Masjid Menara Kudus

Berburu Oleh-oleh di Sekitar Masjid Menara Kudus

Berburu Oleh-oleh di Sekitar Masjid Menara Kudus
4.5 (90%) 2 votes

Jika Anda liburan di Semarang, sayang sekali jika tidak sekalian memanfaatkannya dengan mengeksplor kabupaten sekitar. Kudus misalnya.

Di artikel sebelumnya Anda sudah diajak mengunjungi objek wisata yang sangat tersohor di Kudus, yaitu Masjid Menara Kudus atau yang biasa disebut juga dengan masjid Al-Aqsho, karena karena menurut riwayat, batu pertama yang diletakkan untuk membuat masjid ini didatangkan dari Baitul Maqdis Palestina.

Setelah puas menikmati keunikan arsitektur Masjid Menara Kudus, mempelajari sejarahnya, berziarah ke makam Sunan Kudus, mengabadikan momen, atau bahkan ada juga yang merasa tak afdhol jika belum melaksanakan sholat di masjid ini, sekarang saatnya saya mengajak Anda berwisata belanja. Tak lengkap rasanya kalau berlibur tanpa membawa kenang-kenangan atau oleh-oleh yang khas dari daerah yang kita kunjungi. Kalau motto para onliner no pict=hoax, motto para tetangga atau kerabat dekat bisa jadi beda, no oleh-oleh=hoax hehehe.

Nah, di sekitar Masjid Menara Kudus, ternyata ada banyak orang berjualan oleh-oleh khas. Asyik kan, sekali merengkuh dayung dua tiga plau terlampaui.

Oleh-oleh khas Kudus apa saja sih? Yang paling terkenal adalah jenang. Makanan lainnya ada madu mongso yang berbahan dasar ketan hitam rasanya manis, ada kecut-kecutnya. Biasaya dibungkus kertas minyak warna-warni, tapi ada juga yang dibungkus plastik bening biasa. Selain itu ada keciput, camilan renyah yang terbuat dari beras ketan dibubuhi wijen yang sering dihidangkan saat lebaran tiba.

Jenang Kudus

Selain makanan, di sekitar Masjid Menara Kudus ini juga menjual berbagai macam souvenir, seperti miniatur menara. Ketika saya tanya, untuk ukuran paling kecil harganya Rp. 45.000. Ada juga miniatur bedug, becak, mobil, dan alat transportasi lain. Yang pastinya menarik dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan sebagai pengingat bahwa kita sudah pernah sampai di Kudus.

souvenir khas Kudus

Oya Anda sudah tahu belum kalau Kudus juga dikenal sebagai sentra produksi konveksi. Aneka ragam jilbab, mukena, dan pakaian diproduksi di kota ini. Banyak orang yang menyengaja ke Kudus untuk membeli produk konveksi dalam jumlah besar (kulakan), biasanya sih untuk dijual lagi. Bagi para bakul, tempat yang direkomendasikan sih di Pasar Kliwon, pilihannya banyak dan harganya udah murah, kebanyakan masih bisa ditawar pula.

Tapi bagi Anda yang menyukai kepraktisan, daripada harus jauh-jauh ke Pasar Kliwon, mengobankan waktu, tenaga, dan masih mengeluarkan biaya transport pula, belanja di sekitar Masjid Menara Kudus juga cukup memuaskan kok.

Sekedar info aja nih, beberapa waktu lalu saya membelikan anak saya yang berusia 4,5 tahun baju muslim harganya cuma Rp 20.000 ribu loh. Sementara baju batik untuk anak dibawah dua tahun, cuma delapan ribu saja, saudara-saudara, hehehe. Murah meriah kan. Yuk berburu oleh-oleh di sekitar Masjid Menara Kudus 🙂

(Visited 1,020 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Berburu Oleh-oleh di Sekitar Masjid Menara Kudus' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool