Kota Semarang

10 Spot Keren Menikmati Keindahan Semarang

Sobat Ezytravelers,

Topografi Kota Semarang yang bervariasi dari pantai, dataran rendah hingga perbukitan memberikan potensi pemandangan bentang alam yang mempesona baik di kala siang maupun malam hari. Terlebih dengan munculnya banyak gedung bertingkat tinggi yang membuat skyline Kota Semarang lebih kaya.  Perbedaan topografi itu memunculkan istilah Semarang Atas dan Semarang Bawah.

Ada banyak lokasi untuk menikmati keindahan panorama Semarang, dan biasanya yang menjadi favorit (karena banyak diposting di media sosial) adalah pemandangan Semarang Bawah. Dalam artikel ini hanya diringkas 10 spot keren yang bisa dimanfaatkan traveler untuk memotret atau pun sekadar menikmati panorama Semarang.

3 copy

Sky Pool Hotel Star

Star Hotel - foto Damarsinyo Skyscrapper

Hotel yang terletak di Jalan MT Haryono 972 Semarang ini masih merupakan bangunan hotel tertinggi di Kota Semarang. Total ketinggian hotel adalah 103 meter, dan terdapat area kolam renang “Sky Pool” di lantai 30 pada ketinggian sekitar 97 meter. Dari area Sky Pool ini terbentang pemandangan cantik kota Semarang ke semua arah. Selengkapnya

3 copy

Menara Masjid Agung Jawa Tengah

Menara MAJT - sumber foto HelloSemarang.com

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki menara dengan ketinggian 99 meter, dan dinamakan Menara Asma’ul Husna. Di lantai tertinggi menara, pengunjung bisa melihat atau mengabadikan pemandangan kota Semarang. Ke arah selatan jangkauan pandang mencapai Gunung Ungaran sedangkan ke arah utara kita bisa melihat kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. Dengan bantuan teropong  yang disediakan kita bisa menyaksikan aktivitas kapal-kapal di pelabuhan. Sesi pertama menara dibuka mulai dari jam 7 pagi sampai dengan 11 siang, kemudian sesi kedua menara akan dibuka mulai pukul 1 siang sampai dengan 5 sore, dan sesi terakhir menara dibuka mulai pukul setengah 7 malam sampai dengan jam 9 malam. Lebih lengkapnya

3 copy

Taman Tabanas

tabanas

Gardu Pandang Gombel terletak di tanjakan Gombel Jalan Setiabudi Semarang. Masyarakat lebih mengenal dengan nama Taman Tabanas karena ada monumen gerakan menabung nasional kala itu dengan nama Tabanas (tahun 1980-an). Spot ini sangat diminati oleh warga Semarang maupun para traveler untuk memotret skyline Kota Semarang atau sekadar bersantai menikmati panorama. Biasanya pada malam tahun baru diselenggarakan pesta kembangapi di kawasan ini yang tentu saja sangat asyik dinikmati dari kawasan di sekitarnya. Rekan Johanis sudah menuliskan mengenai asyiknya nongkrong di Taman Tabanas tersebut di sini.

3 copy

Hotel Gumaya

foto @hyudee - HelloSemarang.com

Salah satu spot keren di pusat kota untuk menikmati panorama Kota Semarang adalah Skyline Restaurant di Lantai 17 Hotel Gumaya, Jalan Gajahmada Semarang. Hotel ini semula akan dibangun lebih dari 17 lantai, tapi karena terkena aturan KKOP (Kawasan Keamanan Operasi Penerbangan)  maka hanya dimaksimalkan sampai lantai ke-17. Menurut rekan kontributor @hyudee, sehabis hujan atau keadaan langit yang sangat cerah, dari spot ini kita bisa melihat jajaran 6 sampai 7 gunung di arah selatan Skyline ini, ke arah utara kita bisa melihat dengan jelas laut dan pelabuhan atau sunset di sore hari di sisi barat.

3 copy

Menara Suara Merdeka

menara sm

Gedung Menara Suara Merdeka terletak di Jalan Pandanaran Semarang dengan ketinggian 65 meter yang terdiri atas 15 lantai yang digunakan untuk perkantoran dan perbankan. Penulis sempat mengambil beberapa foto saat topping off gedung ini (21 April 2012), di antaranya yang ditampilkan sebagai featured image pada artikel ini. Lokasinya yang sangat strategis di kawasan pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran dan eksteriornya yang glassy sangat menyolok di kawasan ini.

3 copy

Linds Cafe

linds

Linds Cafe berada di lokasi strategis perbukitan Jalan Papandayan. Sebelum dibangun sebagai cafe, kawasan itu disebut tikungan cinta karena banyak pemuda-pemudi nongkrong di sana sembari menikmati keindahan pemandangan. Dengan pesatnya pembangunan di Semarang Atas termasuk di kawasan Jalan Papandayan, view cantik yang semula bisa dinikmati dari banyak spot saat ini sudah banyak berkurang. Sebagai gantinya, dari ketinggian lantai 2 dan lantai 3 Linds Cafe kita bisa menyaksikan keindahan panorama Semarang bawah sambil menikmati steak dan ice cream yang menjadi andalan Linds Cafe.

3 copy

Pura Agung Girinatha

foto: Bozhart (kaskus/skyscrapper)

Puri Agung Girinatha terletak di Jalan Sumbing Semarang. Pemilihan lokasi pendirian pura ini sungguh keren, karena berada di salah satu puncak perbukitan kawasan Gajahmungkur sehingga pemandangan dari pura ini ke segenap penjuru sangat menarik. Rekan kontributor Indra Dhani telah menuliskan tentang pura yang cantik tersebut di sini.

3 copy

Menara Masjid Baiturrahman

baiturrahman

Menara Masjid Baiturrahman di Kawasan Simpanglima Semarang memiliki ketinggian 45 meter. Sebelum dibangun Menara MAJT yang jauh lebih jangkung (99 meter), menara ini antara lain digunakan sebagai sarana untuk menentukan awal dan akhir Ramadhan. Lantai 1 dan 2 dimanfaatkan sebagai kantor sekretariat pengurus masjid, sedangkan puncak menara boleh dikunjungi masyarakat secara terbatas. Lokasi ini tentu saja merupakan spot yang sangat bagus untuk menikmati panorama Semarang sejauh jangkauan pandang.

3 copy

Tol Semarang-Solo

Ruas jalan tol Semarang-Solo seksi I di Kecamatan Banyumanik, Semarang terlihat dari udara (9/2-2012). Jalan Tol yang menghubungkan kota Semarang dengan kota Surakarta di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki panjang 75,7 km. Dibangun mulai tahun 2009 oleh Jasa Marga dan dijadwalkan akan selesai tahun 2014.

Ruas jalan tol Semarang-Solo seksi I di Kecamatan Banyumanik, Semarang terlihat dari udara (9/2-2012). Jalan Tol yang menghubungkan kota Semarang dengan kota Surakarta di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki panjang 75,7 km. Dibangun mulai tahun 2009 oleh Jasa Marga dan dijadwalkan akan selesai tahun 2014.

Lho? Kok jalan tol? Benar… seperti halnya di ruas tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta-Bandung, di jalan tol Semarang-Ungaran dan Ungaran-Bawen ada beberapa spot yang menarik dengan panorama yang indah. Tentu saja kita tidak bisa berhenti apalagi berfoto-foto di jalan tol (kecuali saat opening duluuu..).

3 copy

Umbul Sidomukti

landscape

Sedikit ke arah selatan Kota Semarang yakni di daerah Bandungan terdapat kawasan wisata Umbul Sidomukti yang memiliki ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Berwisata di kawasan ini seperti menikmati negeri di atas awan. Bergeser sedikit dair lokasi wisata Umbul Sidomukti terdapat Pondok Kopi yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati kopi panas tentunya. Pada saat cuaca cerah kita dapat memandang kota Ungaran dan Semarang dengan panorama yang sangat indah.

Tentu saja selain 10 spot yang disebutkan masih banyak lokasi lain yang tak kalah menarik untuk menikmati panorama Kota Semarang.

10 Spot Keren Menikmati Keindahan Semarang
4 (80%) 2 votes
(Visited 10,881 times, 1 visits today)



'10 Spot Keren Menikmati Keindahan Semarang' have 5 comments

  1. June 9, 2015 @ 8:42 am Slamet riyadi

    Wah hampir semuanya sudah dijamah.
    yg di tower suara merdeka dan hotel Star itu apa harus ada ijin khusus gak pak?
    Sekali kali boleh lah mampir sana

    Reply

  2. June 9, 2015 @ 1:46 pm Dwi Pramono

    @Slams, aku malah belum pernah naik ke menara-menara masjid. Untuk ke puncak Hotel Star (lantai 30) lift terbuka untuk umum. Mau berenang, mau coba wine, atau sekadar motret boleh. Kalau ke rooftop Menara Suara Merdeka minta ijin ke building management aja sebagai jurnalis.

    Reply

  3. June 9, 2015 @ 11:05 pm Uniek Kaswarganti

    Belum pernah nyoba yg di Gumaya itu Pak DP, ajakin dakyu dooonkk kesitu 😉

    Reply

    • June 12, 2015 @ 9:38 am Dwi Pramono

      Kebetulan kalau ke Skyline Hotel Gumaya udah beberapa kali mbak Uniek, tapi atas undangan 😀 Kapan-kapan kalau ada event lagi saya kabari, ya… *nggak janji, ye.. 😀

      Reply

  4. June 26, 2016 @ 6:25 am Gevis

    Maaf pak pram, kalo semisal kita minta ijin untuk naik rooftop ke building management sebagai “jurnalis”, apa nantinya akan dipertanyakan lagi pak? Atau langsung diijinin?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool