Pasar Masjid Kauman Semarang

Berburu Takjil di Pasar Ramadhan Kauman Semarang

Bulan Ramadhan ini semakin semarak ketika melihat berbagai macam jenis makanan diperjual belikan. Baik untuk menikmati sajian berbuka puasa atau pun takjil. Di Semarang ada salah satu lokasi yang setiap bulan Ramadhan selalu menghadirkan banyak keanekaragaman jenis masakan khas Semarang atau jajanan untuk dijadikan takjil. Lokasinya tepat berada di pelataran Masjid Agung Kauman Kota Semarang.

Pasar Ramadhan yang ada di pelataran Masjid Agung Kauman ini selalu ramai dikunjungi para pemburu takjil setiap harinya selama bulan Ramadhan. Orang-orang biasa menyebutnya dengan istilah “pajangan” Pasar Jajan Semarangan. Sedikit cerita mengenai lokasi yang dijadikan pusat kuliner di bulan Ramadhan ini adalah Masjid Agung Kauman. Masjid ini merupakan salah satu masjid bersejarah di Kota Semarang. Berdiri sejak abad ke-16, Masjid Kauman menjadi saksi sejarah panjang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Masjid Kauman Semarang

Tepat di depan Masjid Kauman ini berjajar tenda-tenda yang menyediakan berbagai macam jenis makanan untuk takjil, seperti ketan lupis, es cendol, es jus yang sudah dalam kemasan botol, aneka es buah, kolak, es kelapa muda, beraneka jajanan pasar, dan juga menu makanan lain yang siap untuk dimakan pada saat waktu berbuka puasa tiba.

Pasar Ramadhan Kauman ini sudah ramai sejak siang hari. Untuk menuju lokasi pasar Ramadhan ini bisa dilalui dengan masuk menuju ke kawasan Pasar Johar. Perlu diingat, kawasan ini seringkali macet karena banyaknya pengunjung yang ingin berbelanja ke pasar johar atau pun berburu takjil di sana. Tidak hanya berbagai jenis makanan saja yang tersedia di pasar Ramadhan Kauman ini. Namun ada berbagai macam perlengkapan ibadah seperti sajadah, peci, mukena, sarung, Al-Qur’an dan yang lain sebagainya.

Masjid Kauman Semarang

Foro : Detik Travel

Untuk menambahkan daftar kuliner di Semarang. Pasar Ramadhan ini bisa menjadi salah satu rujukan bagi wisatawan di Semarang. Karena selain harganya cukup terjangkau juga kualitas makanannya terjamin. Menurut salah satu penjual di sana bercerita bahwa penjualannya setiap hari pasti selalu laris manis. Sehingga petang dini hari ibu dari salah satu penjual di pasar Ramadhan Kauman tersebut sudah siap membuat jajanan yang akan dijual kembali di esok harinya.

Ramadhan memang menjadi salah satu momen yang cukup penting bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, khususnya bagi umat muslim. Karena selain banyak keberkahan yang kita dapatkan juga membawa keberkahan bagi para pelaku usaha. Seperti para penjual di pelataran Masjid Raya Kauman Semarang ini. Mereka mengakui sendiri bahwa hadirnya bulan Ramadhan menjadi momen yang dinanti-nantikan karena penjualannya bisa meningkat drastis. Karena memang kuliner atau pun menu makanan takjil banyak orang yang membutuhkan ketika momen di bulan Ramadhan seperti ini.

Para traveller yang sedang berkunjung ke Kota Semarang, bisa menjadikan Masjid Raya Kauman sebagai daftar salah satu lokasi untuk ngabuburit. Karena di Semarang juga masih banyak terdapat beberapa tempat ngabuburit yang cukup asyik di Semarang selama di bulan Ramadhan. Mau tahu??

Berburu Takjil di Pasar Ramadhan Kauman Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,530 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'Berburu Takjil di Pasar Ramadhan Kauman Semarang' have 1 comment

  1. July 1, 2015 @ 7:41 am Hidayah Sulistyowati

    Aku senang jalan-jalan dan beli jajan di sini, murah sih harganya, rasanya pun tak kalah enak.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool