Bakmi Jawa Pak Gareng Yang Legendaris di Semarang

Bakmi Jawa Pak Gareng Yang Legendaris di Semarang
5 (100%) 1 vote

Penggemar Mi tidak boleh melewatkan warung bakmi jawa yang satu ini, yaitu Bakmi Jawa Pak Gareng yang namanya begitu melegenda di Kota Semarang. Bakmi Jawa atau biasa disebut Mi Jowo sebenarnya tidak berbeda dengan olahan bakmi pada umumnya, hanya saja ada beberapa bahan dan cara mengolah yang sedikit berbeda.

Bakmi Jawa Pak Gareng sudah ada sejak 45 tahun yang lalu atau tepatnya tahun 1970. Awalnya Pak Gareng, pemilik gerobak Mi Jawa berjualan keliling di sekitaran Jalan Wot Gandul. Bertahun-tahun, kemudian Pak Gareng membuka warung sendiri, walaupun sempat pindah dua kali tetapi masih di area Wot Gandul, Pecinan Semarang. Akhirnya sekitar tahun 1990an Bakmi Jawa Pak Gareng menetap di Jalan Wot Gandul Dalam nomor 173, Semarang hingga saat ini. Untuk menjangkau lokasinya, kita bisa lewat Jalan Gajahmada kemudian masuk gang Wotgandul Dalam, cukup mengikuti jalan saja hingga bertemu dengan warung Bakmi Pak Gareng yang berada di kanan jalan. Saat ini Bakmi Pak Gareng bisa juga ditemukan cabangnya di Food Court Mall Ciputra Semarang.

mi pak gareng

Cita rasa Bakmi diwarung Pak Gareng ini disesuaikan kesukaan orang Semarang pada umumnya yang lebih suka manis. Tidak hanya menu bakmi goreng dan rebus saja, di sini kita bisa memesan menu lainnya seperti Nasi goreng/rebus atau Bihun goreng/rebus. Semuanya dapat dijangkau dengan harga Rp14.000 saja. Untuk menu minum seperti warung pada umumnya menyediakan teh atau jeruk. Disediakan juga sate ayam kampung yang khas jika kita ingin menambahkannya sebagai lauk, dengan bumbu bawang rasanya begitu gurih.

Bakmi Jawa Pak Gareng tidak hanya digemari warga Semarang saja, namanya sudah terkenal hingga ke luar kota. Terhitung beberapa artis ibu kota pernah datang dan menikmati Bakmi Pak Gareng ini antara lain Dian Nitami, Mathias Muchus, Arie Sihasale, hingga produser film Ada Apa Dengan Cinta? Mira Lesmana. Ada pula pejabat publik yang sempat datang ke sini seperti Jenderal Kapolri Bambang Hendarso Danuri dan Ibu Sri Mulyani.

pak gareng

Salah satu yang membuat Bakmi Pak Gareng spesial adalah resepnya yang menggunakan mi buatan sendiri, serta ayam suwirnya menggunakan ayam kampung. Telur yang digunakan pun bukan telur ayam, melainkan telur itik. Kuah kaldu yang digunakan saat memasak adalah kaldu asli dari ayam kampung jago (pejantan kampung). Sebelum digoreng atau direbus, bakmi direndam dulu di kuah kaldu tersebut, tidak heran cita rasanya juara.

Gerobak yang digunakan untuk memasak berada di bagian luar warung, sehingga kita bisa melihat langsung proses pembuatannya yaitu dimasak di atas bara api (arang). Konon proses tersebut yang membuat aroma bakmi jawa semakin terasa ciri khasnya dan dikangeni banyak orang.

(Visited 1,980 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Bakmi Jawa Pak Gareng Yang Legendaris di Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool