Beragam Menu Seafood Nan Menggugah Rasa di Ayam Goreng Mak Otong

Vote Us

Tinggal di kota Semarang yang terletak di pesisir Utara Laut Jawa, memiliki keuntungan yang menyenangkan. Terutama tentu saja kemudahan menikmati hasil laut yang berlimpah. Apalagi kami sekeluarga penyuka seafood. Dan kayaknya bagi warga Semarang, seafood Semarang merupakan makanan favorit.

Nggak bisa mengolah aneka seafood menjadi sajian menggugah selera keluarga?

Nggak perlu bingung deh. Apalagi kalau hanya menjamu teman yang datang dari luar kota. Cukup ajak saja keluarga atau teman menjelajahi kuliner di beberapa restoran atau warung makan yang menyajikan olahan seafood. Banyak banget restoran seafood di Semarang maupun warung tenda yang menawarkan sajian laut ini. Semuanya memiliki keunggulan bervariasi dalam rasa dan penyajian.

Saya dan suami bahkan sejak sebelum menikah senang banget menjelajah rasa kuliner di beberapa warung tenda. Favorit kami berdua sama, Kepiting asam manis. Kayaknya nggak variatif banget deh pesanan kami selalu itu lagi, itu lagi, hahaha.

Berjalannya waktu, kami punya restoran dan warung tenda favorit juga. Kami tipe pelanggan yang loyal banget deh. Kalau sudah merasakan kuliner di satu warung tenda atau resto, dan sangat suka dengan rasanya, pasti bakal balik lagi. Kadang malah suka ngajakin teman atau keluarga besar juga untuk ikut mencicipi kuliner favorit kami.

Namun kali ini justru saya dan suami yang mendapat undangan makan di salah satu restoran seafood di Semarang oleh seorang teman. Kami diundang untuk menikmati kuliner seafood di Mak Otong. Kebetulan dia kenal dengan pemiliknya dan sering banget mencicipi hidangan di sana. Salah satu restoran seafood di Semarang ini sederhana namun bersih. Nah ini penting banget ya agar pengunjung yang datang bakal nyaman menikmati hidangannya. Fasad depan tempat makan juga sederhana, namun  banget pada pengunjung. Komplit keterangannya, mulai dari jam buka dan tutup, hingga keterangan halal.

RM Mak Otong restoran seafood semarang

Masuk ke dalam ruangannya, terdapat beberapa meja panjang yang bisa menampung banyak tamu. Ada juga meja untuk empat pengunjung, cukup untuk keluarga kecil seperti saya dan suami.

Karena sudah menjelang makan siang, tentu saja saya langsung memesan menu yang cukup mengenyangkan. Saya pilih Bandeng Kropok, udah pengen banget mencicipi kuliner khas kota Semarang di Mak Otong. Ahhh, ternyata pilihan saya tak salah. Bandeng Kropok ini dimasak dengan cara digoreng hingga kering. Durinya juga sudah nggak ada, jadi tenang saja saya menikmatinya. Dagingnya kesat, bumbunya meresap sempurna. Sambalnya cukup lah pedasnya, dan rasanya enak banget. Sayangnya porsi sambal kurang banyak, kalo menurut saya yang penyuka sambal. Hmmm, bikin lapar deh kalo membayangkan rasa Bandeng Kropok ala Mak Otong ini, hahaha.

Bandeng Kropok

Teman saya, Wulan yang mengajak kami makan siang, memesan Gurami telor asin. Harga per onsnya IDR 9k, bisa pilih dimasakin apa saja sih sebenarnya. Harganya tetap sama. Ada Gurami masak asam manis, atau Gurami saus pedas. Kalo Gurami goreng atau Bumbu bakar harga per ons IDR 8k.

Gurami telor asin, restoran seafood di semarang

Pesanan Wulan dihantarkan dalam sajian yang menggugah selera. Saya sebenarnya sudah puas menikmati Bandeng Kropok, karena sudah pengen sejak lama. Tapi melihat penampilan Gurami telor asin, bikin saya berselera mencicipinya. Gimana nggak mupeng kalau melihat tumpukan filet ikan yang sudah dicampur adonan tepung, bumbu, dan telur asin. Saya mengambil satu potongan filet, dan menikmati rasa gurih, kaya bumbu, serta renyah namun tetap empuk.

Menu lain yang kami pesan adalah Cap Jai kuah. Sayurnya masih setengah matang, jadi enak saat dikunyah karena masih crunchy. Setiap gigitan sayurannya terasa kesegarannya. Kuahnya yang agak kental terasa lezat.

otong4

Sayuran lainnya masih ada lagi. Yaitu Brokoli salju. Semua kami pesan karena penasaran dengan namanya yang unik. Ternyata setelah disajikan, baru ngerti kenapa dinamakan Brokoli Salju. Menu ini terdiri dari brokoli yang ditumis dan masih setengah matang, kemudian diguyur kocokan putih telur yang berbumbu.

otong2

Mau tahu rasa Brokoli Salju?

Semacam sayur yang dilumuri toping saus dari kocokan putih telur berbumbu. Kalo menurut saya, toppingnya kurang berasa aroma rempah lada yang pedas. Tapi selera orang bisa saja kan berbeda, jadi kembali lagi deh pada pilihan masing-masing.

Sebenarnya menu di Mak Otong banyak banget jenisnya. Namun sesuai judul tempat makan ini yaitu Ayam Goreng Mak Otong, makanan andalannya tentu saja ayam goreng. Tapi saya belum pernah mencobanya. Nanti ya kalau kemari lagi, saya bakal pesan ayam goreng yang katanya punya rasa juara.

Menu nasi goreng atau nasgor nya pun komplit banget. Ada Nasgor Kepiting, Telor Asin, Seafood, Cumi Negro, atau Nasgor Ikan Asin. Sayuran lain adalah Terong yang dimasak dengan Telor Asin atau lada hitam. Ada olahan sayur kangkung dimasak beragam bumbu. Atau yang tidak suka seafood bisa loh pesan menu beragam jamur. Waaah, mesti kemari lagi buat mencoba beberapa menu menarik lainnya.

Siang yang terik di luar sangat cocok bila kami pesan minuman yang menyegarkan tenggorokan. Jadi di luar kebiasaan, saya memesan Es Jeruk. Teman-teman saya ada yang memesan Jeruk Panas, Jus Wortel, Lecy Squash, dan Lemon Squash.

otong6

Bingung Cari Penginapan di Semarang? Cari hotel murah di Semarang via ezytravel.co.id aja !! harga pasti murah.

Restoran Ayam Goreng Mak Otong memang tak semegah tempat makan yang menyajikan menu seafood lainnya di kota Semarang. Namun untuk urusan menu, saya jamin rasanya juara. Apalagi harga makanan di salah satu restoran seafood di Semarang ini tergolong terjangkau. Worth it deh dengan sajian menu tiap porsinya. Apalagi pelayanannya ramah dan menyenangkan. Berlama-lama di sini juga nggak bakal diusir, hihiii. Asik lah buat tempat hangout bareng teman. Kan kadang kita suka lupa diri kalau lagi ngobrol. Ternyata sudah dua jam ngomongin segala macam topik. Yuk deh nikmati seafood di tempat makan yang terletak di jalan KS. Tubun No. 28 Semarang.

Jam buka resto :
10.00 – 21-00

(Visited 184 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Beragam Menu Seafood Nan Menggugah Rasa di Ayam Goreng Mak Otong' have 4 comments

  1. October 17, 2016 @ 3:39 pm Vita Pusvitasari

    Mbak ayam gorengnya enak juga ya, penasaran juga rasa bandeng kropyoknya hehe

    Reply

  2. October 21, 2016 @ 1:01 pm Relita Aprisa

    Penasaran sama bandeng kropyok dan brokoli salju nya mba..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool