Babat Gongso

Babat Gongso Semarang Bikin Ketagihan

Babat Gongso Semarang Bikin Ketagihan
5 (100%) 1 vote

Salah satu andalan wisata Semarang adalah kulinernya. Berbagai menu kuliner khas yang nikmat menggoda, mudah ditemui di kota yang terkenal dengan sebutan Kota Lumpia ini. Salah satu menu legendaris yang sayang untuk dilewatkan saat liburan di Semarang adalah Babat Gongso.

Tidak seperti soto, tahu gimbal atau lumpia yang mudah dijumpai di kota ini. Kuliner khas Babat Gongso memang belum banyak ditawarkan. Namun bagi yang pernah mencoba menu ini, rasanya yang nikmat dan khas bikin ketagihan.

Jika ingin mencoba lezatnya babat gongso, ada dua tempat yang biasanya menjadi rujukan para pecinta kuliner. Yaitu di Pak Taman di daerah Stadion Diponegoro tidak jauh dari Simpang Lima dan di Pak Karmin dekat Jembatan Berok, tidak jauh dari Pasar Johar. Kedua warung ini terletak di tengah kota Semarang.

Kuliner di Semarang

Warung Pak Taman di dekat Stadion Diponegoro

Babat Gongso bisa dikatakan merupakan salah satu warisan kuliner nusantara karena ramuan bumbunya telah lintas generasi. Menurut beberapa sumber, Pak Karmin adalah orang yang pertama memperkenalkan menu ini di Semarang. Sejak tahun 1954, dia telah mulai menawarkan berbagai olahan menunya. Baru pada sekitar tahun 1971, warung Pak Karmin menetap di dekat jembatan Mberok, hingga saat ini telah dikelola oleh generasi kedua.

Selain di Mberok, Warung Pak Karmin sekarang juga telah membuka beberapa cabang. Bahkan, warung Pak Taman yang kini telah sama terkenalnya, juga merupakan salah satu penerus Pak Karmin. Pak Taman adalah mantan karyawan dan masih ada ikatan keluarga dengan Pak Karmin.

Memang selain di warung Pak Karmin dan Pak Taman, menu babat gongso sekarang juga mulai ditawarkan di beberapa warung di Semarang sebagai pilihan menu. Namun tentunya olahan khas warisan Pak Karmin yang telah terkenal kenikmatannya, tetap menjadi buruan utama. Baik di warung Pak Karmin Mberok ataupun di Pak Taman yang berada di Jalan Stadion Selatan.

“Bumbu yang kami racik tidak berbeda dengan bumbu pada umumnya. Yang namanya bumbu, beda yang meramu bisa beda rasanya. Banyak orang bilang babat gongso di tempat kami lebih gurih dan babatnya empuk. Bumbu babat gongso di sini sama dengan bumbu nasi goreng yang kami tawarkan,” ungkap Pak Taman yang sudah berjualan di samping Stadion Diponegoro sejak 1986 ini.

Ada dua pilihan Babat Gongso yang ditawarkan di warung Pak Taman, yaitu babat sapi saja atau dengan jeroan. Rasanya sama nikmatnya, tergantung selera kita. Harga yang ditawarkan untuk keduanya sama, satu porsi sekitar Rp 20 ribuan.

Setiap hari warung Pak Karmin atau Pak Taman, buka dari pagi hingga sore. Tidak hanya babat gongso, di sini kita juga bisa menikmati menu khas lain, yaitu nasi goreng babat, yang menjadi menu utama di warung ini.

(Visited 3,528 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Babat Gongso Semarang Bikin Ketagihan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool