Omah Mode Kudus

Belanja, Makan, dan Berenang di Bangunan Bersejarah, Omah Mode Kudus

Belanja, Makan, dan Berenang di Bangunan Bersejarah, Omah Mode Kudus
5 (100%) 1 vote

Belanja, Makan, dan Berenang di Bangunan Bersejarah, Omah Mode Kudus.

“Di Omah Mode, ada kolam renangnya lho Mbak,” kata adik saya ketika kami sedang berdiskusi, enaknya malam ini kita nongkrong dimana. Kami sama-sama lagi pulang kampung ke Kudus dan biasanya menyempatkan untuk nongkrong bareng ditempat kekinian.

“Hah? Yang bener?” setengah kaget saya bertanya. Sudah lama sekali memang saya tidak menyambangi Omah Mode Kudus. Dulunya Omah Mode ini hanya merupakan factory outlet yang menjual berbagai macam produk fashion. Beberapa waktu kemudian disediakan pula semacam cafe sehingga kita bisa sejenak santai di sana. Dan sekarang sudah ada kolam renangnya?? OMG, betapa kudetnya saya. Apalagi ternyata keberadaan kolam renang ini sudah cukup lama. Penelusuran saya di internet menyimpulkan bahwa sejak tahun 2010 kolam renang ini sudah ada! Ya ampyuun nampaknya saya kebanyakan nongkrong di warteg nih 😀

Saya lantas penasaran seperti apa penampakan Omah Mode sekarang. Kamipun memutuskan untuk nongkrong di sana malam itu.

Omah Mode Kudus

Penampakan depan Omah Mode Kudus

Penampakan dari depan masih sama seperti yang dulu.  Teras rumah yang lebar. Pilar-pilar yang besar, kusen-kusen kayu jati tua yang tebal dan bercat serta daun pintu dan jendelanya yang ganda. Nampak jelas pengaruh loji atau Belanda yang sangat kuat.

Menurut beberapa informasi yang saya dapat, Omah Mode merupakan salah satu bangunan kuno bersejarah dan termasuk sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) yang dirawat dan dilestarikan. Bangunan kuno ini dibangun pada tahun 1836 milik seorang Letnan berkebangsaan Cina pada masa penjajah Belanda. Fungsi semula sebagai tempat tinggal, pada tahun 1928 beralih fungsi sebagai tempat pemerahan susu dengan merk OIB dari keluarga Ong Eng Bouw.

Karena perusahaan susu tersebut dirasa kurang nyaman dan dikhawatirkan menyebabkan polusi/pencemaran maka oleh ahli waris (Pemilik Sekarang Ibu Lisya Santoso,SH) dipindah ke daerah luar kota. Selanjutnya bangunan BCB ini pada bulan Juni tahun 2007 oleh pemiliknya dilakukan rehabilitasi, setelah mendapatkan izin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus dengan prinsip pelestarian dan pemanfaatan bangunan BCB. Sehingga keaslian bentuk, arsitektur dan struktur bangunan bangunan BCB ini masih dipertahankan.

Di bagian depan merupakan factory outlet yang menjual aneka ragam produk fashion. Mulai dari yang murah banget (kemarin saya menemukan obral baju 25 ribuan) sampai yang lumayan mahal seharga ratusan ribu.

Di teras belakang, kita akan menjumpai resto yang cukup luas. Meja dan kursi tertata rapi. Mau pilih duduk di kursi kayu, atau sofa yang empuk? Pilih di tempat teduh atau lebih suka yang beratapkan langit? Bisaaaa…

Kalau saya kemarin memilih duduk di dekat kolam renang. Anak-anak sudah pasti excited. Tapi kan sudah malam, sudah jam delapanan jadi mereka hanya nyemplung-nyemplungin kaki saja di kolam.

Omah Mode Kudus

Khusuk membaca buku menu 🙂

Tak berapa lama datang pelayan memberi buku menu. Kami memesan supreme pizza seharga Rp.65.000, tape bakar coklat keju seharga Rp.17.000, banana split, jus jambu, lemon squash, dan kopi.

Untuk rasa, cocok di lidah saya.  Supreme pizza yang saya pesan tidak setebal pizza hits yang franchisenya dimana-mana itu. Toppingnya berisi daging asap, bawang bombay, paprika, buah zaitun, dan keju mozarella. Pinggirnya crispy. Satu loyang terdiri dari 8 potong pizza. Cukuplah buat porsi berempat.

Omah Mode Kudus

Menu lain yang disediakan di sana ada capcay, sapo tahu, mie jawa, sandwich, lasagna, beberapa menu Thailand, tempe mendoan, dan masih banyak pilihan lainnya.

Jika tertarik untuk berenang, bisa membayar Rp.30.000/orang, nanti akan dapat free snack dan susu.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Pesan Hotel Murah, Tiket Pesawat Murah, dan Wisata di Semarang

Meski tempat ini udah instagramable banget, disediakan juga booth khusus foto di sini bagi yang kepengen foto-foto lucuk dengan beragam properti.

Omah Mode Kudus

Poto-poto lucuk di sini

Rasanya betah nongkrong berlama-lama di Omah Mode Kudus. Tapi sayang, sudah hampir jam sepuluh malam. Omah Mode sudah mau tutup. Anak-anak juga sepertinya sudah mulai mengantuk.

Omah Mode Kudus terletak di Jalan A.Yani, Panjunan, kota Kudus. Buka setiap hari mulai pukul 06.00-22.00. Dari pusat kota Semarang hanya sekitar 1,5 jam waktu tempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor. Nggak terlalu jauh kan 🙂

(Visited 92 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Belanja, Makan, dan Berenang di Bangunan Bersejarah, Omah Mode Kudus' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool