Tempat Ibadah di Semarang

10 Tempat Wisata Religi di Semarang

10 Tempat Wisata Religi di Semarang
5 (100%) 2 votes

Semarang merupakan satu kota yang sarat dengan akulturasi berbagai budaya yang begitu kental. Dengan kerukunan antar umat agamanya yang tak perlu diragukan lagi, tidak salah jika kota ini menghadirkan berbagai destinasi wisata dengan latar belakang tempat ibadah. Liburan di Semarang tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat tempat di bawah ini:

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

1. Masjid Agung Jawa Tengah.

Berada di jalan Gajah Raya Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah ini sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 Hektar serta luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi. Dengan gaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani, masjid ini dengan pilar pilar dengan jumlah 25 dengan bentuk mirip koloseum.

2. Masjid Besar Kauman

Berada di Jl alun alun barat no 11 (Kauman) Semarang, Dulu masjid ini bernama Masjid Agung Semarang. Menurut inskripsi dengan bahasa serta berhuruf jawa yang terpatri pada batu marmer di sisi tembok bagian dalam gerbang masuk, Masjid Besar kauman ini dibangun pada tahun 1170 Hijriah atau pada tahun 1749M.

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong

3. Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong ini merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Dengan dominasi warna merah, nuansa arsitektur di area ini seperti kita sedang berada di negeri Tiongkok.

4. Pagoda Watugong

Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya atau lebih sering disebut Watugong Semarang ini dibangun tujuh tingkat dengan tinggi 45 meter, dan tercatat oleh Museum Rekor Indonesia MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Masjid Layur Kampung Melayu

Masjid Layur Kampung Melayu

5. Masjid Layur Kampung Melayu

Berada di Jalan Layur Kampung Melayu, Masjid ini memang sangat historikal bagi kota semarang, memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh masjid-masjid lain di Indonesia. Menara yang berada di depan masjid ini dahulunya adalah mercusuar sebelum pelabuhan semarang berpindah ke Tanjung Emas.

6. Vihara Mahavira Graha

Berada daerah Marina, sebelum Pantai Marina dan dibangun mulai akhir tahun 2001 di atas lahan seluas 1.688 ha. Terdiri atas tujuh lantai, dan dengan keunikannya memiliki 88 arca Budha, Vihara ini merupakan vihara yang terbesar di Jawa Tengah.

Tay kak Sie

Tay kak Sie

7. Klenteng Tay Kak Sie

Berada di Jalan Gang Lombok No 62 Pecinan Semarang, Kelenteng Tay Kak Sie ini memiliki arsitektur yang luar biasa indah. Kelenteng Tay Kak Sie merupakan sebuah kelenteng tua yang didirikan pada tahun 1746 ini merupakan salah satu obyek wisata religi di Kota Semarang.

8. Pura Agung Giri Natha

Tempat ini memiliki nama resmi Pura Hindu Dharma Giri Natha, berada di Jalan Sumbing No 12 Gajah Mungkur. Dari sini salah satu view terbaik di pusat kota Semarang terlihat. Nuansa khas Bali dapat dirasakan pura ini. Dengan ornamen khas hindu menghiasi sudut – sudut Pura.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

9. Gereja Blenduk

Memiliki nama asli Gereja GPIB Immanuel (Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel), namun karena atapnya berbentuk kubah, gereja ini lebih terkenal dengan sebutan Gereja Blenduk. Berada di Jalan Letjend Suprapto 32 Kota Lama, gereja ini merupakan gereja Kristen tertua di provinsi Jawa Tengah yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1753.

10. Gereja Gedangan

Gereja Katolik Santo Yusup Gedangan yang berada di jalan Ronggowarsito 9 – 11 Semarang ini merupakan bangunan yang besar dengan pilar-pilar yang besar dan cukup banyak dan indah. Di bagian luar gereja terdapat tulisan IHS (Iesus Hominis Salvator) yang dahulunya adalah jam menara yang dapat membunyikan lonceng setiap 30 menit sekali. Namun, karena rusak jam tersebut diturunkan sekitar tahun 1978 dan digantikan tulisan IHS yang dapat kita saksikan hingga sekarang.

(Visited 3,447 times, 1 visits today)



'10 Tempat Wisata Religi di Semarang' have 3 comments

  1. June 5, 2015 @ 6:21 am Hidayah Sulistyowati

    Bisa jadi tempat narsis juga ya, masing2 punya nilai historis yang unik 🙂

    Reply

  2. June 5, 2015 @ 8:34 am Inung Djuwari

    Baru ngeh, kalau tempat-tempat di atas merupakan tempat wisata religi. Terima kasih sudah diingatkan Mas Don.
    Semoga pariwisata di Semarang makin berkembang.

    Reply

  3. February 5, 2016 @ 10:27 am affan

    Semberani Rent ;
    http://www.semberani.com

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool