museum kereta api

7 Museum di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Happy holiday, Ezytravelers….

Senang ya tentunya liburan jelang akhir tahun. Mana liburan akhir tahun tuh pasti berbarengan dengan liburan sekolah. Udah pada jalan-jalan kemana saja nih? Udah pernah nyoba liburan dengan mengunjungi 7 museum di Jawa Tengah?

Ada yang pernah bilang kalau museum itu tempat yang sangat membosankan untuk dikunjungi. Lhooo… itu mungkin dulu ya, saat museum belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Meskipun faktanya masih ada beberapa yang belum maksimal perawatannya, tapi Ezytravelers perlu tau loh manfaat berkunjung ke museum tuh :

  • Memancing imajinasi
  • Meningkatkan rasa ingin tau
  • Melihat hal-hal di luar keseharian
  • Menambah referensi
  • Membiasakan interaksi dengan orang banyak
  • Belajar menghargai sejarah

Nah, bener kan… selain bersenang-senang mengunjungi tempat wisata lainnya, penting juga loh belajar sejarah dan mengetahui berbagai macam hal yang tidak kita temui di keseharian. Misalnya nih tentang meriam yang dulu dipergunakan jaman perjuangan, tentang asal-usul manusia yang ditandai dengan karakteristik tulang tengkorak yang berbeda, bahkan tentang kemajuan peradaban dari tahun ke tahun.

Yuukk… kita lihat saja, saat liburan dan berkunjung ke Jawa Tengah, apa saja sih 7 museum di Jawa Tengah yang layak dikunjungi.

1. Museum Ronggowarsito

7 museum di jawa tengah museum ronggowarsito

Yang lagi berkunjung ke kota Semarang, sepertinya kurang afdol ya kalau enggak mampir ke museum yang satu ini. Letaknya tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani. Tepat di bundaran yang akan membawa kita ke bandara, berdiri di bagian selatan Museum Ronggowarsito yang beralamat di Jl. Abdulrahman Saleh no. 1.

Apa saja sih isi museum yang satu ini?

Museum Ronggowarsito terdiri dari 4 gedung, dan masing-masing gedung menyimpan koleksi yang berbeda-beda. Di Gedung A, Ezytravelers bisa mempelajari sistem pembagian jaman yang pernah ada di bumi. Ada koleksi bebatuan, meteorit, bebatuan mineral hingga batu mulia. Pada lantai 2 Gedung A ini kita bisa belajar tentang Paleontologi, yaitu bukti-bukti sejarah terkait dengan kehidupan di jaman purba. Ada berbagai fosil yang berasal dari jaman purba sehingga kita bisa tau kehidupan di masa dahulu.

Adapun di gedung berikutnya, berturut-turut di Gedung B tersimpan peninggalan yang berkaitan dengan peradaban manusia, seperti peninggalan khas jaman Hindu, Buddha, dan masa-masa Islam masuk ke Pulau Jawa. Sedangkan di Gedung C, kita bisa melihat koleksi sejarah yang berkaitan dengan persenjataan. Bisa ditebak kan ya kalau ruangan ini bakalan memamerkan sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia di masa lalu. Dan yang terakhir Gedung D akan menambah wacana kita seputar pembangunan, numismatik, heraldik, tradisi Nusantara, ruang intisari dan hibah.

Sudah pernah berkunjung juga ke sini : Kampung Petualang Dusun Cuntel?

 

2. Museum Kretek Kudus

Selain di pusat ibukota Jawa Tengah, ada baiknya di musim liburan disempatkan berkunjung pula ke Kudus. Ada salah satu museum di Jawa Tengah yang menarik di sana.

museum kretek merupakan 7 museum di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi

Meski gerakan anti rokok terus digalakkan, namun keberadaan Museum Kretek di Kudus tetap layak diapresiasi. Museum yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 1986 ini dimaksudkan untuk menunjukkan perkembangan kretek yang sangat pesat di tanah Jawa, khususnya di Kudus. Kata kretek sendiri berasal dari bunyi ‘kretek-kretek’ saat gulungan daun jagung kering yang membungkus tembakau dan cengkih terbakar oleh api dan kemudian dihisap oleh penikmat kretek tersebut.

Di Museum Kretek, Kalian bisa mengenal sejarah kretek mulai dari sejarahnya hingga perkembangan proses produksinya. Semula kretek diproduksi secara manual, kemudian dalam perjalanannya berubah menggunakan mesin modern. Ezytravelers juga bisa mengetahui siapa saja tokoh penting yang berperan besar dalam industri kretek di Indonesia. Ada 1.195 koleksi bersejarah yang berkaitan dengan dunia kretek yang bisa kita temukan di museum ini.

Bagi Ezytravelers yang ingin berkunjung, Museum Kretek beralamat di Jl. Getas Pejaten no. 155, Jati, Kabupaten Kudus.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Nah, kalau Ezytravelers ingin menyusuri jejak-jejak masa lampau seputar perkeretaapian, udah paling pas nih menyempatkan diri mengunjungi museum yang satu ini. Pada lokasi yang sama, dulunya museum di Jawa Tengah ini memang stasiun kereta api. Jaman jaya-jayanya dulu, kereta api uap yang ada di museum ini beneran menjalankan fungsinya sebagai moda transportasi, hilir mudik dari Stasiun Willem I (namanya di jaman penjajahan Belanda) menuju tempat-tempat lain.

Kereta api uap jaman kuno itu masih bisa jalan kah?

Masih dong. Kereta api uap bergerigi yang sangat unik ini, satu dari tiga yang tersisa di seluruh dunia, masih beroperasi sebagai kereta wisata. Asyik deh berkeliling Ambarawa naik kereta uap ini.

4. Museum Diponegoro

museum diponegoro magelang

Bagi yang gemar dengan sejarah perjuangan bangsa, tentunya tau bahwa dulu Belanda pusing tujuh keliling dalam menghadapi  pasukan Pangeran Diponegoro. Selama 5 tahun berperang, Belanda belum juga dapat membekuk sang pangeran. Oleh sebab itu, Belanda menggunakan akal liciknya dengan mengajak Pangeran Diponegoro berunding di tempat yang saat ini dijadikan Museum Diponegoro ini. Di sanalah Pangeran Diponegoro ditangkap dengan cara licik dan kemudian diasingkan ke Sulawesi hingga akhir hayatnya.

Ezytravelers yang ingin berkunjung ke museum ini, gampang saja kok karena Museum Diponegoro berada di dalam areal Gedung Karesidenan Kedu di Jl. Pangeran Diponegoro.

5. Museum Sangiran

museum sangiran jawa tengah

Satu lagi nih museum di Jawa Tengah yang menarik, tepatnya di Kalijambe Kabupaten Sragen. Apanya yang bikin menarik sih?

Museum Sangiran menjadi sangat istimewa karena letaknya berdekatan dengan area situs fosil purbakala yang sudah masuk menjadi UNESCO World Heritage Site. Museum Sangiran sekaligus situs arkeologinya  tak hanya menarik sebagai objek wisata, namun juga merupakan area penelitian seputar kehidupan praserajah paling penting dan paling lengkap di Asia.

6. Museum Gula

Selama ini saat membubuhkan gula ke dalam minuman, apakah Ezytravelers pernah berpikir untuk tau bagaimana sejarah produksi gula itu sendiri? Di Jawa Tengah ada lhooo museum yang menampilkan proses pembuatan gula. Bahkan diklaim sebagai satu-satunya museum gula di Asia Tenggara. Wiihh…keren yaaa

museum gula klaten jawa tengah

Di museum ini ditampilkan bagaimana gula diperoleh mulai dari perkebunan tebu hingga diproses menggunakan mesin giling khusus. Dulu, tebu-tebu hasil panen akan diangkut masuk ke Pabrik Gula Gondang Winangoen menggunakan lori-lori. Kini lori tersebut sudah tidak difungsikan lagi, namun ada lokomotif yang masih digunakan sebagai sarana wisata edukasi, memutari bangunan lama pabrik gula hingga ke kawasan pabrik yang masih aktif digunakan untuk memproduksi gula.

Tak hanya wisata museum saja yang ditawarkan di sini loh. Ada juga green park-nya, terdiri dari flying fox, wisata air, terapi ikan, pijat batu, juga ada D’Gonba Resto. Komplit kaaan?

Yuk kunjungi museum di Jawa Tengah, eits, pesan tiket pesawat ke Semarang, hotel di Semarang dulu ya! Jangan lupa ambil promo tiketnya!

 

7. Museum Old City 3D Trick Art

Nah, jika sudah berkunjung ke museum yang berkaitan dengan sejarah, Ezytravelers bisa juga loh bersuka ria penuh jiwa narsis di museum dengan nuansa yang berbeda.

old city 3d trick art museum semarang

Old City 3D Trick Art berada di kawasan kota lama Semarang, tepatnya satu kawasan dengan Gereja Blendhuk yang menjadi salah satu ikon landmark Semarang. Pada saat liburan yang lalu, tiket masuknya seharga Rp. 60.000 per orang. Cukup lumayan juga ya, Ezytravelers. Namun cucok banget loh dengan membayar tiket seharga segitu namun kita dapat menjajal semua wahana yang ditawarkan. Kita bisa seakan-akan berada di berbagai negara lain, berada dalam pose-pose ajaib yang menakjubkan, bahkan bisa berada di dunia fantasi dengan berbagai karakter yang sudah ngetop di seluruh dunia.

Penasaran, silakan langsung cuuuzz ke Jl. Letjen Suprapto no. 26 Semarang, dekat dengan resto Ikan Bakar Cianjur yang ada di kawasan Kota Lama.

Gimana Ezytravelers, sudah enggak beranggapan kalau berkunjung ke museum di Jawa Tengah itu membosankan toh? 🙂

 

7 Museum di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
5 (100%) 1 vote
(Visited 626 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'7 Museum di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi' have 1 comment

  1. January 4, 2017 @ 9:52 am Dewi 'Dedew' Rieka

    wah bisa ni batreferensi jalan-jalan seru bareng anak-anak makasih artikelnya yaa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool