Berani Menerima Tantangan Dengan Arung Jeram di Sungai Elo Magelang

Berani Menerima Tantangan Dengan Arung Jeram di Sungai Elo Magelang
5 (100%) 1 vote

Pernah nonton film The River Wild yang dibintangi oleh Meryl Streep dan Kevin Bacon? Maryl Streep memerankan Gail Hartman, seorang ibu yang sangat menyukai olah raga dayung. Ternyata dulunya, Gail seorang ahli arung jeram. Gail bahkan pernah melintasi jeram dengan grade tertinggi. Melihat aksi Gail yang mengerahkan kekuatan lengan dan strategi melintasi jeram di beberapa lokasi sungai, saya ikut merasa tegang. Nyaris sepanjang film ada adegan yang sangat mendebarkan.

Tahu tidak, usai menonton film tersebut saya jadi pengen merasakan ketegangan berarung jeram. Merasakan perahu karet yang meliuk kena terjangan ombak. Menikmati tubuh yang basah oleh cipratan air. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin saya tersenyum senang.

Rupanya impian saya dikabulkan Tuhan. Tiba-tiba saja suatu hari suami mengirimkan sms, yang isinya adalah ajakan teman-teman kami akan berpetualang di alam bebas. Tepatnya kami akan arung jeram di Sungai Elo Magelang. Wowww, saya langsung mengiyakan ajakan tersebut. Mana mungkin saya menolaknya?

Melipir Yuk Ke Jembatan Biru Rawa Pening, Buat Melihat Senja

Minggu pagi, kami udah menetapkan meeting point di pelataran mall di Peterongan Semarang. Teman-teman yang membawa motor bisa menitipkan motornya di tempat parkir mall. Dan begitu semua peserta lengkap, kami langsung berangkat menuju kota Magelang. Sepanjang jalan kami sudah berkicau ramai, membicarakan rencana olah raga yang tak semua orang berani melakukannya. Saya sendiri sejak lama pengen sekali bisa merasakan uji adrenalin dengan berarung jeram di sungai yang berarus deras. Akhirnya hari ini, saya akan mengalami petualangan yang mendebarkan ini.

Tujuan kami adalah Kampung Ulu Resort yang terletak di Jalan Raya Borobudur Km 2, Mungkid, Magelang. Tak perlu bersusah payah untuk mencapai tempat tersebut. Setelah mampir sarapan agar kami nantinya kuat menggerakkan dayung, membelah perairan Sungai Elo Magelang. Kami pun melanjutkan perjalanan dari Mertoyudan, Magelang ke Kampung Ulu Resort. Kami mengambil belokan kedua yang menuju arah Candi Borobudur. Setelah berkendara sepanjang kurang lebih 2 km, tampak gerbang depan Kampung Ulu Resort. Gapura dengan ciri khas yang ada di pulau Dewata, menyambut kedatangan rombongan kami.

Kebetulan teman kami sudah memesan tempat untuk rafting. Namun tetap saja kami masih menanti giliran selama kurang lebih 2 jam. Ada fasilitas gazebo yang bisa dijadikan ruang tunggu. Tersedia pula musala dengan tempat wudu yang bersih. Sementara toilet terdapat di beberapa titik lokasi. Jumlahnya cukup memadai untuk kebutuhan pengunjung yang akan ganti pakaian atau mandi usai arung jeram.

Gazebo untuk tempat menunggu berukuran 6 M2, cukup untuk menampung sekitar belasan orang duduk di sana. Untung aja ada yang bawa buah dan sambal rujak. Kami menanti giliran berarung-jeram sambil makan rujak.

Setelah menunggu giliran cukup lama, sang pemandu pun memanggil nama kelompok kami. Yeaaay!

sungai elo magelang

Mobil angkot yang akan mengantarkan rombongan kami menuju lokasi arung jeram magelang telah siap. Dengan perahu karet yang diletakkan di atas kap, kami satu persatu masuk ke dalam angkot. Satu angkot bisa muat 12 orang. Sementara setiap angkot akan didampingi pemandu dan duduk di depan, di samping sopir.

Dan setelah berdesakan duduk di dalam angkot selama 20 menit, kami tiba di starting point. Beberapa tim pemandu menyerahkan jaket pelampung, helm dan dayung pada semua peserta. Semua peserta  harus mengikuti petunjuk pengamanan yang wajib dipatuhi. Beberapa aturan pun digulirkan, berharap kami mengingat dan menerapkannya nanti saat terjun ke sungai. Seperti gimana cara memegang dayung, menggerakkan dayung di air, atau gerakan apa yang perlu dilakukan ketika kapal terbalik di dalam air.

arung jeram magelang

Yang jelas sih, kalo kalian tak bisa berenang, Tak perlu cemas. Ada jaket pelampung yang aman, asal dipakai dengan benar. Semua kancing mesti dipasang dengan benar. Sayangnya saya dapat jaket yang kancingnya terlepas dua biji. Namun menurut pemandu, jaket yang saya pakai masih memenuhi kualifikasi standar keamanan.

Capek Beraktifitas? Melipir Cobain Mie Ayam Semarang Yuk!!

“Yang perlu diingat adalah, rafting di Sungai Elo Magelang ini aman. Tingkat kesulitannya juga menengah, berupa jeram dengan grade sekitar II hingga III.” tutur salah seorang pemandu.

So, don’t be afraid, just do it.
Masa sih tidak ingin nyemplung di sungai elo Magelang dan menikmati ayunan riak air sungai?!

eloI1

Usai pengarahan, kami membaca doa agar selama mengarungi Sungai Elo Semarang senantiasa dilindungi Yang Maha Kuasa. Dan, tiba lah saatnya pemandu menggiring kami menuruni jalanan menuju tepi sungai. Di sana beberapa perahu karet telah menanti kami. Setiap perahu diisi 6 penumpang dan 1 pemandu. Saya dan suami kebetulan berada di perahu yang sama. Ih, kayaknya suami sengaja memilih perahu yang sama dengan saya, hihii.

sungai elo

Begitu perahu mulai membelah air sungai, langsung dihantam jeram kecil. Cukup kaget juga karena air sempat masuk dan menggenang di dalam perahu. Saya agak panik juga, takut perahu kami terbalik. Namun rupanya ini adalah schock therapy agar kami tidak kaget bila nantinya bertemu jeram yang lebih tinggi grade-nya.

Perlu teman-teman ketahui, rute arung jeram dimulai dari Dusun Pare Desa Blondo, Mungkid, Magelang. Perjalanan menempuh arus sungai sepanjang 12,5 km. Tempat finish berlokasi di Dusun Bojong, Kelurahan Mendut. Yup, lokasinya berdekatan dengan Candi Mendut, sekitar 200 m.

rafting magelang

Belum hilang cemas melihat perahu nyaris penuh air, jeram berikutnya menyambut kami. Aiiih, kok saya malah menanti jeram lagi ya. Dan begitu pula dengan teman-teman saya. Alasannya sih karena begitu ketemu jeram, kami tak perlu mendayung, lengan  jadi tidak capek.

Tiap kali ada yang meniup peluit, pemandu kami meminta penumpang perahu menengok pada juru potret di pinggir sungai. Meski jantung mpot-mpotan, saat diminta action, tawa kami pun meledak penuh semangat.

Semangat Kakak! *cekrek!
Hohoho, ini lah alasan kami dilarang membawa kamera, karena semua hasil jepretan termasuk dalam harga paket rafting. Saat ini tiap perahu dikenakan tarif IDR 750K. Bisa diisi oleh 5 hingga 6 orang dan seorang pemandu.

arung jeram magelang

Takut nyemplung ke dalam sungai karena nggak bisa renang?

Nah, saya punya trik agar tubuh kita jangan sampai jatuh ke dalam sungai. Yang pertama adalah bersikap relaks, dan jangan  tegang. Nikmati arung jeram dan tetap mengikuti petunjuk Mas yang memandu di perahu. Ketika perahu akan melintasi jeram, pegang dayung dengan satu tangan dan tangan yang lain memegang tali yang tersedia di sekeliling perahu. Kemudian jatuhkan aja tubuh pada bodi perahu dan ikuti gerakannya tiap diayun jeram. Saya jamin tubuh kita tetap aman di atas perahu.

Dapatkan Tiket Pesawat Ke Semarang Harga Murah dan Nikmati Paket Wisatanya

Ini lah alasan mengapa sebelum mulai rafting, pemandu memberikan beberapa tips arung jeram. Maksudnya tentu saja agar saat di lokasi sungai, pemain bisa asyik menikmati rekreasi arung jeram dengan tetap mengutamakan keamanan.

Masih ingin tahu aksi kami saat tercebur di sungai? Yuk baca lanjutan cerita seru arung jeram di Sungai Elo Magelang seri ke-2 yaaa. Jangan lupa juga, sisihkan waktu untuk liburan ke Semarang agar hidup makin seru dan menyenangkan.

(Visited 218 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Berani Menerima Tantangan Dengan Arung Jeram di Sungai Elo Magelang' have 7 comments

  1. August 6, 2016 @ 8:52 am Diah

    Wah seruuuu….
    Kudu siap jamu tolak masuk angin kalau saya nih… Hehe

    Reply

  2. August 6, 2016 @ 3:24 pm Nurul Fitri Fatkhani

    Waah…kebayang serunya….pasti banyak yang berkunjung ya? Soalnya harus ngantri sampai 2 jam gitu. Kalo saya sih, masih agak takut, mungkin karena belum pernah ya…hehehe.

    Reply

  3. August 6, 2016 @ 5:14 pm Fakhruddin

    Angkot yg biasanya kependekan dari Angkutan Kota bisa berubah jadi AJur (Angkutan Arung Jeram) 😀 Seruuuu…..

    Reply

  4. August 7, 2016 @ 10:00 am Riski Ringan

    Jadi pingin kesana ^_^

    Reply

  5. August 7, 2016 @ 10:05 am Wuri Anggarini

    sungainya dalam nggak sih Mba? Saya pernah sekali rafting pas di Goa Pindul itu pun langsung kapok2 banget xD

    Reply

  6. August 8, 2016 @ 12:22 pm olive

    wah seru juga ya mba.. saya belom pernah arung jeram.. akan di coba seegera!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool