3 Taman Kota Baru dan Suasana Baru di semarang

3 Taman Kota Baru dan Suasana Baru di semarang
5 (100%) 1 vote

“yuk main ke taman Madukoro, ada yang baru loh” Ada kabar gembira bagi kita semua yang suka piknik atau sekadar main di taman. Kenapa? karena Ruang Terbuka Hijau di semarang  kini makin bertambah. Terutama pertamanan tengah kota. Ada taman yang baru selesai dibangun, namun banyak juga taman yang diperindah dan berganti suasana. Bayangkan saja, hak tersebut juga punya arti kita bakalan punya bayak tempat untuk bermain dan berkumpul.

Nah, berikut ada 3 Taman baru di Semarang yang bisa kita kunjungi tanpa dipungut biaya. Yuk, kita kunjungi satu per satu dan cari tahu, Sebenarnya apa sih yang baru?

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_MADUKORO

Taman Madukoro, Tampak Depan dari sisi Barat

1. Taman Madukoro
Lokasi : Jalan Jendral Sudirman Semarang. Bila dari arah SimpangLima / Tugu Muda, taman ini berada di sebelah kanan jalan setelah jembatan Banjir Kanal Barat, di tengah jalan, tepat sebagai jalan memutar. Memang tidak ada tukang parkir, namun bisa diparkirkan di jalur memutar sebelah timur.

Apa yang baru : Iya, memang bukan taman yang baru saja dibangun, namun ada yang baru di taman Madukoro ini. Taman seluas 1.555m2 ini sekarang jadi lebih hidup dengan adanya kicauan burung jenis jalak dan parkit. Ratusan burung merpati juga dilepas bebas. Di tengah taman  dibuatkan 3 buah pagupon besar dengan 10 lubang di tiap pagupon. Tujuannya sebagai rumah burung, kemudian berkembang biak dan menghiasi taman.

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_BANGKU_TAMAN_MADUKORO

Kemarin waktu saya ke sana masih sepi. hanya segelintir orang saja dan tidak ada penjual makanan di lingkungan taman. Waktu saya duduk di kursi taman, nampak seekor burung merpati bertengger di dahan pohon dekat pagupon. Kemudian mendadak terbang pergi ke dahan pohon lain ketika merasa terusik, namun terbangnya tak jauh dari pagupon. Sayang, saya tidak membawa pakan burung waktu itu.

Menurut saya, taman ini layak dan enak untuk dikunjungi. Ketika saya berada di tengah taman, suasananya masih terasa teduh walaupun siang hari. Pohon pohon dan tanaman tumbuh tinggi dan tertata apik di setiap sudutnya. Cokok, untuk dijadikan tempat bersantai dan berteduh rame rame atau piknik asyik. Tapi awas, periksa dulu tempat duduk dan tempat kamu mengelar tikar. Kadang ada kotoran burung yang iseng nempel di celana.

Kapan waktunya : Pagi sampai malam pun rasanya asyik saja dolan dolan ke taman Madukoro. Minggu pagi sepertinya asyik untuk dibuat piknik rame rame.

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819

Warak Ngendog Taman Pandanaran,

2. Taman Pandanaran
Dimana : Lokasinya di Jalan Pandanaran. Tepatnya di pertigaan antara jalan Pandanaran dan Jalan MH Thamrin. Lokasi ini dulunya adalah bekas SPBU.

Ada yang baru : Ketika saya ke sini, saya sempat bingung mau parkirkan motor kemana. Iya, tidak ada tempat parkir. Akhirnya saya parkirkan motor di toko swalayan belakang taman. Bisa juga parkir di depan Kaefsyi atau di titipkan di warung sebelah kiri jalan.

Ada yang mencolok di tengah taman, yaitu sebuah patung tembaga bernama Warak Ngedog (walaupun tidak seperti bentuk aslinya). Patung besar ini berkepala naga, berbadan unta dan mempunyai kaki kambing. Iya, Warak Ngendog memang sudah menjadi ikon dan tidak bisa dipisahkan dengan Kota Semarang.

Waktu saya datang ke sini siang hari, suasana terasa panas dan sedikit orang yang berada di taman. Maklumlah, pepohonan hijau di taman baru sedikit dan belum rindang. Kemudian terdapat sebuah kolam air mancur di depan patung yang menambah keindahan taman, ketika malam hari dan disinari lampu taman akan terlihat lebih indah. Di sebelah kanan dan kiri taman terdapat kursi taman dengan atap berjaring. Mungkin rencananya akan ditumbuhi tanaman merambat sebagai payungnya. Oh iya, ada toilet umumnya juga loh, di bawah patung.

Kapan : Taman bisa diakses 24 jam. Untuk waktu yang paling ramai adalah sore dan semakin ramai ketika malam tiba.

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_tirtoagung_minitrail

3. Taman Tirto Agung
Dimana : Taman ini berlokasi di Banyumanik, dekat dengan jalan tol Banyumanik. Tepatnya di pertigaan jalan Durian dan Tirto Agung. Oleh sebab itu dinamakan taman Tirto Agung.

Apa yang baru :  Taman Tirto Agung ini termasuk taman paling baru di semarang. Banyak masyarakat yang datang sekadar duduk duduk, bermain, menikmati jajajan dan ada juga yang berolahraga ketika pagi dan sore hari. yang membuatnya istimewa adalah terdapat fasilitas olahraga seperti lapangan volley, sepakbola, arena bermain anak dengan pasir putih, arena sepeda, dan yang paling mencolok adalah Wall Climbing berwarna merah hitam seperti di bawah ini. Semua fasilitas ini sepatutnya bisa dimanfaaatkan seara positif dan semaksimal mungkin.

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_tirtoagung_wallclimb

Wall Climbing Taman Tirto Agung

Jangan takut kelaparan atau tersiksa karena tidak bisa ngemil di taman ini. Banyak pedagang berjualan di sini, mulai dari kuliner lokal seperti Es Kuwud, dawet, bakso, empek empek, pecel dan jajanan yang lagi ngetren seperti sosis bakar baik di dalam atau di luar area taman. Bagi orang tua yang sedang ngemong anak, atau kakak yang ingin menyenangkan keponakannya, di sini terdapat banyak persewaan mainan seperti mobil remote dan mini trail. Selain itu, terdapat wahana bermain seperti perosotan, ayunan, dan jungkat jungkit juga ada di sisi utara dan selatan taman.

3_TAMAN_BARU_SEMARANG_20150819_tirtoagung_taman

Kapan : Pagi dan sore adalah waktu yang tepat untuk ke taman Tirto Agung. Kemudian taman akan bertambah ramai ketika hari minggu pagi. Ada pasar dadakan.

Keberadan Ruang Terbuka Hijau dalam sebuah ekosistem kota sangatlah penting fungsinya. Bahkan dalam undang-undang disebutkan sebesar 20% dari lahan kota. Selain untuk resapan air, yang tidak kalah pentingnya adalah bisa dimanfaatkan sebagai sarana sosial bagi masyarakat dan sudah sepantasnya harus kita jaga kelestariannya. Yuk kita galakan lagi pinknik piknik di taman kota.

(Visited 1,570 times, 3 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'3 Taman Kota Baru dan Suasana Baru di semarang' have 4 comments

  1. August 22, 2015 @ 6:20 am Dani

    Belum pernah piknik ke taman itu, lewat tok 🙂

    Reply

    • August 28, 2015 @ 1:41 pm Slamet Riyadi

      ke taman yang mana mba?
      besok minggu atau pas libur, disempetin mampir…

      Reply

  2. August 23, 2015 @ 9:54 am Hidayah Sulistyowati

    Taman madukoro sekarang lebih asri ya, kemarin sayangnya cuma lewat, masih sepi sih enggak seramai dua taman yang lain 🙂

    Reply

    • August 28, 2015 @ 1:43 pm Slamet Riyadi

      iya, madukoro paling sepi diatara 2 yang lain.
      tapi jadi taman paling adem dan asri diantara yang lain.
      mungkin karena sepi dan tidak ada penjual jajanan dan lokasi parkirnya yang agak susah. jadi cuma lewat

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool