Trek lari di semarang

5 Trek Lari/Joging Favorit di Semarang

5 Trek Lari/Joging Favorit di Semarang
4 (80%) 2 votes

Olahraga lari belakangan ini makin populer di kalangan kaum urban. Acara berlari seperti juga tidak ada habisnya mewarnai kalender event di setiap kota, termasuk aktivitas lari di Semarang. Mulai dari lari yang sekadar untuk hiburan seperti Fun Run, lari malam hari, maraton, sampai trail run dengan medan yang cukup ekstrem.Lari termasuk olahraga yang mudah dan murah. Perlengkapan yang utama untuk olahraga ini adalah sepatu, Iya, sepatu. Bahkan bila kakimu cukup sakti, bisa lari tanpa alas kaki, istilah kerennya adalah barefoot atau nyeker. Cukup langkahkan kaki dan mulailah berlari. Namun kalau lari di trek yang sama, tempat yang sama, dan orangnya itu itu saja, lari bisa jadi membosankan, bukan? Misalkan kamu sudah puas lari di sekitaran rumah dan ingin mencari trek baru yang lebih menarik dan menantang, berikut ada 5 tempat atau trek alternatif favorit untuk berlari di Semarang yang bisa kamu coba:

trek lari di semarang kodam

1. Trek Lari Lapangan KODAM

Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, sering disingkat “KODAM”. Markas Komando berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Banyumanik. Trek lari berupa aspal dengan panjang 600 meter dalam 1 kali putaran. Bayangkan, lari 10 kali putaran, otot kaki sudah bermutasi seperti ukiran Jepara. Udaranya cukup bersih, nyaman dan adem karena masih banyak rumput dan pepohonan hijau. Yang menjadi nilai plus adalah lokasinya dekat dengan kolam renang. Jadi bisa renang dulu sebelum lari, atau renang setelah setelah berlari, anggap saja sebagai relaksasi kaki. Takut lari sendirian? Jangan takut, mbak, diajeng, dik ayu, kalau sore banyak mas mas tentara yang latihan lho.

trek lari di semarang unnes

2. Trek Lari Lapangan Atletik UNNES

Pasukan nyeker alias barefoot silakan merapat ke sini, pasti kalian suka. Trek lari di lapangan UNNES ini begitu empuk, berwarna merah bata dan terbuat dari karpet sintetis. Telapak kaki bakal dimanjakan di setiap langkahnya. Panjang lintasan sejauh 400 meter dalam sekali putaran. Kalau pagi sebelum jam 8 udaranya masih sejuk dan segar. Di UNNES juga ada kolam renang, lapangan sepak bola, basket dan tenis. Selain berlari di lapangan, jalanan kampus juga begitu sejuk dan tak boleh terlewatkan seperti di kawasan Rektorat, sekali putaran panjang hampir 1 kilometer dengan trek naik turun. Lapangan memang terbuka untuk umum namun harus tetap patuhi aturan dan tata cara berlari di lajur yang benar.

3. Stadion Tri Lomba Juang

Lapangan Tri Lomba Juang (MUGAS). Stadion yang berada ditengah kota Semarang ini sangat ramai di hari libur dan sore hari. Jadi tidak perlu malu atau takut kalau kamu lari sendirian, di sini banyak temannya. Cari teman hidup juga bisa, deh kayaknya. Yang spesial adalah lapangan ini buka sampai jam 18:15, sangat menyenangkan bukan? Misalkan sepulang kerja, lalu ingin lari sampai malam, langsung saja ke sini, masih ramai kok. Cuma ya itu, lintasan agak kurang nyaman karena masih berdebu dan bikin sepatu cepat kotor.

trek lari di semarang segitiga emas

4. Trek Lari Segitiga Emas Semarang

Segitiga Emas semarang alias rute legendarisnya komunitas pecinta pelari semarang, yaitu Jl. Pemuda – Gajahmada – Pandanaran dengan check  point Balaikota – Masjid Baiturrahman – Lawangsewu. Jalur ini selalu ramai dengan para pelari setiap hari Kamis malam, Selasa malam atau Minggu pagi. Bila tidak sempat lari pagi karena kuliah atau kerja, bisa ikut nimbrung lari malam dengan komunitas Semarang Runners pada hari tersebut. Kamu gak akan berlari sendirian, banyak teman yang akan dengan senang hati menemai. “pacer” istilah kerennya. Dalam satu kali putaran bisa mencapai sejauh 5 kilometer. Jalurnya cukup nyaman dengan trotoar yang lebar dan berada di pusat kota semarang. Namanya juga tengah kota, pasti ramai. Jadi kita harus ekstra hati hati terhadap kendaraan bermotor dan pengguna jalan yang lain. Safety first.

trek lari di semarang kodam undip

5. Area Kampus UNDIP Tembalang

Trek lari di UNDIP terhitung cukup lengkap, ada trek untuk latihan naik turun, jalur datar juga banyak,  mau latihan nanjak yang bikin betis kekar juga tersedia. Trek lari mendatar bisa di Stadion UNDIP, panjang lintasannya 400 meter. Bila capek berlari, bisa istirahat sambil menikmati semilir angin di Waduk Pendidikan UNDIP. Kemudian yang suka medan menanjak dan Trail run, bisa lari lari di belakang kampus UNDIP, di sana masih banyak hutan yang masih bisa kamu eksplorasi. Pepohonan di kawasan kampus juga begitu asri dan teduh, saya paling suka spot ini ketika pagi dan sedikit berkabut, suasananya ajaib. Recomended untuk sekadar jalan jalan asyik sambil foto foto kekinian, sekaligus cuci mata karena populasi mahasiswi yang berolahraga di pagi dan sore hari cukup banyak.

Nah, ini baru 5 trek lari Favorit di Semarang yang paling hits, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat dan lintasan yang asyik untuk dijadikan trek lari dan belum tereksplorasi. Jadi, masih bingung mau lari di mana? sama siapa? sini, saya temenin lari.

(Visited 4,055 times, 11 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'5 Trek Lari/Joging Favorit di Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool