5 Kafe di Semarang Dengan Desain Rumah Kontainer

Penggunaan box container sebagai bagian dari desain interior rumah mungkin sudah menjadi hal umum di negara-negara di Eropa. Bagaimana dengan di Indonesia? Dan bagaimana jika konsep tersebut diterapkan dalam desain bangunan sebuah kafe? Di kota Semarang sendiri kita bisa menemukan konsep unik tersebut pada beberapa kafe yang kini sedang populer di kalangan anak muda. Box Container memiliki tantangan tersendiri ketika dijadikan sebagai desain interior, antara lain bahannya yang cenderung bikin suhu panas apalagi jika terpapar sinar matahari. Namun, tentu saja hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara tanpa harus mengurangi nilai estetika bangunan.

Nah berikut ini akan saya ulas 5 kafe di Semarang yang menggunakan konsep box container sebagai desain bangunannya.

1. Momow Leker & Kerang
momow-leker
Kafe yang menjual menu leker dan kerang ini cukup populer di kalangan anak muda kota Semarang. Cafe ini juga menggunakan box container sebagai tempat nongkrong sembari menikmati leker dan kerang. Ada banyak varian leker yang bisa Anda icip, mulai dari pisang cokelat, pisang stroberi, pisang blackcurrant dengan harga Rp3.500 – Rp4.000. Sedangkan untuk pisang cokelat dengan berbagai isi seperti durian, jeruk, keju, kismis dan mete, dibanderol dengan harga Rp5.500 – RpRp 7.000. Sedangkan untuk menu kerang, Kerang-kerang tersebut dimasak menjadi berbagai olahan seperti direbus, goreng, asam manis dan gongso pedas, yang bisa juga disantap dengan nasi hangat. Momow Leker & kerang berada di Jalan Durian Banyumanik serta di Jalan Veteran, Semarang.

2. Clapper Cafe
clapper
Clapper Movie Cafe ini berlokasi di Jalan Jati Raya, persis di samping Gedung Pertemuan Karina. Saat datang ke sana, interiornya sudah terlihat menarik. Salah satu bagian dari kafe ini merupakan sebuah box container yang sudah tidak terpakai, dan dimanfaatkan sebagai ruangan indoor. Sedangkan di bagian lainnya sedikit lebih terbuka dan terdapat layar untuk menonton film. Di sana kita juga bisa menemukan beberapa koleksi figur mini tokoh-tokoh terkenal dalam film seperti Star Wars. Uniknya lagi, nama menu yang disajikan di Clapper Cafe ini semuanya berhubungan dengan film. Misalnya “Darth Vader Fried Oreo” yang merujuk pada salah satu tokoh dalam film Star Wars. Atau menu minuman Fresh Milk bernama “Pamela Anderson”, yang merujuk pada salah satu pemeran serial Baywatch. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri karena hampir setiap sudut di Clapper Cafe bernuansa film.

3. BlackBone Coffee and Bistro
blakbone2
BlackBone Coffee and Bistro berlokasi di Jalan Durian Raya Banyumanik. Di bagian indoor sangat yaitu dalam box containter terasa sangat nyaman dengan tata letak yang menarik. Sementara itu di area outdoor telah disiapkan banyak kursi kayu serta ditambah dengan panggung kecil untuk live music. Berbagai makanan ringan hingga berat bisa kamu nikmati di sini. Penggunaan box container di Black Bone Cafe ini terbilang cukup estetis dari segi arsitektur bahkan jauh dari kesan sempit, peti kemas ditata bersusun menjadi dua lantai untuk ruangan indoor.

4. Ibarbo Pasta & Pizza
iabrbo
Ibarbo merupakan sebuah kafe yang menyajikan berbagai menu pasta dan pizza lezat. Berlokasi di Jalan Tirto Agung, Tembalang dan Jalan Veteran, Ibarbo menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda di Semarang. Di kedua cabangnya tersebut cafe ini menggunakan box container sebagai dasar bangunannya, namun box container tersebut digunakan sebagai area dapur dan kasir, sementara itu pengunjung bisa menikmati menu yang disajikan di sisi luar atau outdoor.

5. Loffle Pop Up Dessert
loffle-pop-up-dessert
Loffle ini kafe yang khusus menyediakan menu dessert seperti ice cream, fruit salad, sandwich dan lain sebagainya. Lokasinya sangat strategis di kawasan Tembalang yang kebanyakan warganya adalah mahasiswa. Tidak perlu khawatir karena harga menu di Loffle berkisar belasan ribu saja, cukup bersahabat di kantong. Loffle Cafe tepatnya berada di Jalan Tirto Agung, persis di depan Perumahan Graha Estetika. Bangunannya terbuat dari box container bersusun setinggi 2 lantai dan terbuka, sehingga kita bisa menikmati lalu lintas dan pemandangan yang menarik terutama dari lantai 2. Di sini juga disediakan berbagai permainan seperti uno, yang akan membuat kamu semakin betah berlama-lama nongkrong.

foto: @kristupa | @culinary_semarang | @infotembalang

5 Kafe di Semarang Dengan Desain Rumah Kontainer
Vote Us
(Visited 1,035 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'5 Kafe di Semarang Dengan Desain Rumah Kontainer' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool