yang Wajib Dibeli' have 3 comments

  1. February 14, 2017 @ 7:33 am Astin Astanti

    Namanya Grubi to, aku pernah beli di kantin Masjid di daerah Bintaro sini, Mbak. Enak banget sampai aku nambah terus belinya. Tapi harganya mahal banget, mungkin karena proses dan cara membuatnya yang membutuhkan waktu lama, kali y

    Reply

    • February 19, 2017 @ 12:39 am Ika Puspitasari

      Iya..itu grubi, lucu ya namanya. grubi emang enak banget, aku juga kalo beli pasti banyak sekalian. hehe

      Reply

  2. May 27, 2017 @ 10:45 pm Mahendra

    Bicara wajik Magelang bukan hanya punya wajik Week lho, tapi ada juga wajik Salaman Ny. In yang juga berlokasi di Jalan Magelang-Purworejo tidak jauh dari toko wajik Week, Salaman. Wajiknya bukan hanya wajik coklat tapi wajik pandan alias wajik ijonya itu mantap, tidak semanis wajik coklat jadI nggak bikin eneg & sangat pas buat lidah orang Jakarta, ditambah aroma wangi pandannya menjadikannya makin maknyuss, hehehe…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool