Bandeng Kropok Semarang

Bandeng Kropok Khas Semarang, Resep Tempo Dulu yang Kian Digemari

Nama bandeng cukup identik dengan Kota Semarang, tentu karena Bandeng Presto menjadi salah satu oleh-oleh khas kota ini yang telah dikenal secara luas. Tidak hanya bandeng presto tentunya, jika Anda liburan ke Semarang berbagai menu olahan dari bandeng bisa Anda coba di kota ini. Salah satu yang banyak digemari adalah Bandeng Kropok.

Jika bandeng presto dikenal dengan rasanya yang gurih dan durinya yang lunak, bandeng kropok juga dikenal karena rasa khas bandeng yang gurih dan cita rasa pedasnya. Siraman saus dan sambal pada bandeng kropok, membuat menu ini sangat kuat cita rasa gurih dan pedasnya.

Bandeng Kropok

Saat ini untuk mendapat menu bandeng kropok memang tidak semudah mendapat bandeng presto. Salah satu tempat yang dikenal sebagai pelopor bandeng kropok di Semarang adalah di Baron, tempat makan apung di atas tambak dengan konsep pondok lesehan dan rekreasi pemancingan. Lokasinya terletak di Jalan Puri Anjasmoro Blok N1 Semarang. Di Tempat tersebut juga ada beberapa pemancingan yang menawarkan konsep yang hampir sama.

Menurut penuturan Gunawan, pemilik Baron, dia telah menawarkan bandeng kropok sebagai menu unggulan sejak pertama membuka usaha kulinernya, yaitu pada 1 Januari 2001. Resep bandeng kropok itu sendiri, menurut Gunawan, sebetulnya adalah menu tempo dulu yang dia coba untuk memperkenalkan kembali.

Kenikmatannya bandeng kropok yang khas, terutama pada sausnya yang merupakan perpaduan rasa asam, manis, dan asem. Ditambah aroma jeruk limau yang harum, menggugah selera makan Anda untuk segera menyantapnya. Tidak heran jika menu ini semakin dikenal luas, dan mulai ditawarkan di beberapa rumah makan seafood di Semarang.

Baron Semarang

Menu bandeng kropok kini telah banyak dikenal sebagai menu khas Semarang dan banyak diburu para pelancong. Jika Anda menyukai suasana bersantap dengan hembusan angin pantai, tentu Baron dan beberapa tempat sejenis di sekitarnya sangat tepat untuk menyantap menu ini. Namun jika Anda ingin menyantapnya di ruangan, Anda bisa mencoba di beberapa rumah makan seafood di tengah kota Semarang.

Sebagai kota yang berbatasan langsung dengan pantai, Semarang memang menawarkan aneka menu seafood yang khas dan menggoda. Tidak hanya di restoran atau pemancingan, di kaki lima pun Anda dengan mudah menemukan warung seafood yang siap memanjakan lidah. Selain bandeng kropok, masih banyak menu khas Semarang lainnya, seperti mangut kepala manyung dan mangut belut.

Jalan-jalan di Semarang tentunya tidak lengkap jika tidak berburu aneka kuliner khas kota yang memiliki wilayah pantai dan pegunungan ini. Jika Anda penggemar aneka olahan menu dari hasil laut atau air, menu bandeng kropok, mangut kepala manyung, mangut belut, maupun serimping, tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Bandeng Kropok Khas Semarang, Resep Tempo Dulu yang Kian Digemari
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,699 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Bandeng Kropok Khas Semarang, Resep Tempo Dulu yang Kian Digemari' have 4 comments

  1. June 24, 2015 @ 1:53 pm Suzan

    waduh jadi pengen makan Bandeng buat berbuka sore ini mas

    Reply

  2. June 24, 2015 @ 2:26 pm Sriyono Suke

    Paling nggak seru dari mbaron adalah live music nya di sore hari itu, alias ndangdutan gedombreng gedombreng uhuhuhu….

    Reply

    • July 6, 2015 @ 11:49 pm Farah

      Baron…??makanannya enak…live musicnya itu yg g kuku…bikin sakit telinga…xixixixi….

      Reply

    • July 6, 2015 @ 11:49 pm Farah

      Baron…??makanannya enak…live musicnya itu yg g kuku…bikin sakit telinga…xixixixi…..

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool