Lawang Sewu Semarang

4 Hal yang Membuat Semarang Mempesona

4 Hal yang Membuat Semarang Mempesona
5 (100%) 1 vote

Mengunjungi sebuah kota, tentu lebih menarik jika kita mencari sesuatu yang berbeda di dalamnya. Jika Anda liburan ke Semarang ada berbagai hal khas yang bisa Anda dapatkan di kota ini. Berikut 4 hal yang membuat Semarang mempesona.

1. Geografis
Semarang memiliki pantai dan juga pegunungan, karena itu muncul istilah kota atas dan kota bawah. Kondisi geografi tersebut membuat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Yang paling menarik dari kondisi geografi di Semarang adalah panorama malamnya. Dari berbagai tempat makan atau kafe di perbukitan di Semarang atas, seperti di Bukit Gombel, Papandayan, Kawasan Candi dan berbagai tempat lainnya, kita bisa menyaksikan panorama malam Semarang bawah dengan kerlap-kerlip lampu yang membuat suasana terkesan romantis.

Gombel Semarang

Panorama Semarang Bawah dari Bukit Gombel | foto: Johanis Adityawan/hellosemarang.com

Lebih naik ke atas, kita juga bisa menikmati berbagai pesona wisata di Gunung Ungaran. Salah satu yang terkenal adalah kawasan Bandungan, di sini kita bisa mengunjungi Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo, berbagai pemancingan, serta beberapa air terjun yang menawarkan petualangan tersendiri.

Di Semarang bawah yang berbatasan langsung dengan pantai, kini semakin ramai dikunjungi. Kawasan Pantai Marina menjadi pesona utama, dengan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya. Kegemaran anak muda untuk ekplorasi membuat Pantai Maron, Pantai Tirang, Pantai Baruna, Pantai Tiram, Kawasan Mangrove Tapak, Pantai Irigasi, kini semakin ramai pengunjung.

2. Bangunan Bersejarah
Peninggalan gedung bersejarah di Semarang memang sangat menarik, selain jumlahnya yang cukup banyak, arsitekturnya juga mempesona. Lawang Sewu dan Kota Lama menjadi dua tempat yang paling banyak dikunjungi pelancong saat ini. Keindahan arsitektur Lawang Sewu serta berbagai cerita horor di dalamnya dan lokasinya yang strategis membuat tempat ini selalu ramai wisatawan. Kota Lama juga semakin semarak, beberapa gedung lama yang difungsikan kembali untuk kafe atau tempat makan, membuat tempat ini semakin mempesona.

Lawang Sewu

Klenteng Sam Poo Kong dan kawasan Pecinan juga menjadi pesona yang tidak kalah menarik. Gaya arsitektur yang khas, serta sejarah yang ada di dalamnya, membuat kedua tempat tesebut menjadi tujuan banyak wisatawan untuk menikmati liburan.

3. Kuliner Khas
Kekayaan kuliner khas Semarang memang menggoda. Aneka kuliner dengan cita rasa istimewa membuat banyak pelancong ketagihan. Beberapa kuliner khas Semarang yang banyak diburu antara lain: Tahu Gimbal, Soto Semarang, Mie Kopyok, Nasi Ayam Kemuning, Babat Gongso, Mangut Manyung, Mangut Belut, Bandeng Kropok, dan berbagai kuliner lainnya.

Tahu Gimbal

4. Oleh-oleh
Berbagai oleh-oleh khas juga tersedia di Semarang. Semua oleh-oleh tersebut juga dengan mudah didapatkan di kawasan oleh-oleh Jalan Pandanaran atau di beberapa tempat lain. Beberapa oleh-oleh khas yang banyak dicari di antaranya: Lumpia, Bandeng Presto, Wingko Babat, Kue Ganjel Rel, Tahu Bakso, Telur Asin Asap, Batik Semarangan, dan berbagai souvenir lainnya.

Selain keempat pesona tersebut, tentu Semarang masih memiliki berbagai pesona lainnya. Seperti beberapa tempat wisata baru yang dibangun, mulai dari Waduk Jatibarang, Kawasan Banjir Kanal Barat, Pusat Kuliner Simpang Lima, serta pesona wisata religi yang juga menjadi andalan kota ini.

(Visited 868 times, 2 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'4 Hal yang Membuat Semarang Mempesona' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool