Bercengkrama Bersama Kawanan Kera Yang Ramah

Bercengkrama Bersama Kawanan Kera Yang Ramah
5 (100%) 1 vote

Ezytravelers,

Ada sebuah kisah sejarah yang Ezytravelers perlu ketahui di Kota Semarang. Cerita tentang kawanan kera yang menolong Sunan Kalijaga membawa balok-balok kayu jati hingga sampai ke Demak. Cerita tersebut diperkuat dengan adanya kawanan kera yang berada di Goa Kreo.

goa kreo

Salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib kalian kunjungi. Kenapa? Karena selain kalian dapat melihat indahnya pemandangan di sekitar waduk Jatibarang, kalian juga bisa bercengkerama dengan kera-kera yang ramah.

Goa Kreo yang berada di Desa Kandri, Gunung Pati, Semarang ini, selalu ramai pengunjung meskipun tidak di akhir pekan. Pengunjung tersebut rata-rata berasal dari luar Semarang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Legenda Goa Kreo

Menurut legenda yang dipercayai oleh masyarakat, asal muasal tempat wisata ini, bermula ketika Sunan Kalijaga ingin mencari kayu jati untuk saka guru masjid Demak. Pencarian kayu jati itu dilakukan di Bukit Gombel, namun ketika sampai di sana, pohon jati tersebut tidak ada dan konon sudah berpindah tempat. Sunan Kalijaga pun akhirnya mencari pohon jati tersebut hingga sampai di kawasan Desa Kandri.

goa kreo

Usaha Sunan Kalijaga pun tak selesai sampai disitu. Pohon jati yang ia cari berada di tempat yang sulit dijangkau. Akhirnya ia memutuskan untuk bertapa di Goa di bawah bukit. Dalam pertapaannya Sunan Kalijaga didatangi oleh kawanan kera berbulu merah, putih, hitam dan kuning. Kera-kera tersebut lantas menyampaikan niatnya untuk membantu Sunan Kalijaga mengambil kayu jati tersebut.

Ketika Sunan Kalijaga akan membawa kayu jati kembali ke kerajaan Demak, kawanan kera tersebut ingin ikut bersama Sunan Kalijaga, namun permintaan itu ditolak karena mereka bukan manusia. Tapi, Sunan Kalijaga memberikan kawasan sekitar goa tersebut kepada kawanan kera dan memberikan kewenangan untuk menjaga kawasan tersebut.

Kata “Kreo” itu sendiri berasal dari kata Mangreho yang artinya peliharalah. Sesuai amanat yang diberikan kepada kawanan kera tersebut oleh Sunan Kalijaga.

Sudah Saatnya Mengenal Kembali Sejarah

Sudah saatnya kita mengenal kembali akan sejarah yang ada di Bumi Nusantara ini. Goa Kreo Semarang yang terkenal dengan sejarah itu menjadi sebuah tempat wisata yang wajib kita kunjungi. Pengunjung yang datang dapat mengenal dan mengenang kembali sejarah dan legenda yang pernah ada di sana. Pengunjung yang datang tidak dibatasi oleh umur. Terlebih lagi bagi Ezytravelers yang punya anak dapat mengajak mereka kesana, sambil mengedukasi mereka akan sebuah legenda yang ada di Nusantara.

Tempat Wisata Yang Asik

Selain mengenal akan sejarah, pengunjung akan disambut oleh kawanan kera-kera penghuni kawasan kreo tersebut, yang diyakini masyarakat sebagai keturunan kera penolong Sunan Kalijaga. Entah benar atau tidak, kita sebagai pengunjung wajib untuk menjaga dan melestarikannya. Jangan sekali-kali menyakiti kawanan kera tersebut.

Perkembangan pembangunan wisata Semarang, kini semakin baik. Demi kenyamanan para pengunjung, ada beberapa fasilitas yang dibangun.  Tempat parkir yang luas dan beberapa wc umum yang tampak bersih sudah dapat dinikmati oleh wisatawan yang datang.

goa kreo

Dari halaman parkir kendaraan bermotor, Ezytravelers akan disambut oleh beberapa kera yang ramah. Kera-kera tersebut berkeliaran dengan bebas. Tapi jangan kawatir, kera-kera tersebut tidak ganas dan agresif meski mereka tergolong hewan primata liar. Meskipun begitu pengunjung harus berhati-hati dan waspada terhadap barang-barang pribadi.

goa kreo

Bila kalian ingin bercengkerama dengan kera-kera yang ada di sana sebaiknya kalian membawa makanan untuk mereka. Kera-kera tersebut senang sekali bila melihat pengunjung yang membawa makanan. Namun, bila anda takut dengan kera-kera tersebut sebaiknya jangan membawa apa-apa bila masuk kedalam dan mendekati kera, karena makanan kalian akan direbut oleh mereka.

Selain bermain dengan para kera, Ezytravelers juga dapat menikmati pemandangan waduk Jatibarang. Ada beberapa perahu yang dapat dinikmati oleh pengunjung untuk menyusuri luasnya waduk Jatibarang sambil melihat kera-kera yang bergelantungan bebas di pohon.

Tiket masuk ke Goa Kreo ini, terbilang sangat murah. Kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp3.500 saja untuk setiap orang pengunjung yang datang. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Goa Kreo adalah pada saat sore hari atau pagi hari.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang.

 

(Visited 133 times, 1 visits today)


About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Bercengkrama Bersama Kawanan Kera Yang Ramah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool