Jalan Pandanaran

10 Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang

10 Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang
3.38 (67.5%) 8 votes

Liburan di Semarang tentu tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Ada berbagai pilihan buah tangan yang bisa Anda bawa dari Kota Semarang. Berikut 10 tempat mencari oleh-oleh di Semarang.

 

1. Jalan Pandanaran

Kawasan oleh-oleh Jalan Pandanaran merupakan tujuan favorit wisatawan untuk berburu oleh-oleh. Selain letaknya di tengah kota, oleh-oleh yang bisa didapatkan pun sangat lengkap. Mulai dari jajanan, cinderamata, dan berbagai oleh-oleh khas lainnya. Kawasan ini selalu ramai dari pagi hingga malam hari.

Dekranasda, Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang

 

2. Gedung Dekranasda

Bisa jadi belum banyak yang mengetahui keberadaan pusat oleh-oleh di Gedung Dekranasda dan Pramuka atau biasa disebut Gedung Despra Jateng. Gedung yang letaknya tidak jauh dari Simpang Lima, tepatnya di Jalan Pahlawan No. 8 Semarang diresmikan pada 15 Oktober 2012. Berbagai produk unggulan Jateng bisa didapatkan di sini. Seperti batik, tenun, bordir, busana muslim, kaos, tas, sepatu, sandal dan aksesori.

 

3. UMKM Center

Baru diresmikan pada 29 Desember 2014, UMKM Center Jawa Tengah yang terletak di Jalan Srondol 192 Semarang, telah menjadi salah satu pusat mencari oleh-oleh unggulan di Semarang. UMKM Center Jawa Tengah terletak tidak jauh dari pintu keluar Tol Banyumanik dan mudah dijangkau transportasi umum. Di sini pelancong bisa berburu berbagai produk home industri Jawa Tengah.

 

4. Kampung Batik

Tidak hanya Solo dan Pekalongan yang memiliki Kampung Batik, Semarang juga ada Kampung Batik. Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Bundaran Bubakan, Semarang Tengah. Sama seperti di kampung batik kota lainnya, di sini wisatawan juga bisa melihat tempat produksi batik, baik di rumah yang dijadikan work shop atau show room maupun di Balai Batik Semarang. Pengunjung bisa belajar membatik dan mengetahui sejarah batik khas Semarang, serta tentunya berbelanja batik.

Batik Jayakarta, Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang

 

5. Batik Jayakarta

Berburu batik yang murah dan lengkap, Toko Batik Jayakarta bisa menjadi tujuan. Letaknya jika dari pintu keluar Tol Banyumanik, sebelum UMKM Center Jawa Tengah. Toko yang memiliki dua lantai ini menghadirkan koleksi lengkap batik, terutama batik Jawa Tengah. Seperti batik Semarang, Solo, Pekalongan, Lasem, Banyumas, Banjarnegara, Sragen, Sukoharjo, dan Batang. Serta batik dari daerah lain, seperti Bantul, Yogyakarta, Bali, Tasikmalaya, Cirebon, dan Madura.

 

6. Batik Semarang 16

Yang senang berburu batik, tempat mencari oleh-oleh di Semarang yang satu ini pilihannya!

Kebangkitan kembali batik Semarangan salah satunya dipelopori Batik Semarang 16. Berbagai produknya tidak saja digemari masyarakat umum, namun juga menjadi buruan pejabat, artis, serta desainer kenamaan. Meski Sanggar Batik Semarang 16 lokasinya cukup jauh dari tengah kota, tepatnya di desa Sumberejo kelurahan Meteseh kecamatan Tembalang, namun tetap saja ramai kunjungan. Para wisatawan asing yang datang ke Semarang dengan kapal pesiar biasanya menjadikan Batik Semarang 16 sebagai tujuan, untuk melihat dan belajar proses membatik.

 

7. Kawasan Simpang Lima

Kawasan yang menjadi salah satu tujuan wisatawan ini, tidak saja menjadi pusat ruang publik di Kota Semarang, namun juga menjadi kawasan bisnis, kuliner dan belanja yang selalu ramai sejak pagi hingga dini hari. Di Simpang Lima para pelancong bisa berburu berbagai oleh-oleh di kawasan ini, baik di pusat perbelanjaan, pertokoan, maupun di kaki lima.

kampoeng semarang, Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang

 

8. Kampoeng Semarang

Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang yang mulai berdiri pada 10 Mei 2012 ini menempati areal 4.000 meter persegi, berlokasi di Jalan Raya Kaligawe No 46 KM 1 Semarang. Kampoeng Semarang menghadirkan berbagai pilihan belanja dan fasilitas, mulai dari WeBe Fashion Bags, Galery Batik, Pusat Souvenir, Pusat Oleh-oleh, Resto & Cafe, Gallery Kids, Homeware, Meeting Room, Playground, dan Tourism Information.

 

Yuk keliling Semarang! Eits, ambil promo Tiket Pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang & Paket Wisata Murah sekarang!

 

9. Klub Merby

Letak Klub Merby tidak jauh dari kawasan Simpang Lima, tepatnya di Jalan MT Haryono No 653. Di sini wisatawan bisa berbelanja aneka macam souvenir khas Semarangan. Seperti kaos Semarangan, kain dan baju batik, batik lurik, wayang, patung, kuningan, gerabah, anyaman, handycraft, alat musik tradisional, dan lainnya. Tempat ini juga melayani paket wisata edukasi Semarangan, seperti pengetahuan membatik, wayang, gambang Semarangan, tari Semarang, belajar huruf Jawa, dan lainnya.

 

10. Pasar Johar

Pasar terbesar dan terlengkap di Semarang ini, tidak hanya menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari. Di Pasar Johar ini pengunjung juga bisa berburu aneka oleh-oleh yang banyak pilihannya. Mulai dari batik, kaos Semarangan, serta berbagai cinderamata lainnya. Yang menarik, jika pandai menawar, tentu harganya akan lebih terjangkau.

Nah itu dia 10 Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang, jangan lupa belanja ya Ezytravelers!

 

(Visited 33,617 times, 40 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'10 Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang' have 4 comments

  1. May 6, 2015 @ 12:16 pm Inung Djuwari

    informatif sekali….terima kasih mas munif

    Reply

  2. May 16, 2015 @ 11:20 am Johanis Adityawan

    paling seneng di klub merby banyak oleh2 handycraftnya.

    Reply

  3. June 2, 2016 @ 2:45 pm dwic

    Klo yang jual macam2 oleh2 khas daerah lain di semarang dmn ya?

    Reply

  4. January 25, 2017 @ 5:55 am Linda

    Tempat tempat itu bukanya dari jam berapa sampe jam berapa ya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool