Tempat Rekreasi Keluarga di Semarang Yang Populer

10 Tempat Rekreasi Keluarga di Semarang Yang Populer

10 Tempat Rekreasi Keluarga di Semarang Yang Populer
5 (100%) 1 vote

Ada banyak tempat rekreasi atau wisata di Semarang. Mulai dari pantai hingga pegunungan yang sejuk. Berikut ini adalah daftar 10 tempat rekreasi keluarga favorit di Semarang.

1. Lawang Sewu
Ini merupakan tempat yang paling populer, karena selain sudah berusia lebih dari seratus tahun, lokasinya juga berada di tengah kota, tepat di sisi timur Tugu Muda. Disebut lawang sewu karena jumlah pintunya sangat banyak. Menurut salah satu guide yang pernah menghitung, jumlah pintunya tercatat 429 pintu dengan jumlah daun pintu lebih dari 1200. Selain jumlah pintu yang sangat banyak, ukuran dinding dan pilar pilar yang ada juga ukurannya sangat besar. Satu lagi keunikan Lawang Sewu gedung bagian depan, pada lantai 2 tidak diperkuat besi cor pada lantai dan pilar pilarnya, namu menggunakan besi blok, sedikit berbeda dengan gedung bagian belakang atau bangunan bangunan masa kini lainnya.

Lawang Sewu
2. Sam Poo Kong
Tak jauh dari Lawang Sewu, terdapat Sam Poo Kong atau Gedung Batu. Bangunan ini dibangun untuk mengenang seorang laksamana dari Tiongkok yang bernama Cheng Ho (Zeng He). Pendaratan Cheng Ho bermula ketika sedang melewati perairan laut Jawa, pada saat seorang awak kapalnya yang sakit, kemudian kapal tersebut merapat di pantai utara Semarang ini. Karena sedimentasi yang tinggi di Semarang membuat daratan semakin luas ke utara, sehingga yang tadinya di dekat pantai menjadi jauh dari garis pantai. Sam Poo Kong didominasi bangunan berwarna merah laksana berada di Tiongkok.

Kelenteng Sam Poo Kong
3. Pantai Marina
Menikmati deburan ombak atau semilir angin atau naik perahu keliling area pantai, atau sekedar beristirahat sambil memandang laut lepas dan sunset di sore hari bisa ke Pantai Marina.

Pantai Marina Semarang
4. Masjid Agung Jawa Tengah, MAJT
Bangunan masjid dengan perpaduan arsitektur Jawa Tengah, Jawa dan Yunani ini sangat megah dan luas, berdiri di atas lahan 10 hektar dengan bangunan induk untuk shalat seluas 7.669 m2. Terdapat Tower Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter yang dilengkapi dengan teropong, pengunjung dapat menikmati landscape kota Semarang 360 derajat tanpa halangan.

MAJT Masjid Agung Jawa Tengah
5. Waduk Jatibarang & Goa Kreo
Merupakan satu lokasi dengan 2 obyek wisata sekaligus, dengan harga tiket masuk hanya Rp 2.500 dan parkir Rp 2.500 (mobil) [Feb 2015] pengunjung dapat menikmati bendungan / waduk Jatibarang dan juga Goa Kreo. Goa Kreo berada di tengah tengah waduk yang dibangun jembatan penghubung, banyak sekali monyet monyet di kawasan ini.

Waduk Jatibarang
6. Bonbin Mangkang.
Taman Margasatwa / Kebun Binatang Semarang ini lebih sering disebut sebagai Bonbin Mangkang. Naik perahu diantara burung pelican, naik gajah mengelilingi taman, hingga melihat aneka koleksi margasatwa lainnya, Kebun Binatang ini menjadi salah satu alternatif rekreasi keluarga semarang.

Kebon Binatang Semarang
7. Taman Lele
Lokasinya tak jauh dari Bonbin Mangkang. Dari arah Kota Semarang, lokasi berada sebelum Bonbin. Banyak pepohonan besar dan rindang. Terdapat juga kebun binatang mini dengan beberapa aneka satwa seperti merak, kelinci, dan burung cendrawasih, ular phyton, buaya, iguana, meski kurang terawat dengan baik.

Taman Lele Semarang
8. Pagoda Buddhagaya
Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya, atau lebih dikenal dengan sebutan Pagoda Watugong. Memiliki ketinggian pagoda 45 meter dan mendapat rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda Buddhagaya
9. Gedong Songo
Kompleks Candi Gedong Songo ini berada di lereng gunung Ungaran, dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sangat sejuk. Terdapat juga hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Jalan kaki mengelilingi candi candinya mungkin sangat melelahkan jika tidak terbiasa jalan kaki naik turun gunung. Namun pengunjung bisa menyewa kuda untuk berkeliling mengelilingi panorama alam yang indah tersebut.

Gedong Songo
10. Umbul Sidomukti
Liburan di Semarang tak lengkap rasanya jika belum ke Kawasan Wisata Umbul Sidomukti. Ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kabupaten Semarang. Pengunjung bisa naik kuda, berenang, flying fox, marine bridge, atau sekedar jalan jalan bersama keluarga sambil menikmati keindahan pesona alam Kawasan wisata umbul Sidomukti memang mempesona.

Umbul Sidomukti

(Visited 5,088 times, 1 visits today)



'10 Tempat Rekreasi Keluarga di Semarang Yang Populer' have 4 comments

  1. April 27, 2015 @ 2:30 pm munif

    Semarang emang kereeen…

    Reply

  2. April 29, 2015 @ 8:27 am Dwi Pramono

    Nomor 9 dan 10 sebetulnya bisa dikelompokkan 10 tempat wisata di Kabupaten Semarang. Sebagai gantinya bisa dimasukkan objek lain misalnya “Semarang Lama” (Johar, Kanjengan dan sekitarnya), dan “Kawasan Kota Lama”. #usulaja

    Reply

  3. June 15, 2015 @ 9:49 pm paul frantzen

    you have to translate it in englisch?
    Thanks paul

    Reply

  4. December 3, 2015 @ 10:53 am gilang

    semarang top bingit bertubi2……………………….

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool