masjid di kota semarang

5 Masjid Favorit untuk Sholat Ied di Kota Semarang

Selain untuk tempat ibadah umat muslim, keberadaan sebuah masjid juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan keagamaan umat muslim. Ketika Bulan Ramadhan seperti saat ini, masjid akan ramai dikunjungi oleh umat muslim untuk beribadah. Seiring berjalannya waktu, sebuah masjid dibangun dengan megah dan luas agar bisa menampung lebih banyak jamaah ketika ada kegiatan keagamaan atau agenda sholat dengan jamaah yang sangat banyak. Seperti Solat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha. Berikut beberapa masjid favorit untuk Sholat Ied di Kota Semarang.

 

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terletak di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang. Bisa dijangkau dalam waktu 15 menit dari kawasan Simpang Lima Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

masjid di kota semarang

Masjid Agung Jawa Tengah diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki desain arsitektur yang menggabungkan gaya arsitektural Jawa, Islam, dan Romawi. Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan enam payung raksasa yang hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu. Termasuk ketika Sholat Ied. Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung jamaah hingga 10.000 jamaah.

Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Antara lain adalah convention hall, perpustakaan, pusat oleh-oleh, kantin, menara, museum perkembangan agama Islam, dan area parkir yang luas. Selain itu, Masjid Agung Jawa Tengah sering digunakan untuk kegiatan olahraga, wisata, dan keagamaan. Hal ini menjadikan Masjid Agung Jawa Tengah sebagai salah satu masjid favorit untuk sholat Ied di Kota Semarang.

masjid di kota semarang

 

2. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman terletak di Jalan Pandanaran, Semarang. Tepatnya di seberang Lapangan Simpang Lima. Masjid Baiturrahman mulai dibangun pada 10 Agustus 1968 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Bangunan Masjid Baiturrahman memiliki bentuk limas.

Selain untuk ibadah umat muslim, masjid Baiturrahman juga digunakan sebagai pusat dakwah agama Islam, kegiatan keagamaan, dan area bisnis yang berhubungan dengan keagamaan. Selain itu, di kompleks masjid juga terdapat sekolah TK dan SD. Masjid Baiturahman bisa menampung sebanyak kurang lebih 10.000 jamaah. Pelataran masjid sering digunakan untuk area shalat ketika Shalat Ied. Karena terletak di pusat kota, Masjid Baiturrahman menjadi sebagai salah satu masjid favorit untuk sholat Ied di Kota Semarang.

masjid di kota semarang

 

3. Masjid Kauman

Masjid Kauman atau Masjid Agung Semarang merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Semarang. Diperkirakan mulai dibangun pada tahun 1743. Masjid Kauman terletak di Jalan Alun-Alun Barat No.11, Kelurahan Bangunharjo, Semarang. Seperti masjid-masjid kuno lainnya, Masjid Kauman juga berada di pusat kota (alun-alun), berdekatan dengan pusat pemerintahan, penjara, dan pusat perdagangan. Namun, saat ini masjid Kauman dikelilingi oleh pusat perdagangan.

Masjid Kauman menjadi pusat ibadah dan kegiatan keagamaan. Ketika Bulan Ramadhan seperti sekarang, setiap setelah shalat Dhuzur dan Ashar diadakan pengajian Al Qur’an dan kemudian dilanjutkan berbuka puasa bersama. Selain itu, Masjid Kauman selalu digunakan sebagai tempat prosesi Dugderan. Meskipun termasuk masjid tua dan memiliki banyak sejarah, Masjid Kauman memberikan kenyamanan dalam beribadah bagi umat Islam, termasuk ketika Shalat Idul Fitri. Karena masjid ini salah satu masjid tertua di Kota Semarang dan memiliki banyak sejarah, Masjid Kauman menjadi sebagai salah satu masjid favorit untuk sholat Ied di Kota Semarang.

masjid di kota semarang

 

4. Masjid Raya Al Muhajirin

Masjid Raya Al Muhajirin terletak di Jalan Cemara Raya No 1, Banyumanik, Semarang. Masjid Raya Al Muhajirin didirikan pada tahun 1983. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kecamatan Banyumanik. Masjid yang terletak di kawasan perumnas ini selalu ramai didatangi jamaah ketika waktu sholat telah tiba. Selain itu, masjid ini memiliki desain interior yang bisa membuat jamaah merasa nyaman ketika beribadah. Masjid Raya Al Muhajirin menjadi masjid favorit untuk sholat Ied di Kota Semarang, khususnya warga Kecamatan Banyumanik.

masjid di kota semarang

 

5. Masjid Kampus Universitas Diponegoro

Masjid Kampus Universitas Diponegoro (Undip) terletak di Jalan Pro. Soedarto, Tembalang, Semarang. Masjid ini berada di kompleks kampus Universitas Diponegoro. Diresmikan pada tanggal 4 Desember 2009 oleh Rektor Undip, Prof. DR. dr. Susilo Wiowo MS. Med, Sp.And. Arsitek Masjid Kampus Universitas Diponegoro adalah Prof. Ir. Totok Roesmanto M.Eng.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo hari raya dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

Masjid Kampus Universitas Diponegoro memiliki desain aristektur yang unik. Selain untuk ibadah, masjid ini juga digunakan sebagai tempat dakwah kampus dan kegiatan keagamaan lainnya. Masjid yang terletak di kawasan kampus ini menjadi salah satu masjid favorit untuk sholat Ied di Kota Semarang.

masjid favorit untuk sholat ied di kota semarang

*****

Demikian beberapa masjid yang bisa dijadikan pilihan untuk melaksanakan ibadah Sholat Ied ketika Idul Fitri maupun Idul Adha. Pilihan masjid yang tepat akan menambah kekhusyukan sahabat Ezytraveler dalam melaksanakan ibadah sholat.

5 Masjid Favorit untuk Sholat Ied di Kota Semarang
Vote Us
(Visited 652 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'5 Masjid Favorit untuk Sholat Ied di Kota Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool