Gunung di Semarang

3 Gunung Pendek di Semarang, dibawah 2000mdpl

3 Gunung Pendek di Semarang, dibawah 2000mdpl
3 (60%) 2 votes

“Aku gak kuat kalau naik gunung mas, kuatnya kalau diajak naik pelaminan” (uhuk… surrr). Kira kira adakah gunung di Semarang yang nyaman dikunjungi bersama pasangan yang rewel? mungkin ada, tapi yang jelas Semarang punya Gunung yang tergolong pendek dan nyaman untuk dikunjungi para pendaki pemula.

Pendek di sini saya kategorikan dengan ketinggian kurang dari 2.000 mdpl (meter diatas permukaan laut). Bagi para newbie atau pendaki pemula di Semarang banyak pilihan gunung yang pendek lho (maksudnya lebih dari tiga). Gunung yang pendek tentunya memiliki keunikannya tersendiri. Walaupun pendek, kebanyakan memiliki sudut kemiringan yang lumayan curam dibandingakan dengan gunung yang menjulang tinggi. Nah berikut ada 3 Gunung pendek yang tidak jauh dari semarang dan tentunya tidak kalah unik dengan gunung yang lebih tinggi.

Gunung Andong

Landscape Gunung Andong, terlihat dari Jalan Jalur Pasar Ngablak

1. Gunung Andong
Secara geografis Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sekitar 1.5 jam perjalanan dari Semarang bila dengan kendaraan pribadi. Gunung berbentuk punukan sapi dengan ketinggian 1.726 mdpl ini menawarkan sejuta pesona, tidak kalah menarik dengan gunung-gunung eksotis di tanah Jawa lainnya, seperti tetangga dekatnya Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan gunung Ungaran.

Gunung Andong sangat cocok bagi pemula. Saking populernya, kini tiap akhir pekan ramai dikunjungi para pendaki dari berbagai wilayah di Jawa Tengah. Gunung ini pun tergolong unik, karena bisa dinikmati oleh semua kalangan, muda-mudi, anak-anak, dan bahkan orang berusia senja bisa sanggup menaiki puncak gunung itu. Dari puncak gunung, Kamu bisa menikmati panorama alam Kota Salatiga, Kabupaten Magelang dan Semarang atas pun masih kelihatan.

Gunung Andong

Puncak Gunung Andong, Di tengah lekukan punuk (foto : Dhave)

Waktu yang paling pas untuk menikmati pemandangan pegunungan tentunya tidak ada yang mengalahkan ketika matahari terbit dan tenggelam, namun ketika siang bolong pemandangan dari puncak Andong juga tidak kalah unik dan tetap sejuk di mata.

Kalau kamu mau ke Gunung Andong dan ingin mendirikan tenda, ada baiknya datang sepagi mungkin, karena puncak gunung andong tidak begitu luas dan kemungkinan harus berebut lahan dengan para pelancong lain.

2. Gunung Telomoyo
Ingin mendaki gunung, tapi tidak memiliki stamina layaknya pendaki gunung? Atau ingin mendaki gunung tapi tidak punya perlengkapan untuk mendaki gunung? jangan berkecil hati dulu bro… karena ada gunung di kawasan kab. Semarang dan Magelang yang bisa dilalui dengan kendaraan, yaitu Gunung Telomoyo.

Iya, Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894mdpl ini bisa dicapai ke puncak tanpa harus didaki berjalan kaki. Kamu bisa menaikinya dengan Naik sepeda, motor, mobil, bahkan Truk juga bisa sampai ke puncak. Jalur yang dilalui juga mudah karena sudah diaspal walaupun di beberapa titik kini ada yang rusak. Puncaknya terdapat stasiun pemancar, tower dan antenna yang masih beroperasi.

Gunung Merbabu

Mari Ngopi di Landasan Paralayang Telomoyo dengan background Gunung Merbabu (foto : Dian Pramudita)

Apa keunikan Gunung Telomoyo? Selain ada puluhan pemancar yang tertancap tepat di atas pilar bumi, di sini juga terdapat landasan paralayang tertinggi di Jawa Tengah. Banyak cara untuk menikmatinya, Saya sendiri lebih suka joging atau lari lari kecil sampai ke puncak

Gunung Kendil

Melewati Pematang Sawah, Jalur Gunung Kendil (foto : Dhave)

3. Gunung Kendil
Gunung dengan ketinggian tidak ada setengah dari Gunung Merbabu ini memang terlihat pendek. Dengan ketinggian sekitar 1305 mdpl, gunung Kendil ini malah nampak seperti bukit. Namun tingkat kesulitannya tidak kalah dengan gunung dengan ketinggian diatas 3.000mdpl seperti Merbabu.

Letaknya berada di dusun Gojati, Sepakung tepat di sisi utara Gunung Telomoyo atau sekitar 4Km dari Pasar Legi Banyubiru bila kamu dari Salatiga. Medan yang dilalui cukup membuat lutut lemas, jalur pendakian berupa ratusan anak tangga membentuk sudut 45 derajat atau lebih. Tidak seperti di Telomoyo, jalurnya menanjak dan nyaris tidak ada tempat yang landai. Bakalan menguras tenaga nih.

Gunung Kendil

Pemandangan dari Atas Gunung Kendil (foto : Jatimulyadi)

Dari ketinggian 1305mdpl terlihat jelas hamparan Rawa Pening di sisi utara. Sebelah timur hingga barat berurut gunung Gajah Mungkur, Merbabu, Telomoyo hingga si kembar Sumbing dan Sindoro. Sembari menikmati puncak Gunung Kendil, segelas teh hangat mungkin bisa menjadi penawar yang syahdu ketika dibuai keindahan panorama Gunung Kendil.

Jadi Pesan buat para pendaki dan pelancong, Jangan bilang kalau gunung yang pendek itu mudah ya? Selain persiapan harus matang, kita juga harus tetap menjaga etika ketika berkunjung ke alam milik sang Pencipta Yang Maha Agung supaya alam kita tetap lestari. Angkat Ransel.

(Visited 9,871 times, 4 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'3 Gunung Pendek di Semarang, dibawah 2000mdpl' have 6 comments

  1. September 28, 2015 @ 9:31 am jefri

    pakai motor aja dari pertelon banyubiru gak susah .paling 1/2 jam. titip di desa gesing. jalan kepuncak paling juga 1/2 jam. tapi…,tolong sampai sana berlakulah sopan hindari hal tak senonoh.trims…semoga tetap bahagia

    Reply

    • September 28, 2015 @ 1:55 pm Slamet Riyadi

      yak betul, semoga para pendaki alay yang tidak bisa menjaga kelestaria dan tidak punya etika dijauhkan dari sana

      Reply

      • March 16, 2016 @ 7:50 pm donni

        Kalo gunung kendil bisa buat camp ga??

        Reply

        • August 26, 2016 @ 3:35 pm slamsr

          bisa, sudah ada camping groundnya radius 30 meter sebelum puncak

          Reply

  2. May 7, 2016 @ 11:19 pm Susil PangesTIKA

    I found mas @slam blog.

    Reply

    • August 26, 2016 @ 3:34 pm slamsr

      eh ada mba tika… #ketjup

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool