makanan khas lebaran

7 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Dicoba

Ezytravelers, meski Lebaran masih beberapa minggu lagi tapi boleh lah ya, saya tuliskan 7 makanan khas Lebaran yang wajib dicoba saat Lebaran. Kenapa wajib? Iya, karena kalian akan selalu terkenang pada makanan-makanan khas ini setelah mencobanya.

Kota Semarang sendiri memiliki makanan khas Lebaran yang sebenarnya hampir sama dengan daerah lain. Sebut saja Ketupat, Lepet, Sayur Lodeh, Opor  Ayam, Semur Daging dan Sambal Goreng Ati. Tetapi ada satu jenis masakan yang paling khas dari Semarang dan nggak akan bisa kalian temui di daerah lain yaitu Petis Bumbon.

Oke, mari kita bahas satu per satu makanan khas Lebaran ini ya, Ezytravelers!

Ketupat

makanan khas lebaran

Ketupat hampir selalu ada di setiap daerah, termasuk Semarang. Makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus menggunakan daun kelapa (janur) ini merupakan makanan yang selalu ada setiap Lebaran. Butuh waktu yang cukup lama untuk memasak ketupat agar bisa bertekstur lembut dan rasanya enak. Ketupat lebih sedap jika dimasak menggunakan kayu bakar. Biasanya ketupat lebih sedap jika disantap bersama sayur lodeh, opor ayam atau semur. Duh, jadi pengen segera Lebaran nih, Ezytravelers.

Opor Ayam

makanan khas lebaran

Opor ayam hampir dipastikan selalu ada di meja makan saat Lebaran. Opor ayam adalah masakan yang diberi bumbu rempah-rempah dan diberi santan. Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Opor Ayam biasanya disantap menggunakan ketupat atau lontong. Sebenarnya nggak hanya saat Lebaran saja kita bisa menikmati Opor Ayam. Tapi kalau Opor Ayam disantap bersama ketupat dalam suasana Lebaran, tentu rasanya jadi beda. Apalagi disantapnya bersama-sama keluarga, lebih nikmat rasanya.

Semur Daging

makanan khas lebaran

Salah satu menu yang nggak boleh ketinggalan saat Lebaran adalah Semur Daging. Semur ini adalah daging sapi yang dimasak menggunakan rempah-rempah seperti cengkeh, pala, merica dan kayumanis hingga empuk. Rasanya manis dan khas.

Sepertiya masakan ini mengadaptasi dari masakan Belanda. Ada beberapa masakan yang rasa dan tampilannya mirip dengan semur, yaitu Selat Solo. Semur daging ini bisa disantap menggunakan ketupat ataupun nasi. Pasti kalian semua pernah nyobain makan semur, kan.

Sambal Goreng Ati

Hidangan lebaran tak lengkap rasanya kalau tidak ada masakan yang satu ini. Citarasanya yang pedas jadi salah satu makanan favorit saat lebaran tiba. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau masakan ini berbahan hati (bisa ati ampela ayam atau hati sapi). Beberapa orang sering mencampur sambal goreng ati dengan kentang, tapi saya lebih suka hati dengan cabai yang banyak saja. Sensasi pedasnya lebih terasa.

Sayur Lodeh Labu Siam

makanan khas lebaran

Sayur Lodeh labu siam juga salah satu masakan yang tak boleh ketinggalan saat Lebaran. Biasanya Sayur Lodeh ini disajikan bersama lontong atau ketupat. Kuahnya santannya yang berwarna kemerahan semakin menerbitkan selera makan. Sayur Lodeh labu siam ini paling nikmat disantap bersama pelengkapnya seperti kerupuk udang. Duuh, nikmatnya.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo hari raya dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

Petis Bumbon

makanan khas lebaran

Ezytravelers tahu Petis Bumbon?

Makanan khas lebaran yang mirip dengan sambal goreng dan hanya dapat ditemukan di Semarang ini  menggunakan bumbu khas, yakni petis banyar. Petis Bumbon berwarna sedikit kecoklatan dan encer sebab bahan membuat petis ini menggunakan ikan banyar.

Petis Bumbon ini juga menggunakan bumbu rempah seperti temu kunci yang aroma dan rasa rempahnya membuat masakan ini jadi khas. Isian dari Petis Bumbon ini antara lain telur bebek, udang, tahu dan krecek rambak. Untuk membuat Petis Bumbon juga memerlukan waktu yang agak lama untuk menghasilkan Petis Bumbon yang legit dan berminyak. Kalian penasaran kan, bagaimana rasa Petis Bumbon ini?

Lepet

makanan khas lebaran

Lepet adalah sejenis penganan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur kacang tolo yang dimasak dengan santan dan dibungkus menggunakan daun kelapa atau janur. Lepet dibuat dengan cara mengukus beras ketan hingga setengah matang, lalu dicampur dengan santan, daun pandan dan garam.

Campuran ini diaron hingga kandungan santan terserap ketan. Selanjutnya campuran ketan dan santan ini dicampur dengan kacang tolo dan kelapa parut kemudian dibungkus menggunakan janur dengan cara dililitkan memanjang. Setelah dibungkus dan diikat dengan tali, kemudian dikukus hingga matang.

Proses membuatnya yang cukup lama sebanding dengan rasanya yang legit. Lepet bisa dimakan begitu saja tanpa dicampur apapun, tapi kalau saya sih lebih suka di cocol dengan Petis Bumbon atau sambal. Enak banget, deh rasanya.

Itu dia 7 makanan khas lebaran yang selalu ada di meja makan setiap keluarga di Semarang, Ezytravelers. Adakah makanan khas lebaran lain di daerah kalian? Boleh loh, di share di sini.

7 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Dicoba
3.3 (66.67%) 3 votes
(Visited 216 times, 2 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'7 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Dicoba' have 2 comments

  1. June 6, 2017 @ 2:48 pm Astin Astanti

    Lepetnya bikin kepingin nich, itu ada isiannya pula y

    Reply

  2. June 7, 2017 @ 5:52 am ade anita

    di antara 7 masakan di atas, cuma petis bunbon yang belum pernah aku coba, belum pernah lihat juga seperti apa penampakannya. Jadi, itu gulai dikasi petis? rasanya apa ya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool