Pantai di Kebumen

5 Pantai di Kebumen Yang Wajib Kamu Datangi

Ezytravelers, saat ini destinasi wisata pantai masih menjadi prioritas utama para pelancong untuk didatangi. Apalagi saat ini banyak pantai-pantai baru yang ditemukan dan dibuka untuk umum. Kabupaten Kebumen yang berada di daerah pesisir pulau Jawa merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pantai-pantai indah dan layak untuk dikunjungi. Ada sekitar 5 pantai di Kebumen yang wajib didatangi karena keindahannya.

Kabupaten Kebumen merupakan kabupaten yang sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga kita bisa menemukan banyak pantai di sana. Ciri khas pantainya adalah memiliki pasir hitam dengan karang-karang besar di sekitarnya. Sebenarnya ada banyak pantai di Kebumen yang bisa kalian kunjungi, tetapi saya rekomendasikan 5 di antaranya.

 

1. Pantai Suwuk

Pantai di Kebumen

sumber foto: ksmtour

Pantai Suwuk merupakan pantai berpasir hitam dan dikelilingi oleh batu-batu karang. Bukit-bukit nan hijau di sekelilingnya menambah indah pemandangan. Pantai Suwuk menjadi salah satu pantai di Kebumen yang cukup ramai dan termasuk destinasi wisata favorit di Kebumen.

Pengelola wisata pantai ini kini menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung seperti kamar mandi, tempat bilas, mushola hingga warung makan. Uniknya di sekitar pantai terdapat bangkai pesawat Garuda Boeing 737 yang mampu menyedot perhatian banyak orang. Saya sendiri kurang tahu bagaimana cerita tentang bagkai pesawat tersebut. Mungkin dulu ada kecelakaan pesawat di daerah sekitar pantai Suwuk.

Area pantai Suwuk cukup luas. Kita bisa berkeliling pantai dengan menunggang uda yang bisa disewa. Pantai Suwuk memang salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi wisatawan lokal. Tak heran kalau suasananya sangat ramai di saat-saat liburan.

Lokasi pantai Suwuk berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen. Akses menuju Pantai Suwuk ini tidak terlalu sulit. Ada beberapa rute yang bisa Ezytravelers pilih. Dari kota Kebumen pantai ini berjarak sekitar 50 Km, sedangkan dari Gombong bisa ditempuh sekitar 25 menit saja. Jadi, tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke pantai ini dan merasakan betapa indahnya pemandangan dan segarnya angin pantai.

 

2. Pantai Menganti

Pantai di Kebumen

sumber foto: telusurindonesia

Ezytravelers, Pantai Menganti adalah salah satu pantai yang terbilang baru dan masih sepi. Lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti merupakan pantai cantik yang memiliki pasir putih dengan air laut yang sangat bersih.

Pantai Meganti dikelilingi oleh bukit yang cukup tinggi. Setelah pantai ini dikenal dan mulai didatangi  oleh banyak orang, beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan pantai dibangun diatas bukit. Sangat indah dan mengasyikan.

Sebelum dibuka untuk wisata umum, Pantai Menganti ini dulunya hanya digunakan sebagai pelabuhan nelayan. Tak heran kalau Ezytravelers akan menemui banyak sekali perahu nelayan yang bersandar disana. Pantai Menganti bisa kalian nikmati dari segala sisi, baik dari bibir pantai maupun dari perbukitan yang berada di sekitarnya. Memandangi pantai dari atas bukit bisa jadi pilihan selain bermain-main air di pantai.

 

3. Pantai Watu Bale

Pantai di Kebumen

sumber foto: ksmtour

Bisa dibilang Pantai Watu Bale merupakan obyek wisata pantai baru. Keberadaannya baru dikenal beberapa bulan terakhir. Meski begitu, pesona pantainya mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung. Pantai  Watu Bale bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 45 menit dari kota Gombong.

Hanya saja kendaraan tidak bisa mencapai lokasi, dan harus dilanjutkan dengan jalan kaki. Kita harus menempuh jalan yang cukup berkelok kelok dan menurun tajam sekitar 15 menit. Namun, rasa lelah akan terbayar saat kita mencapai atas batu karang dan memandang birunya laut dari atas.

Sejumlah wahana baru telah disiapkan untuk menarik minat pengunjung seperti wahana eprahu Titanic, tangga slogan, rumah kayu dan lainnya. Spot-spot cantik ini biasanya dijadikan tempat untuk  foto-foto. Air laut yang hijau kebiruan dan langit yang biru menjadi latar belakang sempurna bagi kita yang suka berfoto-foto.

Kalau perut mulai lapar, kita juga bisa menemukan pedagang makanan yang menjual aneka minuman segar dan makanan seperti lontong sayur, nasi pecel dengan lauk mendoannya yang hangat. Tak perlu khawatir soal harga, karena dengan Rp2000 hingga Rp10.000 sudah bisa membuat perut kita cukup kenyang.

Sementara, untuk tiket masuk hanya sebesar  Rp15.000  termasuk parkir kendaraan.

 

4. Pantai Karangbolong

Pantai di Kebumen

sumber foto: dokumentasi pribadi

Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai di Kebumen yang cukup terkenal dan sering dijadikan tujuan wisata para pelancong. Pantai ini berlokasi di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen, dan memiliki pasir berwarna abu-abu.

Di sekitar pantai terdapat sejumlah batu karang yang menambah keindahan pantai ini. Lokasi Pantai Karangbolong ini berdekatan dengan Pantai Suwuk, jadi suasana pantainya tidak jauh berbeda dengan Pantai Suwuk.

Dinamakan pantai Karangbolong karena di bagian timur pantai ini terdapat sebuah goa batu karang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pantainya. Goa batu karang ini memiliki panjang 30 meter, lebar 10 meter serta tinggi 5 meter. Goa Karangbolong ini menjadi salah satu spot favorit para pengunjung untuk foto-foto. Di sekitar pantai juga banyak tumbuh pohon kelapa yang menambah keindahan panorama pantai. Jadi ingat lagu “Rayuan Pulau Kelapa” nih.

Ezytravelers perlu tahu bahwa ombak di pantai Karangbolong ini cukup tinggi, jadi para pengunjung dihimbau untuk tidak berenang di pantai demi keselamatan. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa bermain di pantai ini. Kita tetap bisa bermain air di bibir pantai tetapi juga harus memperhatikan keselamatan diri, ya.

 

5. Pantai Ayah/Logending

Pantai di Kebumen

sumber foto: telusurindonesia

Pantai Ayah biasa disebut juga sebagai pantai Logending. Pantai Ayah atau pantai Logending  merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kebumen. Meski berpasir hitam, pesona pantai Ayah ini tetap memukau. Buktinya pantai ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Pantai Ayah merupakan sebuah pantai berpasir hitam dengan area yang cukup luas, mirip dengan Pantai Parangtritis di Jogja. Sebagai pantai yang menjadi obyek wisata populer, pantai Ayah ini memiliki sederet fasilitas. Kalian bisa berkeliling pantai dengan kuda atau ATV yang bisa yang bisa kalian sewa. Kalau ingin bermain air, ada banyak kamar mandi atau kamar ganti yang bisa digunakan untuk membersihkan diri dan mengganti baju.

Pantai Ayah atau pantai Logending ini juga merupakan muara dari sungai Bodo yang mengalir di Kebumen. Sungai Bodo ini merupakan pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Kalau kalian ingin menikmati pemandangan di sekitar muara sungai, bisa menggunakan jasa perahu yang banyak tersedia.

Selain pemandangan laut, Pantai Ayah atau Logending juga memiliki pemandangan hutan yang dimiliki oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan. Hutan tersebut merupakan hutan wisata, jadi kita bisa berkunjung ke sana. Saat berkunjung ke Pantai Ayah, kita juga bisa bermain di sekitar hutan.

So Ezytravelers, kapan kalian main ke pantai-pantai di Kebumen?

 

5 Pantai di Kebumen Yang Wajib Kamu Datangi
5 (100%) 1 vote
(Visited 812 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'5 Pantai di Kebumen Yang Wajib Kamu Datangi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool