Indoor PlaPlay Semarang

10 Tempat Wisata Lebaran di Semarang

Meski banyak warga Kota Semarang yang mudik ke kampung halamannya, namun cukup banyak pula yang mudik dan datang ke kota ini. Mereka adalah yang lahir dan besar di kota ini namun merantau ke ibu kota atau kota besar lainnya. Meski secara native bukan kota wisata, namun cukup banyak tempat yang bisa dijadikan untuk jalan jalan atau refreshing dalam suasana libur lebaran seperti ini. Berikut adalah 10 destinasi atau tempat liburan di Semarang yang bisa dikunjungi dalam nuansa lebaran kali ini.

Waduk Jatibarang

1. Waduk Jatibarang + Goa Kreo
Relatif baru, karena air waduk baru terisi penuh pada awal tahun 2015. Waduk Jatibarang menempati 4 kecamatan dengan pintu masuk berada di Kecamatan Gunungpati. Dua destinasi wisata di satu tempat, pengunjung bisa menikmati hamparan air waduk dan udara sejuk perbukitan, dan ditengah waduk terdapat pulau yang dihubungkan dengan jembatan, yang di sini terdapat Goa Kreo. Pada libur lebaran tahun 2014, meski genangan waduk belum penuh, tercatat menjadi satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi warga, dengan beberapa KM jalan menuju pintu masuk waduk ini terjadi kemacetan.

Lawang Sewu

2. Lawang Sewu
Ini adalah tempat wisata yang paling mainstream. Berada di tengah kota dan relatif paling mudah dijangkau dengan transportasi umum, pengunjung bisa menikmati bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda yang sudah berumur lebih dari 100 tahun ini.

Sam Poo Kong

3. Sam Poo Kong
Lokasi hanya sekitar 3 km dari Lawang Sewu, Sam Poo Kong atau yang juga disebut Gedung Batu ini menjadi tempat untuk melihat napak tilas perjalanan Laksamana Cheng Ho di Semarang. Dengan nuansa warna merah, berada di Sam Poo Kong ini serasa berada di negeri tirai bambu. Di Sam Poo Kong juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho tetinggi di dunia.

Water Blaster Semarang

4. Water Blaster
Water Blaster merupakan tempat rekreasi all in one yang berada dalam perumahan elit Graha Candi Golf. Suka dengan permainan air? di sini tempatnya. Wahana yang terkenal yaitu kolam renang dengan perosotan dengan tinggi 25 meter dan panjang 230 m. Selain wahana permainan air, juga terdapat permainan lainnya seperti kora-kora, paint ball, flying fox dan juga arena ATV.

5. Wahana Permainan Indoor PlaPlay
Diklaim sebagai wahana permainan indoor pertama dan terbesar di Jawa Tengah, PlaPlay berada di lantai 1 hingga 3 SETOS – Semarang Town Square, Petempen Gajah Mada. Berada di area dengan luas 6.500 meter persegi, PlaPlay ini menawarkan 15 wahana permainan. Arena bermainnya tematik, seperti lantai 2 dengan tema “Taman Hutan Liar” dengan pernaik pernik binatang liar dan juga bioskop 5D pertama di Semarang.

Bonbin Mangkang

6. Kebun Binatang / Bonbin Mangkang.
Lebih sering disebut dengan Bonbin Mangkang, Kebun binatang Semarang berada di Mangkang, dekat dengan perbatasan Kabupaten Kendal. Pengunjung bisa melihat berbagai koleksi binatang yang ada, naik gajah atau naik perahu keliling danau buatan.

Pantai Marina

7. Pantai Marina
Menikmati deburan ombak, naik perahu keliling pantai atau sekedar berjalan jalan di tepi pantai menikmati semilir angin. Di tepian pantai relatif banyak pohon yang rindang, pengunjung dapat duduk santai tidak kepanasan sambil memandang laut lepas. Meski berada di sisi utara laut jawa, bentuk pantai ini sedikit unik, jadi di satu sisi kita kita bisa melihat keindahan sunset di seberang laut, cocok sekali bagi penggemar fotografi.

Masjid Agung Jawa Tengah

8. Masjid Agung Jawa Tengah
Bisa disebut sebagai pilar 25 nabi ala koloseum di Semarang, bangunan masjid agung Jawa Tengah ini merupakan perpaduan arsitektur di Jawa dan Yunani. Megah dan juga luas, masjid ini menempati area seluas 10 hektar, memiliki tower dengan ketinggian 99 meter dengan teropong, sehingga pengunjung melihat landscape pemandangan kota Semarang 360 derajat tanpa halangan.

Umbul Sidomukti

9. Umbul Sidomukti
Berada di Desa Sidomukti Kec Bandungan, Kawasan wisata umbul Sidomukti adalah salah satu kawasan Wisata Alam Pegunungan yang berada di kabupaten Semarang. Pada setiap akhir pekan, tempat ini merupakan salah satu yang favorit di Semarang. Didukung dengan fasiltas yang lengkap seperti Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Outbond Training, Camping Ground, Pondok Wisata hingga Pondok Lesehan. Yang menjadi sedikit kekurangan dari Umbul Sidomukti adalah akses jalan yang kurang besar, jadi bus wisata ukuran besar tidak bisa lewat.

Candi Gedong Songo

10. Candi Gedong Songo
Berjalan mengelilingi candi candi dan juga hutan pinus yang tertata rapi serta mata air dengan kandungan belerang. Candi Gedong Songo berada di lereng gunung Ungaran, tepatnya Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Nama Gedong Songo ini berasal dari kata dalam bahasa Jawa, “Gedong” berarti bangunan atau rumah, “Songo” artinya adalah sembilan. Jadi Gedongsongo adalah sembilan bangunan candi.

10 Tempat Wisata Lebaran di Semarang
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 2,777 times, 1 visits today)



'10 Tempat Wisata Lebaran di Semarang' have 1 comment

  1. July 24, 2015 @ 12:26 pm Sarah

    Saat menyebut Semarang maka Lawang Sewu dan kemudian Candi Gedong Songo, tujuan wisata yang paling ingin dikunjungi.Terima kasih juga untuk keanekaragaman pilihan wisata kuliner Semarang.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool