Serabi Solo

Berburu Serabi Solo di Semarang

Bagi penyuka kuliner, menikmati makanan khas suatu daerah selalu menjadi destinasi utama saat traveling. Namun tak selamanya perjalanan wisata bisa menyisihkan waktu khusus untuk mampir wisata kuliner di kota asalnya. Sobat travelers yang berencana menghabiskan liburan di kota Semarang, mungkin tak memiliki waktu menyambangi kota Solo. Sementara sejak jauh hari sudah merencanakan bakal wisata kuliner serabi solo yang terkenal itu. Jangan sedih, karena di Semarang pun ada beberapa tempat yang menjual serabi solo yang khas dan legit itu.

1. Lokasi pertama pernah saya tulis pada tulisan 10 Pasar Tradisional Unik Di Semarang. Terletak di kawasan pecinan, kelurahan Jagalan. Tepatnya berada di pasar Karang Kembang. Menurut penjualnya, Ibu Erni ini mewarisi resep leluhurnya yang diteruskan oleh mamanya langsung.

Membuat adonan serabi Solo ini kata ibu Erni susah-susah gampang. Tepungnya selisih satu sendok saja sudah mengubah hasil jadinya. Terlalu encer, serabi bakal hancur saat diangkat dari wajan. Tapi kalo adonannya kebanyakan tepung, serabi terasa tidak enak. Tebal dan kurang legit.

Serabi Solo buatan Ibu Erni

Serabi Solo buatan Ibu Erni

Serabi Ibu Erni ini terasa banget kelegitannya. Areh yang ditambahkan setelah adonan serabi, sangat terasa gurih dan meleleh di lidah. Paling yummy dinikmati begitu diangkat dari wajan.

2. Lokasi berikutnya ada di jalan Mt. Haryono. Dekat dengan jalan Sidareja yang menghubungkan dari jalan Dr. Cipto menuju jalan Mt. Haryono. Cukup dekat dengan beberapa hotel murah yang ada di Semarang. Penjualnya, ibu Wat Nyo, adalah kakak dari ibu Erni. Tentu saja serabi Solo ini memiliki rasa yang sama karena mengikuti resep leluhur, dari mama kedua penjual ini yang sudah meninggal.

Ibu Wat Nyo tengah menuang adonan serabi

Ibu Wat Nyo tengah menuang adonan serabi

Kalau adiknya berjualan pagi hari, ibu Wat Nyo lebih memilih sore hari. Alasannya sederhana, menjaring calon pembeli sepulang kerja. Mulai berjualan pada pukul 16.30 hingga adonan habis. Sering juga nggak sampai pukul 19.00 wib anda tak bakal menjumpai kios Ibu Wat Nyo yang kecil karena adonan serabi sudah habis dimasak untuk pembeli.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat penjualan serabi Solo di Semarang. Di antaranya berlokasi di jalan Citarum, komplek perumahan Tlogosari dan jalan Mt. Haryono, dekat dengan pos polisi perempatan Bangkong. Namun saya merekomendasikan dua tempat di atas karena harganya yang murah dan masih memiliki rasa yang sama meski dibuat oleh generasi penerus.

Bagi sobat travelers yang ingin menikmati kuliner satu ini, bisa menyempatkan waktu di sela perjalanan mengunjungi obyek wisata yang ada di Semarang. Tentunya sobat travelers harus memesan tiket murah ke Semarang terlebih dulu.

Berburu Serabi Solo di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,270 times, 1 visits today)

Tagged:


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Berburu Serabi Solo di Semarang' have 9 comments

  1. May 20, 2015 @ 11:04 am munif

    dulu pernah beli serabi notosuman yang di banyumanik… ๐Ÿ™‚

    Reply

    • May 24, 2015 @ 11:36 am Hidayah Sulistyowati

      Di Majapahit juga ada mas, tapi aku sih lebih suka beli di dua tempat ini. Begitu diangkat dari wajan, langsung dinikmati di tempat. So yummy ๐Ÿ˜€

      Reply

  2. May 20, 2015 @ 12:39 pm Suzan

    Aduh pasti enak banget ya mbak, jadi ngiler nih

    Reply

  3. May 20, 2015 @ 3:10 pm winda puspita

    serabi emang paling top apalagi masih anget2 …nyameehh

    Reply

  4. May 20, 2015 @ 7:40 pm Aira Kimberly

    Ini dia, serabi impianku ^__^ Moga-moga ada kesempatan mengunjungi kota Semarang suatu waktu nanti ๐Ÿ™‚

    Reply

    • May 24, 2015 @ 11:39 am Hidayah Sulistyowati

      Waaah…senang deh bisa nulis jajanan impian mbak Aira. Monggo mampir kalo ada waktu kunjungan ke Semarang ๐Ÿ˜€

      Reply

  5. February 21, 2016 @ 8:27 pm mat angwar

    Enter your comment here…pernah nyoba yg di jalan kedung mundu ( seberang asrama TNI AD ) belum? enak juga lho…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool