alun alun bung karno

Alun-alun Bung Karno di Ungaran Semarang

Alun-alun Bung Karno di Ungaran Semarang
5 (100%) 1 vote

Jika kalian liburan di Semarang, sempatkan mengunjungi alun-alun Bung Karno di Kota Ungaran.

Ungaran terletak sekitar 18 km dari Kota Semarang. Untuk kesana pun mudah. Kita bisa lewat jalan tol Semarang-Ungaran yang pemandangannya menakjubkan. Atau mencoba Trans Semarang, moda bus ala Trans Jakarta, yang nyaman dan murah-meriah.

Alun-alun Bung Karno terletak tak jauh dari pintu keluar tol Ungaran di daerah Kalirejo. Alun-alun yang diresmikan Juni 2014 oleh Bupati Semarang, Bapak Mundjirin, punya sederet fasilitas yang mengasyikkan.

akun-alun semarang ungaran

Ada lapangan besar yang dikelilingi jogging track, sebuah aula, gerai makanan dan minuman, arena skateboard, panggung, panjat dinding hingga taman bermain anak.

Alun-alun menjadi sarana untuk berolahraga atau sekedar bersantai warga. Sore hari, dimanfaatkan para orangtua membawa anaknya bermain. Jogging track seputar lapangan bisa menjadi tempat anak-anak bermain sepatu roda, skuter, dan permainan lainnya.

alun alun ungaran

TIKET PESAWAT MURAH KE SEMARANG

Tidak punya sepatu roda? Banyak pedagang menyewakan sepatu roda dari ukuran anak hingga dewasa serta mainan lain. Sepatu roda hanya Rp.10.000 dan kita bisa bermain sampai puas. Beberapa komunitas juga menggunakan alun-alun sebagai tempat nongkrong. Misalnya komunitas pesawat remote control, capoeira, silat hingga penggemar tupai papua sugar glider. Seru!

Bahkan pencinta panjat dinding, skateboard dan sepeda gunung, dimanjakan. Tersedia arena skateboard yang besar dan cukup menantang. Arena panjat dindingnya baru selesai dibangun.

Arena Skateboard

Alun-alun juga cantik untuk berfoto. Tulisan Ungaran di sisi air mancur apik dijadikan latar. Adapula air mancur cantik yang biasanya dinyalakan pada hari Minggu pagi. Ada pancuran air untuk anak-anak main basah-basahan.

Main air

Anak-anak bisa bermain di taman bermain gratis. Sayangnya, kurang terawat. Di sore hari, ada semacam pasar malam, dimana anak bisa bermain kereta mini, kolam pancing, odong-odong yang murah-meriah.

Lapar? Ada banyak pedagang makanan dan minuman berjualan di gerai khusus. Hari biasa, mereka berdagang mulai pukul 15.00. Banyak pilihan mulai dari siomay, soto hingga sate kelinci. Kopi klotok Pak Sadar yang legendaries pun berjualan disana.

Kemeriahan alun-alun terasa Minggu pagi. Pedagang menggelar dagangan di pasar kaget. Mulai dari buah-buahan, peralatan rumah tangga, baju hingga yang jual ayam ketawa pun ada! Kemeriahan ini ditambah dengan hadirnya mobil buku dari Perpusda Ungaran dengan koleksi buku anak yang bagus.

Mobil Buku di Ungaran Semarang

Sayangnya, kesadaran pengunjung akan kebersihan kurang. Sampah berserakan saat pasar kaget. Alun-alun jadi kurang nyaman. Alun-alun Bung Karno bisa jadi pilihan tempat wisata saat teman-teman liburan di Semarang.

(Visited 7,969 times, 2 visits today)


About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Alun-alun Bung Karno di Ungaran Semarang' have 13 comments

  1. March 2, 2015 @ 7:05 pm Uniek Kaswarganti

    Itu air mancurnya keren banget yaaaa.. nggak kalah sama yg di Taman Pintar yo Makdew? 😉

    Reply

  2. March 2, 2015 @ 10:35 pm Hidayah Sulistyowati

    Terpesona sama air mancurnya, kayak terowongan gitu ya 😀

    Reply

  3. March 3, 2015 @ 9:00 am slamsr

    saya sepertinya kurang beruntung.
    belum pernah ketemu air mancur yang lagi mancur…
    tapi tiap sabtu pagi ikutan joging

    Reply

  4. March 3, 2015 @ 10:07 am munif

    Ungaran semakin keren ya, makin lengkap tempat wisatanya…

    Reply

  5. March 3, 2015 @ 10:26 am rahmiaziza

    Kapan2 pengen juga ah olahraga pagi di alun2 ungaran, pulangnya mampir rumah makdew mintak makan :p

    Reply

  6. March 3, 2015 @ 8:57 pm Lestari

    Pantes Alde Nai betah nongkrong di alun-alun. Tuh air mancurnya aja keren gitu :p

    Reply

  7. March 5, 2015 @ 12:20 pm Inung Djuwari

    wahhh kerennn bangettt alun2 Ungaran….

    Reply

  8. March 5, 2015 @ 8:39 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    @rahmi: ayoook, tar kutraktir gudeg miiii 😀

    Reply

  9. March 6, 2015 @ 12:42 am Dian Nafi

    eh ternyata ada patung pak Karnonya ya:)

    Reply

  10. March 6, 2015 @ 1:30 pm menik

    makdew, ini alun-alun yang kadang buat berhenti bus sebelum Terminal Ungaran bukan?kalo iya, sayang sekali saya gak sering lewat tapi gak pernah eksplore T_T

    Reply

  11. March 7, 2015 @ 7:38 pm Johanis Adityawan

    ini yang ada kopi klothok juga ndak ya

    Reply

  12. November 24, 2015 @ 11:18 am sofwan

    indahnya daerah ku,,,

    Reply

  13. May 18, 2016 @ 2:46 pm Obat Flu Batuk

    waah, keren banget ya, tempat maennya asik, enak buat nongkrong. kayanya kesana gak bakal dosen deh ya..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool