10 Spot Menarik ketika Mendaki Gunung Ungaran

10 Spot Menarik ketika Mendaki Gunung Ungaran
3.86 (77.14%) 7 votes

“Semakin jauh berjalan semakin banyak ceritamu ~  Slamet Riyadi”  Mungkin inilah “kalimat” yang banyak diamini oleh pendaki dan pejalan kaki. Karena dengan berjalan kaki, maka akan lebih banyak waktu untuk berbincang, bertukar kisah dan waktu yang lebih lama untuk saling bergandengan tangan #eaaa.

Jalur Pendakian Gunung Ungaran Kabupaten Semarang kini semakin nyaman didaki, bahkan untuk pemula sekalipun. Dari pasar Jimbaran hingga ke Pos Mawar kini sudah diplester halus dan bisa dilalui kendaraan. Tak perlu capek-capek berjalan dari jalan raya seperti waktu dulu. Namun tak jarang juga ada pendaki yang lebih suka jalan kaki, supaya lebih greget, tambah keringat dan makin banyak cerita yang bisa ditulis dan diceritakan kembali ke anak cucu kelak.

Dengan berjalan kaki, kamu akan mempunyai banyak waktu untuk mengeksplor Jalur Pendakian Gunung Ungaran lebih dalam. Makin banyak pula spot menarik pulang yang bakal kamu temui ketika berjalan kaki. Nah, berikut 10 spot menarik yang saya temui ketika mendaki Gunung Ungaran selangkah demi selangkah dari Jimbaran, Mawar hingga ke puncak.

1. Pasar Jimbaran

Pasar_jimbaran@anandaranz

Jika kamu ingin mendaki gunung ungaran dengan jalur mawar, maka pasar Jimbaran adalah tempat pemberhentian angkot paling ujung. Pasar ini cukup unik, seakan tak pernah sepi barang satu menit pun. Para penjual sayur sudah mulai dasaran menjajakan dagangannya sedari jam 2 pagi. Namun untuk penjual makanan matang atau toko roti, mie instan, minuman botol mulai buka jam sekitar jam 5 an. Bila belum membawa logistik, perbekalan, kamu bisa membelinya di sini, dijamin harganya lebih murah daripada beli makanan di tempat yang lebih tinggi dari pasar jimbaran.

2. Umbul Sidomukti

Para pendaki yang jalan kaki biasanya tidak melewati jalur ini karena jaraknya bakal berlipat ganda. Namun bila kau type pendaki yang santai dan punya segudang waktu, kamu bisa mampir melewati umbul sidomukti sembari menikmati pemandangan dan suasana sekitar.

3. Pondok Kopi

Pondok kopi ini letaknya persis di bawah camp mawar. Bisa kamu jadikan tempat istirahat sambil menikmati sajian dan jajanan ala Cafe pegunungan. Duduk duduk manis di kursi dan meja panjang sembari menikmati hangatnya cahaya. Bila ingin lebih syahdu, kamu bisa mapir ketika pagi, sore dan malam hari untuk mendapatkan suasana yang adem, sejuk dan bisa juga romantis.

4. Camp / Pos Mawar

IMG_4674

Selain sebagai tempat pendaftaran pendakian dan membayar biaya retribusi, kamu bisa melepas lelah dan beristirahat di sini bila tidak membawa tenda. Camp mawar bisa dijadikan untuk tempat berteduh dari hujan, kabut dan dinginnya angin malam gunung ungaran. Ada Mushola, tempat mandi, toilet, listrik dan pesediaan air melimpah. Kalau ingin jajan yang anget-anget, di atas camp ada deretan warung yang menjual makanan dan minuman, tentunya dengan harga yang sudah disesuaikan. Bila ingin kemah, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground dekat dengan pepohonan pinus.

5. Hutan Primer dan Pepohonan

hutan gunung ungaran

Spot menarik ketika naik gunung adalah apa saja yang kita temui selama perjalanan.  Kita bakal banyak menemui pohon pohon yang langka di perkotaan. Pohon pohon yang rindang menjejukkan hati dan menyegarkan paru paru. Bahkan ada juga pohon yang buahnya mirip rambutan namun rambutnya lebih mirip seperti duri landak, kaku dan tajam. SANTAI!  tidak usah berebut untuk mencari pepohonan, banyak pepohonan yang menarik untuk diperhatikan.

6. Kolam Renang dan Sumber Air Terakhir.

kolam renang gunun ungaran

Ada yang menyebutnya kolam ikan, ada juga yang menyebutnya kolam renang. Yang jelas, di sini adalah tempat terakhir kamu bisa mengisi persediaan air minum. Kamu bisa memenuhi botol dan tremos untuk persediaan air selama mendaki. para pendaki biasanya memanfaatkan spot ini untuk beristirahat dan bebersih diri. saya sendiri lebih memilih untuk berenang untuk menghilangkan panas walau airnya tidak begitu jernih. tapi ketika kamu mau berenang, saya sarankan ketika turun gunung supaya lebih syahdu, segar dan puas.

7. Candi Promasan

candi promasan

Promasan adalah desa yang berada di tengah kebun teh medini, komplek tempat tinggal para pemetik teh. Namun para pendaki juga biasa mampir ke sini untuk bermalam dan mencari makanan sebelum naik untuk berburu sunrise. Penduduk di promasan sudah terbiasa dengan kehadiran para pendaki.

8. Kebun Teh Medini

kebun teh  medini

Kebun teh seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di sini. Dengan luas sekitar 380an hektare ini menyuguhkan pemandangan hijau nan menyejukan hati. Tidak sedikit pendaki yang mendirikan tenda di sekitar kebun. Di sini kita juga bisa belajar proses pemetikan daun teh mutu tinggi, hingga menjadi teh yang siap seduh. Kebun teh ini juga salah satu spot paling menarik ketika mendaki gunung ungaran. Background berfoto yang hijau pasti menyegarkan visual kamu. Seperti pada spot di atas.

9. Goa Jepang

goa jepang

Goa Jepang adalah bekas tempat bersembunyi pasukan Jepang ketika masa romusha dahulu. Goa dengan belasan bilik bilik ini minyisakan berbagai misteri dan pasti membuat penasaran bagi para jiwa jiwa yang pemberani. Tidak sedikit orang yang masuk ke sini dan menelusurinya dengan bulu kuduk yang berdiri. penasaran kan? ayo buktikan sendiri uji nyali

10. Puncak Gunung Ungaran

puncak gunung ungaran

Spot yang paling dicari dalam sebuah pendakian pastilah puncak gunung.  Puncak dengan ketinggian 2050mdpl ini mempunyai 3 pucuk tugu dan sebuah tiang bendera. Spot ini paling padat dan ramai ketika berbagai jenis manusia menunggu sang surya terbit di timur. Namun bukan itu saja, coba pandang dan perhatikan pemandangan sekelilingnya. banyak sekali spot yang bagus untuk jadikan background foto.

Nah, tadi hanyalah 10 spot, sebagian kecil dari spot spot menarik lainnya yang bisa kamu temui ketika mendaki Gunung Ungaran dengan berjalan kaki selangkah demi selangkah. Ciptakan spot menarikmu sendiri. Supaya tetap menarik, Jagalah selalu alam dan ekosistemnya supaya tetap asri. Jauhkan dari tangan tangan jahil supaya tetap lestari.

(Visited 33,364 times, 21 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'10 Spot Menarik ketika Mendaki Gunung Ungaran' have 22 comments

  1. July 31, 2015 @ 12:08 am Uniek Kaswarganti

    Sukak banget pas lewat Medini, mas… howone pengin ngecom teh 😀

    Reply

    • July 31, 2015 @ 4:52 pm Slamet Riyadi

      haha ngecom tem.
      iya kalau di medini boleh minta teh kok, minta sama mandornya langsung. asalkan gak 1 karung minta tehnya

      Reply

    • October 13, 2015 @ 1:18 pm Tuti.ekantari@gmail.com

      Suatu saat nanti pengin ke gunung Ungaran…

      Reply

  2. November 25, 2015 @ 6:30 pm zuliana

    Klaw mau mncak k ungaran lwat cndi gedong songo bsa titip speda motor k rmah sya (numpang promosi hahaha). Klaw sya lbih suka lwat candi gdong sngo baru plangnya lewat jimbaran.

    Reply

    • January 3, 2016 @ 1:18 am Munif

      Rumahnya kira2 di area gedung songo sebelum masuk or mana sob ,,,? Salam lestari

      Reply

  3. January 29, 2016 @ 2:47 am galih enggar

    Semisal mau camp di gunung ungaran paling stategis dimana ya? Untuk jalurnya paling dekal lewat mana.. untuk pemula… teimakasih

    Reply

    • February 17, 2016 @ 9:51 am Slamsr

      untuk pemula, menimbang jalur transportasi, jalur dan fasilitas, paling mudah adalah jalur jimbaran (camp mawar)

      Reply

  4. February 17, 2016 @ 8:38 pm chivp

    mau tanya kang ? klo dari terboyo terminal /mangkang terminal naik apa ya kang kalo menuju TKP

    Reply

    • March 3, 2016 @ 9:24 pm Mela

      Kalo dari terminal mangkang ambil arah ke jrakah lalu lurus terus menuju ke daerah boja dan limbangan

      Reply

  5. March 26, 2016 @ 10:52 am puji w

    Perjalanan dari camp mawar sampai puncak, kira2 berapa jam untuk pemula

    Reply

    • April 6, 2016 @ 9:36 am Slamsr

      sekitar 2-3 jam untuk pemula

      Reply

  6. April 23, 2016 @ 10:59 pm Hana Singapore

    Hi
    Saya Hana dari Singapura. Saya akan ke Semarang tgl 6 Mei ini. Saya ingin sekali mendaki Gn Ungaran. Bisakah kamu recommend saya guide atau teman-teman yg mau ke sana ? Plan nya saya mau mendaki dan tidur di puncak supaya dapat melihat sunrise tgl 7 Mei.

    Hana

    Reply

    • April 27, 2016 @ 5:41 pm sasa semarang

      saya jg mau ksna sktr tgl itu

      Reply

      • May 27, 2016 @ 3:34 pm Slamet Riyadi

        wah klop nih… kalau untuk guide, bisa kontak penjaga di camp mawar. atau bisa bareng mba Sasa tadi.

        Reply

  7. May 28, 2016 @ 6:48 am crismonie

    dari pasar jimbaran, terus arahnya kemana mas

    Reply

    • November 4, 2016 @ 8:04 am Slamet Riyadi

      dari pasar jimbaran, tepat di pos ojek, di sebelah kanan akan ada gapura bertuliskan “sidomukti”masuk aja kesitu
      naik terus, sudah ada papan petunjuknya
      s

      Reply

  8. November 7, 2016 @ 5:20 am Alfath

    Musim hujan sperti in bnyak pendaki ngak??

    Reply

    • November 9, 2016 @ 8:05 am Slamet Riyadi

      masih, tiap sabtu dan minggu tetap ramai
      bahkan ada yang rela hujan hujanan
      *nunjuk hidung sendiri*

      Reply

  9. November 25, 2016 @ 8:31 am http://www./

    You have a very handsome young man, Petunia, congrats! Yes… I already know how this works, it’s a question after the other… LOL Great post, really cute!Kisses, Nydia.

    Reply

  10. February 8, 2017 @ 11:00 pm kredit zusage online ohne kostenlos

    Loved reading the review. Love David’s renditions of these songs. Was thinking of buying it but would be great to have an autographed copy. One of our local PBS stations has been airing his PBS show David Garrett Rock Symphonies almost every other day for the last few weeks, so I catch it whenever I have a moment.

    Reply

  11. February 11, 2017 @ 10:37 pm kündigung darlehen aus wichtigem grund

    buddha war dort am und meint: Hplose.de ist das größte Werbenetzwerk, welches ich kenne und wo ich angemeldet bin. Hab dort selber auch schon Werbung im Millionenbereich gebucht und auch einiges verdient. Alles in Allem sehr empfehlenswert. Vorallem Traffic Kampagnen werden schnell abgebaut… 😀

    Reply

  12. February 14, 2017 @ 2:07 am die günstigsten autoversicherungen günstig

    fatma öztürk diyor ki:izmir bornova pınarbaşında oturuyorum sekreter işi yaptım daha önce avukat ve doktor yanında asistan sekreterlik yaptım yaşım 23 iş arıyorum yardımcı olursanız sevinirim

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool