Taman di Semarang

10 Taman Kota Terfavorit di Semarang

“sayang… yuk piknik ke taman yuk?” hmmm… dari 230 Taman Kota yang berada di Semarang, entah kenapa saya langsung kepikiran Taman KB atau atau Taman Pandanaran ya? Mungkin karena saya sudah terlalu sering main kesana. Sebenarnya ada banyak sekali taman-taman kota dengan fasilitas umum yang tak kalah bagus, hijau dan rindang yang bisa dimanfatkan halayak umum untuk sekedar bersantai atau mengisi waktu liburan di Semarang.

Nah… penasaran kan seperti apa taman taman kota yang ada di kota semarang ini yang bisa dimanfaatkan untuk piknik? tentunya saya carikan yang GRATIS! tak perlu bayar biaya masuk, paling cuma parkir doang supaya tunggangan kita aman. yuk gelar tikar…

1.Taman Diponegoro

Taman Diponegoro

Taman Diponegoro (sumber wisatadisemarang)

Namanya Taman Diponegoro. Lokasinya strategis, yaitu pertemuan antara Jalan Sultan Agung, Jalan S. Parman, Jalan Kawi, Jalan Telomoyo, dan Jalan Argopuro. Letak taman dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan. Kurang lebih Anda harus mendaki dua meter untuk bisa duduk-duduk di taman ini. Taman berbentuk persegi panjang dengan luas 50×15 meter ini masih asli, sama seperti pertama kali ia dibangun Thomas Karsten. Rumputnya subur, tertata rapi. Di bagian barat ada pohon Kesambi yang besar dan di selatan ada pelataran berbentuk setengah lingkaran yang bisa digunakan untuk duduk santai. Sayangnya tidak ada lahan parkir,  tetapi kamu bisa parkirkan kendaraan di pertokoan seberang taman.

2.Taman Gajah Mungkur

Taman Gajah Mungkur

Taman Gajah Mungkur

Taman Gajah Mungkur ini berada di tepi jalan S Parman. Menurut saya, bentuknya hampir mirip dengan Taman Diponegoro. Banyak warung dan gerobak yang jualan makanan di sini, salah satu favorit saya adalah jajan es campur lalu dinikmati di tengah taman. Dulu saya pernah rame rame piknik di sini, gelar tikar kemudian makan bersama. Di sebelah utara taman Gajah Mungkur ini terdapat Kantor Kecamatan Gajah Mungkur, di sebelah selatan terdapat Makam Belanda yang biasa disebut Ereveld Candi.

3.Taman Sampangan

Taman Sampangan

Taman Sampangan,Ketika Piknik di Taman Masih ngehits

Diresmikan pada tahun 2013, Taman Sampangan merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau yang masih belia di Semarang. Taman Sampangan ini berada di daerah Sampangan yang dulunya adalah pasar tradisional. Banyak fasilitas yang disedikakan, seperti bangku taman, Wi-Fi , dan arena bermain yang sudah pasti digemari anak-anak. Karena terhitaung masih baru, jadi pepohonannya belum begitu rindang. Taman ini cukup ramai dikunjungi ketika pagi dan sore hari.

4. Taman Pandanaran

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819

Sesuai dengan namanya. Salah satu taman yang berada di pusat kota ini adalah Taman Pandanaran Semarang. Taman ini baru diresmikan pada awal tahun 2015. Di Taman ini terdapat patung Warak Ngendhog yang merupakan ikon dari kota Semarang. Patung Warak Ngendhog ini adalah gambaran hewan imajiner sebagai pemersatu 3 etnis yang ada di Kota Semarang ini. Yakni perpaduan antara Budaya Tionghoa, Arab, dan Jawa. Sangat mudah untuk menuju akses kawasan Taman Pandanaran Semarang ini. Jika Anda berasal dari kawasan simpang lima langsung saja menuju jalan Pandanaran. Ketemu lampu merah pertama, di sebelah kiri jalan Taman Pandanaran berada. Bisa juga diakses melalui Jalan Pemuda, dengan melalui akses tercepat adalah Jalan MH Thamrin. Di penghujung Jalan Thamrin adalah Jalan Pandanaran.

5.Taman Budaya Raden Saleh

Pintu Gerbang TBRS

#TBRS Pintu Gerbang Taman Budaya Raden Saleh (sumber : seputarsemarang

Taman Budaya Raden Saleh atau lebih dikenal dengan nama TBRS ini  merupakan salah satu aset potensial yang dimiliki Kota Semarang. Terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan ± 89.926 m2 . Selain terletak pada posisi strategis, taman ini memiliki pepohonan tua nan rindang dan Gedung atau aula yang kadang dipakai untuk pertunjukan.

Tempat ini semula merupakan Taman Hiburan Rakyat sebagai Kebun Binatang, setelah dipindahkan, taman ini beralih menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Taman Budaya Raden Saleh. Pada hari-hari tertentu (seringnya malam Jumat Kliwon atau malam Minggu) dipentaskan wayang, selain itu untuk pementasan teater yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, seni drama dan pembacaan puisi. Buka setiap hari jam 06.00-21.00.

6.Taman Garuda
Taman Garuda adalah sebuah taman kecil yang terletak di Jl. Garuda Semarang (Kawasan Kota Lama), atau di belakang Gereja Immanuele (Blenduk). Taman Garuda mulai ramai setelah adanya Taman Garuda Art Space  yang diprakarsai oleh komunitas ORArT ORET. Tujuannya adalah supaya Taman Garuda bisa menjadi ruang seni terbuka (outdoor art space) alternatif yang diharapkan bisa menambah daya tarik kawasan Kota Lama sebagai tujuan wisata, sehingga tidak hanya bangunan-bangunan tuanya yang artistik saja yang menjadi daya tariknya.

7.Taman Tugu Muda

Taman Tugu Muda

Taman Tugu Muda, diambil dari atas Bus Semarjawi

Taman Tugu Muda ini sepertinya sudah cukup dikenal oleh beberapa wisatawan. Karena lokasinya yang bersebelahan dengan wisata Lawang Sewu dan museum Mandala Bhakti tentunya beberapa wisatawan sering mampir ke taman ini. Apalagi Taman Tugu Muda ini merupakan tempat untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur pada Pertempuran Lima Hari di Semarang. Taman Tugu Muda ini seringkali dijadikan sebagai tempat muda mudi untuk berfoto ria di malam hari. Karena pada saat malam hari taman ini memiliki sejumlah lampu yang berwarna warni, sehingga menjadikan Taman Tugu Muda ini nampak terlihat indahnya. Ssssstt… saya prewed di sini lho… ups.

8.Taman Srigunting

Taman Srigunting

Taman Srigunting Kota Lama Semarang

Merupakan salah satu landmark di Kawasan Kota Lama Semarang, Terletak di Jalan Letjen Suprapto 32 Kawasan Kota Lama (sebelah kiri Gereja Blenduk). Taman Srigunting pada masa kolonial belanda berwujud parade plein untuk panggung parade, kini menjadi sebuah ruang terbuka berupa taman yang menjadi salah satu tempat untuk berkumpul atau berkegiatan komunitas. Sekarang, taman ini juga digunakan sebagai tempat mangkal Bus Semarjawi lho.

9. Taman Menteri Supeno (Taman KB)

Taman Menteri Supeno pas Sepi

Taman Menteri Supeno pas Sepi

Taman Menteri Supeno ini terletak di Jl. Menteri Supeno. Taman ini lebih dikenal dengan sebutan Taman KB. Di Taman ini terdapat banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang agak tinggi sehingga bisa dijadikan tempat singgah dan berteduh dari panasnya siang hari. Terdapat pula kolam yang berada di tengah-tengah taman. Juga hampir setiap malam di Taman Menteri Supeno ini sering kali dijadikan sebagai tempat diadakannya event di Semarang. Di sekeliling Taman ini berjajar pula kuliner dan jajanan khas Semarang yang mungkin saja bisa menjadi pilihan. Taman ini juga nyaman untuk anak anak karena ada wahana bermainnya seperti ayunan dan lainnya.

10. Taman Madukoro

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_MADUKORO

Taman Madukoro ini adalah ikon baru ruang publik di Kota Semarang. Taman ini terletak dBelum lama ini dibangun 3 sangkar burung (pagupon) dengan ketinggian 2 meter. rumah rumah burung dan tentunya ada ratusan burung akan ditempatkan di taman ini. Keberadaan burung adalah salah satu daya tarik yang kian membuatnya semakin ramah untuk dikunjungi. Adapun burung merpati yang ditempatkan di pagupon dengan ketinggian 2 meter, sesekali hinggap di rerumputan. Saat itulah para pengunjung taman dapat memanfaatkannya untuk bercengkerama.

Nah… Itulah taman-taman yang berada di Kota Semarang. Sekiranya sebagai warga Semarang yang baik, sudah tentu wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan, keindahan dan Fasilitas umum dari taman-taman tersebut agar selalu nyaman untuk dikunjungi.

Yuk Piknik ke Taman kota (gelar tiker)

10 Taman Kota Terfavorit di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 13,421 times, 5 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'10 Taman Kota Terfavorit di Semarang' have 8 comments

  1. May 21, 2015 @ 12:59 pm Dwi Pramono

    Sayang nomor 4, 5, 6, 9 nggak dilengkapi foto Slams… Ada pembatasan, kah?

    Reply

    • May 21, 2015 @ 2:38 pm Slamet Riyadi

      hehe.. koleksinya kurang pak.
      dari semua taman ini saya paling suka dateng ke taman KB. biasanya mainan ayunan dan pesan es jeruk.
      loenpia sering kopdar di sini, depan SMA 1

      Reply

  2. May 21, 2015 @ 5:07 pm Sriyono Suke

    Mana piknik asiknya lagi dan? kok cuman sekali doang…

    Reply

    • May 21, 2015 @ 5:51 pm Slamet riyadi

      Wah sudah beberapa kali kok don, di taman kb, taman gajah mungkin, di sampangan juga. Kapan kita ke taman yuk. Mangkang atau taman madukoro kayaknya asyik

      Reply

  3. May 21, 2015 @ 5:17 pm inung

    ada yang belum dicatat?

    Reply

    • May 21, 2015 @ 5:55 pm Slamet riyadi

      Apa coba yg belum di catat?
      Di Banyumanik, undip, tembalang juga masih ada.
      Yg jadi daya tarik itu sekarang bakal dibuat pasukan buat burung merpati.
      Di taman diponegoro juga ada pagupon

      Reply

  4. May 22, 2015 @ 8:08 am Hidayah Sulistyowati

    Ada satu lagi yang belum dicatat, taman Parang Kusumo, tlogosari, hihiii…
    Sayangnya cuma asik kalo pagi hari sekitar jam 5 sampe 6, buat joging. Selewat jam itu crowded dah

    Reply

    • May 22, 2015 @ 8:13 am slamet riyadi

      iya mbak..
      taman yang ada di banyumanik “taman tirto agung” juga lagi ngehits.
      lagi ramai ramainya di sana… di undip juga ada

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool