Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur, Wisata Alam Pegunungan di Semarang

Air Terjun Kali Pancur, Wisata Alam Pegunungan di Semarang
5 (100%) 1 vote

Salah satu bentuk rekreasi dengan tema alam pegunungan adalah berwisata ke air terjun. Ada beberapa tempat wisata di Semarang yang berupa air terjun, namun air terjun Kali Pancur ini merupakan air terjun dengan medan jalan yang relatif paling bersahabat, dibandingkan yang lainnya, sebutlah air terjun / curug Benowo. Selain karena lebih bagus medan jalannya, juga jarak yang harus ditempuh dengan jalan kaki tidak terlalu jauh. Karena lokasi air terjun ini tidak sampai 1 km dari pintu masuk atau tempat parkir kendaraan.

Tempat Wisata di Semarang

Di sepanjang jalan menyusuri anak tangga menuju lokasi air terjun, gemericik air hampir terdengar di sepanjang jalan, di samping itu pemandangan yang hijau dan udara yang sejuk menjadikan kawasan wisata ini bisa dijadikan salah satu tempat untuk menyegarkan kembali tubuh setelah berada dalam hiruk pikuk kota. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini dihiasi bebatuan alam dan juga goa goa kecil tempat bersarang burung walet.

Kalipancur Semarang

Air Terjun di Semarang

Wisata di Semarang

Berada pada punggungan gunung telomoyo yang mengarah ke danau rawa pening. Selain terdapat air terjun di sepanjang punggungan gunung ini, juga memiliki banyak tebing batu andesit yang memiliki ketinggian bervariasi, mulai dari 20 meter sampai 100 meter. Tak beda jauh dengan berwisata ke Candi Gedong Songo yang cuaca bisa berubah dengan cepat, yang tiba tiba hujan dan baru sebentar kembali reda, mungkin sebaiknya mempersiapkan diri dengan membawa payung.

Setelah sampai di bawah menikmati keindahan alam Air Terjun Kali Pancur ini sebaiknya menghemat tenaga, istirahat sebentar dengan memesan mie instan yang dijajakan ibu ibu warga sekitar di dekat air terjun, selain menghangatkan tubuh juga sedikit menambah tenaga yang lumayan terkuras waktu menuruni anak tangga menuju lokasi air terjun. Karena untuk kembali pulang pengunjung harus menyusuri kembali satu per satu anak tangga yang menanjak tersebut.

Tempat Liburan di Semarang

Bagaimana menuju Air terjun Kali Pancur ini?
Kali Pancur di sini bukanlah Kalipancur yang berada di area paling timur kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, atau yang berada dekat greenwood, melainkan di dekat Salatiga, tepatnya di Kabupaten Semarang. Tepatnya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga.

Untuk bisa mencapai lokasi obyek wisata air terjun ini tidak ada sarana transportasi umum yang benar benar sampai di lokasi, jadi harus membawa kendaraan sendiri. Namun seandainya terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Kopeng Salatiga, dan setelah sampai di Desa Wates Kec. Getasan, bisa kemudian jalan kaki atau dengan naik ojek sekitar 3 km. Keadaan jalan menuju lokasi ini relatif bagus, hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi jalannya agak sempit.

Di sepanjang perjalanan pengunjung dapat melihat keindahan alam lereng Gunung Merbabu dan gunung Telomoyo. Tempat parkir kendaraan di air terjun kali pancur ini cukup luas, berada pada koordinat GPS 110, 25′ 21.37″BT 7, 21′ 41.5″LS. Lokasi air terjun kalipancur ini sekitar 900m dari pintu masuk, jalanan cukup terjal meski sudah ada tangga permanen. Jadi kondisi fisik sebaiknya cukup fit sebelum menuju lokasi tempat wisata Semarang yang satu ini.

(Visited 12,604 times, 3 visits today)



'Air Terjun Kali Pancur, Wisata Alam Pegunungan di Semarang' have 9 comments

  1. April 13, 2015 @ 3:20 pm Dwi Pramono

    Lha rak tenan… kirain Kalipancur di Ngaliyan, ternyata di Kabupaten Semarang. Ini lokasi bekas patahan yang bagus untuk mahasiswa kelompok geo (geografi/geologi) semester awal

    Reply

  2. April 13, 2015 @ 4:38 pm munif

    keren air terjunnya…
    eh selain mi instan ada menu lain ga tuh don?

    Reply

  3. April 14, 2015 @ 2:31 pm Hidayah Sulistyowati

    Aku kira kalipancur greenwood, hihiii
    Anak tangga ada berapa ratus itu Don, elus2 engkel kaki 😉

    Reply

    • April 14, 2015 @ 3:17 pm Sriyono Suke

      800 an katanya mbak, nunggu kereta gantungnya dibuat saja mbak 😀

      Reply

  4. April 16, 2015 @ 5:29 pm Slamet Riyadi

    suasana alam kalipancur ini juga keren lho suasananya.

    Reply

  5. July 1, 2015 @ 2:05 pm Nanai

    saya dari kuala lumpur.. rencana untuk ke Semarang sekitar Oktober.. munkin air terjun ini bole menjadi salah satu destinasi waktu saya disana… bisa camping ngak disini?

    Reply

  6. July 16, 2015 @ 6:57 pm okter syahenza

    mas,mbak, air terjune ini tempate dimana ya ?, saya tanya sana sini gal ada yang tau iwg.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool