Selfie di Kampung Petualang Dusun Cuntel

Berpetualang di Kampung Petualang Dusun Cuntel

⁠⁠⁠⁠
Haloo Ezytravelers, sedang liburan kemana nih? Mungkin lokasi wisata baru ini bisa loh dijadikan destinasi seru bagi yang suka berpetualang. Lokasinya berada dekat dengan lokai wisata Kopeng. Ya, Berpetualang di Kampung Petualang Dusun Cuntel, Kopeng di Salatiga. Wisata yang komplit dan bikin kalian bakal makin bahagia. Gimana nggak bahagia? Ezytravelers nggak hanya bisa menikmati suasana alam yang masih asri. Namun bisa juga foto selfie sambil menatap deretan gunung yang terlihat di kejauhan.

Kampung Petualang Dusun Cuntel

http://hellosemarang.com/menikmati-suasana-asri-saat-bersantap-di-waroeng-joglo-rini-di-salatiga/

⁠⁠⁠⁠
Dusun Cuntel sendiri sebenarnya sejak lama dikenal menjadi salah satu akses bagi para pendaki Gunung Merbabu. Sejak lebaran lalu, tempat ini disulap menjadi arena outbound. Dalam bahasa Jawa, Cuntel juga berarti buntu atau tak ada lagi jalan. Mungkin nama ini disematkan oleh tetua dusun dikarenakan jalan beraspal berakhir di dusun ini.

⁠⁠⁠⁠
Bagi kalian yang ingin menuju Kampung Petualang Dusun Cuntel, lebih baik memilih transportasi pribadi. Bisa mobil ataupun motor. Atau bisa juga memilih naik angkutan umum dari terminal utama wisata Kopeng. Dari terminal wisata Kopeng, atau pun dari pinggir jalan lintas Salatiga – Magelang, kalian bisa memilih pertigaan pertama wisata hutan Umbulsongo. Cuma bagi yang tidak menggunakan transportasi pribadi, siap-siap aja berjalan kaki sepanjang kurang lebih 3 km.

⁠⁠⁠⁠
Jangan cemas merasakan lelah, karena sepanjang jalan kalian akan disuguhi pemandangan alam yang cantik. Ladang sayur, tanaman, dan hutan pinus. Deretan gunung pun sesekali muncul menemani perjalanan menuju Kampung Petualang. Menyusuri jalanan aspal nan mulus dengan pemandangan hijau di mana-mana, bikin hati damai. Saya menikmati setiap kali pandangan tertambat pada puncak gunung yang ada di depan mata. Suasana dusun yang sepi memudahkan saya meresapi kesunyian nan asri dan menentramkan hati ini. Apalagi kami kesana saat pagi hari, harum aroma khas biji pohon pinus yang berjatuhan menyeruak indra penciuman. Siap-siap aja membuka jendela mobil dan menghirup udara pegunungan yang bersih dan menyehatkan. Pagi-pagi udah membersihkan rongga pernapasan yang bermanfaat banget bagi tubuh.

Kampung Petualang Dusun Cuntel

⁠⁠⁠⁠
Untuk memasuki Kampung Petualang, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk 3 ribu perorang. Sementara parkir motor dikenakan tarif dua ribu. Kalian yang menggunakan transportasi mobil, mesti parkir di dekat gerbang Dusun Cuntel. Atau yang jadi basecamp untuk memulai pendakian ke Gunung Merbabu. Dari sana kalian harus jalan kaki sekitar 500 meter dengan kondisi jalan menanjak. Lumayan lah untuk membakar kalori dan membesarkan betis, hahaha.

Jalan aspal Dusun Cuntel

Di Kampung Petualang sudah disediakan camping ground yang cukup luas untuk menampung 50 tenda. Setiap tenda dikenakan tarif 10 ribu rupiah. Ada sejumlah fasilitas berupa gazebo, juga joglo yang bisa menampung sejumlah maksimal 100 orang.

Kampung Petulang Dusun Cuntel

⁠⁠⁠⁠
Dari tempat ini kita dapat melihat Gunung Telomoyo, Andong, Sumbing, Sindoro, dan gunung Ungaran. Dulunya Dusun Cuntel menjadi tempat bagi para pendaki yang memang ingin melepas lelah. Sebelum nantinya mereka meneruskan perjalanan menuju ke Gunung Merbabu atau sebaliknya pulang dari pendakian. Kita bisa mampir dan sekaligus merasakan outbound sekelas Kopeng Treetop namun dengan tarif sangat murah dan cocok dengan kantong para pendaki.

⁠⁠⁠⁠
Kalian yang ingin menginap, ada homestay di rumah penduduk sebelum lokasi Kampung Petualang. Penduduk pun juga bisa menyiapkan sarapan dengan harga yang bersahabat. Pasti nikmat deh sarapan di tengah suasana dusun yang asri dengan pemandangan hijau di sekelilingnya.

Outbond di Dusun Cuntel

⁠⁠⁠⁠
Di Kampung Petualang Dusun Cuntel juga memiliki fasilitas outbond yang cukup komplet. Selama ini sudah banyak instansi dan lembaga pendidikan yang memilih arena outbond ini untuk kegiatan belajar di alam. Bahkan saat kami kesana hari Sabtu lalu, tengah ada kegiatan camp bagi remaja untuk sharing tentang HIV. Untuk rombongan biasanya menginap di hotel yang ada di Kopeng. Nah, mereka nantinya tinggal diangkut dengan minibus menuju Kampung Petualang.

⁠⁠⁠⁠
Yang paling sering jadi tujuan pengunjung bila datang ke Kampung Petualang adalah area selfie. Iyaaa, bagi kalian yang suka selfie di tempat wisata, datang kesini pasti bikin hepi!

Area Selfie Kampung Petualang

⁠⁠⁠⁠
Ada area selfie yang disediakan bagi pengunjung. Nggak perlu susah aksesnya, tinggal menaiki anak tangga dan tadaaa … yuk, selfie! Bisa pilih selfie sambil duduk atau berdiri. Sambil menatap deretan gunung dan Rawa Pening di kejauhan. Bakal betah deh duduk di area selfie. Tapi kalo pas ramai pengunjung, jangan lama-lama ya di area selfie karena bikin ilfill sesama pengunjung.

⁠⁠⁠⁠
Gimana, sudah punya rencana kapan kalian akan selfie di Kampung Petualang Dusun Cuntel, Kopeng? Colek saya yuk yang pengen berpetualang di Kampung Petualang Dusun Cuntel. Dekat kok dengan kota Semarang, cukup 1,5 jam aja kalo naik alat transportasi pribadi. Catat ya lokasinya, dan sampai jumpa di Kampung Petualang, Ezytravelers.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang
Berpetualang di Kampung Petualang Dusun Cuntel
5 (100%) 1 vote
(Visited 691 times, 3 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Berpetualang di Kampung Petualang Dusun Cuntel' have 2 comments

  1. January 2, 2017 @ 1:48 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    Menarik juga yaa, ada persewaan tenda ngga ya mba wati?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool