takjil

Ramadhan Tiba, Berburu Makanan Takjil Yuk!

Ramadhan tiba, yuk berburu takjil di Semarang!

Sebelumnya mohon maaf lahir batin dulu ya ezytravellers, barangkali ada salah-salah saya sama pembaca Hellosemarang.com semua, sungkem 🙂

Salah satu aktivitas menyenangkan di bulan Ramadhan selain ke masjid dan ibadah lainya adalah berburu takjil. Setelah berpuasa seharian, rasanya pas buka pengen makan sesuatu yang istimewa ya. Apalagi yang hobi kulineran pasti tidak akan melewatkan momen berburu takjil di bulan Ramadhan.

Kalo lagi di kota Lunpia, di mana saja sih tempat berburu takjil di Semarang yang lengkap dan asyik?

 

1. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi. Sebenarnya ngga saat bulan Ramadhan saja sih. Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu, tiap sore menjelang, banyak orang yang nongkrong di sepanjang jalan Pahlawan. Ada yang memang jalan-jalan bersama keluarga, ada juga komunitas yang mengadakan acara kumpul di sana. Nah, di bulan Ramadhan biasanya akan lebih ramai lagi karena banyak penjual makanan takjil di sana.

berburu takjil di Semarang

Suasana Jalan Pahlawan di bulan Ramadhan

Saya jadi ingat jaman masih kuliah dulu teman-teman saya juga selalu ikut berjualan makanan takjil di sekitar Jalan Pahlawan. Biasanya uang hasil keuntungannya untuk kegiatan kampus atau kegiatan sosial. Makanan yang dijajakan ya yang khas dijadikan menu buka puasa oleh kebanyakan orang, seperti kolak dan es buah.

Berburu takjil di Semarang, tepatnya di Jalan Pahlawan juga bisa dengan sistem mirip drive thru jadi kita tidak perlu mencari tempat parkir. Bukan berarti ada loket drive thru di sana ya. Tapi biasanya para penjual akan mendekati pengendara pada saat lampu merah menyala. Tinggal pilih apa yang kita suka, bayar, trus jalan lagi deh.

 

2. Pasar Ramadhan Masjid Kauman

Masjid Kauman Semarang bisa disebut juga Masjid Agung Semarang, yang merupakan masjid tertua di kota Semarang. Masjid ini beralamat di Jl. Alun-alun Barat Nomor 11 Semarang, dekat dengan Pasar Johar. Dulunya alun-alun kota Semarang berada di lokasi yang sama dengan masjid ini namun pada tahun 1969 dipindahlan ke lokasi yang baru yaitu di  Simpang Lima yang merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan.

berburu takjil di Semarang

Masjid Kauman Semarang

 

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo hari raya dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

 

Masjid Kauman saat ini menjadi cagar budaya dan harus dilindungi, menjadi kebanggaan warga Semarang karena bangunannya yang khas, mencerminkan jati diri masyarakat pesisir yang lugas tetapi bersahaja.

Pada bulan Ramadhan, di area depan Masjid kauman didirikan tenda-tenda yang menjual aneka macam hidangan takjil seperti ketan lupis, es cendol, es jus dalam kemasan botol, aneka es buah, kolak, es kelapa muda, beraneka jajanan pasar, dan juga menu makanan lain yang siap untuk dinikmati pada saat waktu berbuka puasa tiba.  Orang-orang biasa menyebutnya dengan istilah “pajangan” Pasar Jajan Semarangan.

Oya, berdasar info yang saya dapat, usai shalat dzuhur hingga menjelang ashar, ada pengajian yang dipimpin ulama penghapal Al-Qur’an yang disebut Al Hafiz di Masjid Kauman. Selain hafal Al Qur’an, Al Hafiz ini juga mampu menafsirkan inti dari setiap kata dan ayat Al Qur’an, yang disampaikan dalam bahasa Jawa. Wah menarik untuk dijadikan tempat ngabuburit selama bulan puasa ya. Usai pengajian, baru deh mampir ke Pasar Ramadhan berburu makanan takjil.

 

3. Pasar Sendang Mulyo

Nah kalo yang ini lokasinya di dekat rumah saya, di Perumnas Sendang Mulyo. Pasar Sendang Mulyo selalu ramai di pagi hari setiap harinya. Pada hari Minggu dan tanggal merah akan lebih ramai lagi. Karena selain berjualan di kios permanen, ada juga yang menjajakan dagangannya di pasar tumpah.

Pedagang pasar tumpah biasanya ada di sini sampai pukul 10 pagi. Sementara yang di kos permanen buka sampai malam. Ada yang jualan sembako, sayur mayur, ikan, ayam, daging, sampai pakaian. Komplit! Bayak juga yang jualan makanan matang, serta jajanan seperti pecel, gorengan, jajan pasar, dll.

Di bulan Ramadhan, pasar yang biasanya tidak begitu ramai di sore hari, akan menjadi ramai dengan penjual makanan takjil. Dimulai sekitar pukul tiga sore sampai Magrib, berjejer penjual kolak, es buah, jajan pasar, gorengan dan masih banyak menu takjil lainnya. Pengunjungnya bukan hanya warga perumahan Sendang Mulyo saja, tapi juga warga lain yang rumahnya cukup jauh jaraknya dari sini.

 

 

berburu takjil di Semarang

Pasar Tumpah di Sendang Mulyo

Jadi ga perlu bingung ya Ezytravelers, berburu takjil di Semarang pas bulan Ramadhan. Pilihannya banyak. Kalo favoritmu yang mana?

 

Ramadhan Tiba, Berburu Makanan Takjil Yuk!
Vote Us
(Visited 362 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Ramadhan Tiba, Berburu Makanan Takjil Yuk!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool