wisata alam

5 Destinasi Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

5 Destinasi Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang
5 (100%) 1 vote

5 Destinasi Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang. Ezytravelers, bila kalian sedang berada di wilayah Kabupaten Semarang atau kebetulan melintas, cobalah mampir sejenak di sana. Kabupaten Semarang memiliki banyak destinasi wisata alam menarik yang bisa kalian kunjungi. Tapi kalau kalian ingin menikmati wisata dengan pemandangan alam, mungkin kalian bisa datang ke 5 destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Semarang ini.

Nah, berikut 5 destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Semarang yang bisa kalian kunjungi :

1. Umbul Sidomukti

wisata alam, Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

Wisata alam Umbul Sidomukti ini terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan ini memiliki pemandangan yang indah. Selain itu Umbul Sidomukti memiliki fasilitas seperti kolam renang, outbound training, adrenalin games, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan dan juga meeting room. Harga tiket masuknya lumayan murah, hanya sekitar Rp 10.000,- diluar tiket masuk ke wahana permainan ya. Kalau kalian ingin bermain di berbagai wahana permainan yang ada, kalian harus membeli tiket lagi. Nggak mahal, kok. Tiketnya berkisar Rp 5.000,- sampai Rp 20.000,-.

Kalian bisa mencoba berbagai wahana permainan yang memicu adrenalin seperti flying fox, marine bridge dan rappeling melintasi jurang sepanjang 110 meter. Kalian akan seperti berpindah dari satu bukit ke bukit lain. Lelah bermain di wahana yang menantang adrenalin, kalian bisa “ngadem” di kolam dan menyaksikan keindahan panorama alam sejauh mata memandang. Lapar setelah bermain di berbagai wahana, kalian bisa mengisi perut di Pondok lesehan atau Pondok Kopi. Lokasinya masih berada di kawasan wisata alam Umbul Sidomukti.

2. Candi Gedong Songo

candi gedong songo, Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang berikutnya adalah Candi Gedong Songo yang terletak di Dusun Darum, Desa Candi Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasi Candi Gedong Songo ini cukup dekat dari Umbul Sidomukti dan berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut . Untuk menuju ke Candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan besar seperti bus juga bisa, meskipun kondisi jalanan naik dengan kemiringannya sangat tajam mencapai 40 derajat. Dibutuhkan pengemudi yang terlatih untuk melewati jalanan dengan kondisi seperti itu.

Candi Gedong Songo memiliki 9 candi dengan lokasi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Selain candi, lokasi ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Di sekitar candi terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Bila sedang musim hujan, kabut tipis sering turun dari atas gunung. Akibatnya kita tidak dapat memandang Candi Gedong Songo dari kejauhan.

Candi Gedong Songo dibuka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore dengan tiket masuk sebesar Rp 6000,- untuk hari Senin-Jum’at dan Rp 7.500,- untuk akhir pekan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tiket sebesar Rp 35.000,-.

3. Curug Bidadari

Curug bidadari, Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

Curug Bidadari berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang dan hanya berjarak sekitar 7 km dari Candi Gedong Songo. Jadi setelah puas berwisata ke Gedong Songo kalian bisa mampir sejenak di Curug Bidadari ini. Sebenarnya Curug Bidadari ini tidak begitu tinggi. Ada 3 tingkatan air terjun yang bisa kalian lihat.

Perbedaan air terjun tingkat pertama dengan tingkat kedua sekitar 6 meter, sedangkan antara tingkat ke 2 dan ke 3 sekitar 7 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Curug Bidadari ini dikelilingi oleh pemandangan alam perbukitan. Air yang mengalir di Curug Bidadari ini masih relatif jernih. Konon curug ini menjadi tempat mandi para bidadari dan katanya mampu membuat awet muda (katanya loh).

Curug Bidadari menjadi wisata alam favorit di Kabupaten Semarang berikutnya karena selalu dipadati pengunjung di tiap akhir pekan atau hari libur. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Semarang tetapi banyak juga yang datang dari luar kota. Curug Bidadari buka mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00, sedangkan untuk hari Minggu atau Libur mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

4. Rawa Pening

jembatan biru rawa pening, Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

Rawa Pening merupakan danau yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata air. Dengan luas 2.670 hektar Rawa Pening mencakup wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening berada di daerah terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Rawa Pening bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari kota Semarang. Beberapa hal yang menjadi daya tarik wisata Rawa Pening adalah wisata air dengan perahu tradisional, enceng gondok sebagai bahan kerajinan, dan area pemancingan alam.

Jika kalian tertarik untuk bisa ke tengah Rawa Pening, bisa dengan menyewa perahu motor dengan tarif Rp 30.000,- selama 30 menit untuk 6 orang. Kalian bisa menyusuri luasnya danau Rawa Pening sambil menikmati keindahan pemandangan alam.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Pesan Hotel Murah, Wisata di Semarang, dan Tiket Pesawat Murah

5. Eling Bening

eling bening, Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang

Wisata alam favorit di Kabupaten Semarang berikutnya adalah Eling Bening. Eling Bening merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi tak jauh dari Rawa Pening. Tempat wisata dibuka pada akhir tahun 2015 lalu dan langsung menyedot perhatian masyarakat. Eling Bening memiliki view pemandangan yang menakjubkan yakni 8 deretan pegunungan, persawahan, kebun kopi dan danau Rawa Pening. Dari sini kalian juga bisa melihat indahnya matahari terbit atau matahari terbenam.

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, Eling Bening menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari restoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound hingga camping ground. Ada juga fasilitas lain mulai dari archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows hingga flying fox. Kelebihan lainnya adalah tempat parkirnya yang luas dan akses jalannya yang lebar.

Resto Eling Bening menyediakan berbagai menu masakan nusantara seperti sup, ayam goreng, aneka ikan bakar, cah sayur, pecel, sayur asem, mie lontong dan menu lainnya yang bisa kalian nikmati.

5 destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Semarang ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Berwisata di alam bebas membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih fresh.

So Ezytravelers, ayo kita bertualang menikmati alam!

(Visited 106 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'5 Destinasi Wisata Alam Favorit di Kabupaten Semarang' have 4 comments

  1. March 29, 2017 @ 9:04 am Nyi Penengah Dewanti

    Rawa pening, curug bidadari aku belum

    Reply

  2. April 6, 2017 @ 3:18 pm Travelingika

    yang belum saya kunjungi cuma Curug Bidadari 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool