10 Resto Nuansa Mancanegara di Semarang

10 Resto Nuansa Mancanegara di Semarang
4.4 (88%) 5 votes

 Sobat Ezytravellers,

Suatu ketika seorang wisatawan Yogya yang berkunjung ke Belanda kangen untuk menikmati gudeg, makanan khas Yogya. Ketika ditemukannya restoran Indonesia maka ia pun memesan gudeg dan ternyata terasa lebih lezat daripada yang di tanah air. Ketika ditanya resepnya, sang koki menjawab bahwa yang menyebabkan gudegnya lezat karena bahan baku (nangka muda) untuk membuat gudegnya adalah impor. Darimana? …… “Yogya!” kata sang koki mantap..  #joketraveller 😀

Sebagai kota metropolitan tentu Kota Semarang juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun penggemar kuliner yang menyukai atau ingin mencoba makanan khas negara-negara tertentu. Tentu saja yang paling popular ada Chinese Food, disusul kemudian restoran Jepang dan restoran Korea. Dalam artikel ini hanya dipilih beberapa resto di Kota Semarang yang bernuansa mancanegara. Pilihan resto dalam artikel ini hanya sekedar menunjukkan keberagaman, bukan penilaian atas restonya.

netherlands_640Restoran Oen

Restoran legendaris ini memang bangunannya peninggalan jaman Belanda, interiornya masih dipertahankan kejadulannya, suasananya juga dibuat seperti masa Mener dan Mevrouw Belanda bercengkerama. Selain menyediakan makanan Indonesia dan Barat, beberapa menu dan cemilan juga menggunakan bahasa Belanda, seperti kue amandel (semacam bakpia kering berisi kacang dan gula), kaastengel (kue keju kering) ,kattetonge (roti putih telur), kue lidah kucing, serta beragam kue-kue kering yang ditempatkan dalam toples-toples besar. Lebih lengkap rekan kontributor Soviana Maulida telah menuliskan ceritanya tentang Toko Oen yang terletak di Jalan Pemuda 52 Semarang tersebut di sini.

korea_south_640“Cung Gi Wa” Korean BBQ

chung gi wa

Chung Gi Wa Korean BBQ Semarang, beralamat di Jl. Sultan Agung No 69 Semarang, telepon: (024) 8315028. Meskipun relatif baru, restoran ini tak pernah sepi pengunjung sejak jam buka hingga tutup (deket rumah, sih… jadi setiap saat kelewatan). Tampak luar restoran maupun interior dibuat agar nampak bernuansa Korea yang menonjolkan unsur kayu, bahkan banyak ekspose kayu gelondongan di interiornya. Menu yang tersedia sangat bervariasi namun fokus pada beef and pork grilled, meskipun tentu saja tersedia menu dengan kuah dan sayur dan dessert (hidangan penutupnya).

mexico_640Mr. Tacoz

Bagi penggemar rasa pedas (spicy), di Jalan Sirojuddin Tembalang ada gerai kuliner Mexico pertama di Indonesia (klaimnya begitu, sih…). Kedai bernama Mr. Tacoz ini bukan menyediakan fast food tapi “fresh food” karena masakannya diolah di depan konsumen. Bahannya tidak menggunakan daging awetan dan 80% jenis produk dimasak tanpa minyak (oil free). Ada 4 level rasa pedas, tapi kalau pertama mencoba sebaiknya pilih yang level 1 atau 2 dulu. Pilihan menunya ada taco, nacho, serta aneka burrito. Untuk minuman, ada black taro, kopi, dan mojito. Kedai Mr. Tacoz buka pukul 12.00-22.00 (Senin-Jumat) dan 15.00-22.00 untuk Sabtu-Minggu.

tacoz-horz

Foto-foto dari twitter @MrTacoz_SMG

korea_south_640

Dok Do Korean Restaurant

dok do

Restoran Korea yang terletak di  Jl Sisingamangaraja No 24 (Tel 024 831 1447) Semarang ini semula bernama Dae Jang Geum, tapi belakangan berganti nama menjadi Dok Do Korean Restaurant (Dok Do nama sebuah pulau unik di Korea). Dokdo Resto menyediakan aneka menu makanan Korea seperti cha jang myun (mi Korea dengan saus kedelai hitam), bulgogi, kimbab, sae gal bi, cap chae, tempura. Juga tersedia bimbimbab, nasi campur Korea yang berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, tauge, jamur, dan potongan daging sapi serta telur disajikan dengan gochujang  sambal khas Korea. Pilihan minuman yang patut dicoba, salah satunya adalah patbingsu yaitu semacam es campur kacang merah yang disajikan dengan potongan agar, kolang-kaling, serta eskrim vanila.

resto-icon

De Sushi – Japanese Lover Rendezvouz

de_sushi

Foto-foto dari akun twitter @De_Sushi

Restoran Jepang “De Sushi” berlokasi di Jl. Kawi No. 3 Tel. 024-8504323, Candisari, Semarang (seberang RS Elisabeth). Selain pilihan menunya yang lengkap dari hidangan pembuka hingga penutup, penyajian hidangannya pun menarik. Kisaran harga makanan dan minuman mulai dari Rp 15rb hingga Rp 55rb. Pada waktu-waktu tertentu De Sushi memberikan harga promo seperti saat ramadhan, natal, tahun baru, atau candle light dinner saat valentine’s day.

thailand_640

Horapa Seafood & Thai Kitchen

horapa

Horapa Resto berada di Paragon City Mall Lt.2-18, Jalan Pemuda No. 118 Semarang, telpon (024) 86579055. Eksterior maupun interiornya terkesan mewah karena (nampaknya) ditujukan untuk menyasar pengunjung kelas menengah-atas dan para tamu di Crowne Plaza Hotel yang juga terletak di Paragon. Hidangan yang favorit adalah Tom Yam, meskipun resto ini menyediakan menu lengkap dan dari berbagai olahan ayam, sapi, maupun seafood dan porsinya cukup besar untuk berdua. Komentar beberapa pengunjung, “suasananya cozy dan nyaman untuk berkencan…”

thailand_640

Phuket, Warung Makan Khas Thailand

phuket

Kalau Horapa merupakan restoran Thai yang cukup eksklusif baik lokasi maupun interiornya, Phuket menyebut dirinya “Warung Makan Khas Thailand”, Warung ini terletak di Jl Dr Wahidin No 81 Tel. 024 8319684 Semarang. Beberapa foto dan aksesori khas Thailand menghiasi dinding-dindingnya yang bernuansa kayu. Banyak pilihan menu di resto ini, namun yang populer antara lain Tom Yam, Salad Thailand, nasi dan mie khas Thai, dan aneka olahan sapi, ayam, atau seafood, tentunya dengan resep khas Thai yang kaya rempah dan (biasanya) pedas. Menunya disajikan dalam tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Thai (Phasa Thai). Ruangan resto cukup lega meskipun hanya 1 lantai dan terbuka (tanpa AC), halaman parkir juga cukup luas.

malaysia_640

X.O Kopitiam

Interior_XO_Kopitiam_Semarang

X.O Kopitiam menyajikan masakan oriental-melayu yang menjadi ciri Kopitiam ala Malaysia (berbeda dengan Kopitiam ala Singapore yang menyediakan breadtoast.  Menu yang disajikan X.O Kopitiam selain snack dan appetizer, berbagai main course khas ala Malaysia, khususnya daerah Penang (seperti Mee Goreng Mamak dan Penang Curry Laksa), dan desert (c0ba Ice Soya Cincau). Dan tak lupa yang khas kopitiam, teh dan kopi tarik (panas atau dengan es) sebagai pilihan minuman selain aneka pilihan minuman lainnya. X.O Kopitiam berlokasi di Jalan Imam Bonjol 150 Semarang Telp. 024-3547757 buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

japan_640

Shabu AUCE (All You Can Eat)

auce

Shabu-shabu yang merupakan masakan Jepang dengan tampilan irisan  daging sapi tipis dan sayuran disajikan dengan mencelup saus sehingga  rasa yang  gurih. Pilihan hidangan di Shabu Auce lengkap dari hidangan pembuka (aneka sup), hidangan utama, hingga hidangan penutup. Shabu Auce menggunakan konsep swalayan (self service) dan all you can eat, berlaku untuk makanan juga untuk aneka pilihan minuman. Shabu Auce Semarang terletak di Jl. Gajahmada No. 102-104 Semarang, buka dari pukul 11.00 – 22.00. Selanjutnya, bersama rekan Johanis anda bisa menikmati aneka Shabu sepuasnya di sini.

yemen_640

Nasi Kebuli Djawas

jawas2-horz

Rumah makan Djawas ini sudah berdiri tahun 1940 dan dikelola turun temurun. Saat ini pengelolanya adalah Fawzi Djawas (keturunan Yaman) yang saat ini sudah berusia 62 tahun. Rumah makan ini menyediakan aneka makanan khas Arab seperti nasi kebuli, juga tersedia nasi bukhari ayam, nasi biryani, kambing guling, iga bakar, roti cane, dan berbagai masakan Arab lainnya yang biasanya dominan rasa daging kambing dan pedas. Meskipun demikian, kalau pengunjung menghendaki bisa memesan menu-menu dengan daging ayam. Rumah makan Djawas terletak di Jalan Gatot Subroto No.102 Ungaran, buka sejak pagi hingga pukul 19.30. Rekan Dewi Rieka menceritakan pengalamannya mengunjungi rumah makan legendaris tersebut di sini.

Manakala mampir ke Semarang, mari kita coba masing-masing resto ini.

Salam traveller!

(Visited 6,987 times, 2 visits today)



'10 Resto Nuansa Mancanegara di Semarang' have 1 comment

  1. November 16, 2016 @ 2:04 pm Nana

    masih ada yang baru tu pak rumah makan india di deket jalan pandananran

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool