5 Tempat di Kabupaten Karanganyar yang Harus Kamu Kunjungi

5 Tempat di Kabupaten Karanganyar yang Harus Kamu Kunjungi
5 (100%) 1 vote

Halo Ezytravelers, Kabupaten Karanganyar sangat dikenal oleh wisatawan dengan air terjun Grojogan Sewu dan air terjun Jumog. Kedua air terjun sangat dikenal oleh wisatawan dan telah menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupuaten Karanganyar. Selain kedua air terjun ini, lima tempat harus dikunjungi ketika Ezytravelers berkunjung ke Kabupaten Karanganyar.

1. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning terletak di Desa Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Sekitar 28 Km dari Kota Solo.  Kebun Teh Kemuning memiliki luas area sekitar 437 Ha dengan ketinggian 800 hingga 1540 mdpl. Kebun Teh Kemuning berada di kaki Gunung Lawu. Saat ini, Kebun Teh Kemuning dikelola oleh PT. Sumber Abadi Tirta Sentosa.

Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning menawarkan pemandangan berupa hamparan kebun teh. Pada pagi hari, kawasan kebun teh seringkali diselimuti kabut yang berasal dari Gunung Lawu. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama di Kebun Teh Kemuning, seperti trekking, kemping, outbound, bersepeda, dan fotografi. Selain itu, Ezytravelers juga bisa melihat aktivitas memetik teh yang dilakukan oleh para perempuan.

2. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu. Candi Cetho diperkirakan dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit (sekitar abad ke-15 Masehi). Terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1496 mdpl, tepatnya di Dusun Ceto, desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Candi Cetho menjadi salah satu jalur pendakian untuk mendaki Gunung Lawu.

Candi Cetho

Ezytravelers hanya perlu membayar Rp 7.500/orang untuk memasuki area Candi Cetho. Candi Cetho masih sering digunakan sebagai tempat sembahyang bagi umat agama Hindu. Maka sangat dianjurkan kepada pengunjung untuk menjaga ketenangan selama berada di kawasan Candi Cetho. Karena letaknya yang berada di lereng gunung, kawasan Candi Cetho sering diselimuti kabut. Kabut ini menambah kesan romantis dan mistis di candi ini. Candi Cetho buka mulai pukul 08:00-17:00.

Candi Cetho

3. Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker merupakan salah satu rumah teh yang ada di kawasan KebunTeh Kemuning. Rumah Teh Ndoro Donker terletak di jalur utama menuju kawasan Kebun Teh Kemuning dan Candi Cetho, tepatnya di Jalan Afdeling Kemuning No 18, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Rumah Teh Ndoro Donker didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada Tuan Donker, seorang botanist Belanda yang mengajari masyarakat desa Kemuning cara menanam teh.

 

Rumah Teh Ndoro Donker menyediakan berbagai variasi rasa teh. Seperti jasmine tea, green tea, orange tea, lemon tea, peach tea, ocha tea, mint tea, white tea, chinese tea, blackcurrant tea, dan blueberry tea. Minuman teh dijual dalam ukuran per cangkir atau per teko. Harga bervariasi, tergantung jenis varian teh yang dipesan. Selain itu, Rumah Teh Ndoro Donker juga menjual berbagai camilan dan makanan. Rumah Teh Ndoro Donker buka mulai pukul 09:00. Ketika akhir pekan, Rumah Teh Ndoro Donker selalu dipadati oleh pengunjung.

Rumah Teh Ndoro Donker

4. Candi Sukuh
Seperti Candi Cetho, candi sukuh juga merupakan candi bercorak agama Hindu. Candi Sukuh terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Dibangun pada abad ke-15 Masehi, tepatnya pada masa Kerajaan Majapahit.  Terletak di ketinggian 910 mdpl. Candi Sukuh memiliki bentuk candi yang berbeda dengan candi-candi Hindu lainnya. Relief dan arca Candi Sukuh masih terlihat bagus dan unik. Saat ini, Candi Sukuh sedang dalam proses pemugaran.

Candi Sukuh (sumber: KSMtour.com)

5. Jalan Lintas Provinsi

Jalan lintas provinsi menghubungkan antara Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah dengan Kabupaten Magetan di Jawa Timur. Seperti halnya jalan di pegunungan, jalan lintas provinsi ini juga berkelok-kelok. Ditemani udara segar dan pemandangan perkebunan warga di lereng bukit.

Sepanjang jalan lintas provinsi banyak warung-warung yang menawarkan berbagai menu. Mulai dari mi goreng, mi ayam, bakso, sate, nasi goreng, bakmi goreng, hingga wedang ronde. Di jalan provinsi ini terdapat beberapa area outbond dan hutan pinus yang disediakan untuk pengunjung. Selain itu, dua jalur pendakian Gunung Lawu juga terdapat di jalan lintas provinsi ini. Tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati kuliner sembari menikmati udara dingin. Setiap akhir pekan, jalan lintas provinsi ini selalu ramai dikunjungi warga. Baik warga sekitar, maupun warga dari luar kota.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Cari hotel di Semarang, promo menarik, dan tiket murah ke Semarang
(Visited 134 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'5 Tempat di Kabupaten Karanganyar yang Harus Kamu Kunjungi' have 4 comments

  1. January 2, 2017 @ 12:14 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    Jalan lintas propinsi nya indah pemandangannya yaaaa

    Reply

  2. February 14, 2017 @ 6:56 pm Hidayah sulistyowati

    Asik loh mampir ngopi sambil makan gorengan di jalan lintas provinsi, tapi cepet dingin juga minumannya

    Reply

  3. April 6, 2017 @ 3:21 pm Travelingika

    Waaah saya jadi kepingin ke Karanganyar abis baca postingan ini.. makasih yaa udah bikin pengen kesana.. 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool