sentra kerajinan pigura

Blusukan Ke Sentra Kaligrafi

Blusukan Ke Sentra Kaligrafi
5 (100%) 2 votes

Menikmati Wisata Semarang dan sekitarnya dengan  mengelilingi banyak tempat yang terkenal ataupun destinasi baru, pastilah kita akan menemukan berbagai cindera mata yang bisa dibawa pulang.

Demikian pula halnya saat kita pergi berkunjung ke Masjid Agung Demak dan sekitarnya. Beberapa alternative souvenir dan oleh-oleh pernah kita sajikan dalam postingan  artikel beberapa waktu lalu. Kali ini kita akan mengunjungi tempat di mana salah  satu jenis cindera mata itu diproduksi.

guci buatan demak

Sentra industry kerajinan figura dan kaligrafi ini berada di kampung Tembiring. Jaraknya lima menit perjalanan berkendara dari Masjid Agung Demak yang berada di pusat kota. Bahkan hanya tiga ratus meteran dari Terminal Bis Pariwisata, tempat di mana bis-bis besar semestinya diparkir sementara penumpangnya alias para peziarah menuju ke masjid menggunakan ojek atau becak atau delman wisata. Beberapa peziarah dan wisatawan bahkan memilih berjalan kaki menuju Masjid Agung Demak dari terminal wisata ini.

Pajangan Kabah

Semula, home industry ini hanya memiliki sedikit pegawai karena produksinya sedikit demi  menyuplai beberapa toko souvenir di sekitaran Masjid Agung Demak dan Makam Kadilangu (Makam Sunan Kalijaga). Tetapi berkat kualitas produksi serta jaringan network, makin banyak pesanan dari luar kota bahkan luar Jawa. Sehingga sentra produksi ini bertumbuh terus menerus dan menambah jumlah karyawannya. Banyak hasil produksinya yang kemudian dikirim ke luar Jawa. Paling banyak ke daerah Sumatra dan Kalimantan.

Pajangan Kabah

Bagian depan sentra terbagi menjadi dua ruang besar yang terpisah oleh akses masuk ke dalam sentra.  Sebelah kanan adalah ruang penerima dan semestinya gallery pajangan beberapa produk yang dihasilkan. Meski pada kenyataannya, akhirnya menjadi ruang produksi juga. Beberapa material yang lumayan berharga seperti rotan tersimpan di area  ini. Kalau saja gallery ditata dengan lebih rapid an apik, pastilah ini bisa menjadi destinasi tambahan yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Demak.

Pengrajin Pajangan di Demak

Sebelah kiri merupakan ruangan untuk produksi frame dengan kaligrafi yang berasal dari bahan dasar foto ataupun lukisan. Ada masjidil haram, masjid Nabawi, masjid Agung Demak, Asmaul Husna, dll. Gambar atau foto itu dilem ke tatakan triple kayu terlebih dulu, baru kemudian diberi frame.

Pengrajin Pajangan di Demak

Memasuki area dalam sentra industri yang berukuran kurang lebih 1000 m2 ini kita akan bertemu ruangan terbuka di tengah-tengah sentra. Void, tanpa atap. Di sinilah frame alias figura berbahan kayu ini dijemur di bawah sinar matahari setelah sebelumnya melalui proses pengecatan di sisi barat sentra.

Pengrajin Pajangan di Demak

Setelah pengecatan  dengan warna dasar, selanjutnya dilakukan finishing cat untuk memperoleh efek marmer,  emas ataupun natural.

Pigura Pajangan

Jika sisi barat sentra berupa ruangan besar yang semi terbuka, sisi timur  sentra  lebih tertutup dan berisi lebih banyak karyawan. Bagian sebelah selatan dipenuhi rak susun kayu yang mengelilingi ketiga sisi dindingnya.

Kaligrafi Arab

Tiga orang lelaki tampak sibuk menyablon. Kaca-kaca yang telah disablon dengan kaligrafi ayat Alquran ataupun doa-doa itu ditaruh dalam rak-rak tinggi tersebut.

Pengrajin Pajangan di Semarang

Di bagian tengah, sebagian para pekerja wanita memberikan finishing touch pada frame maupun kaligrafi tersebut. Sebagiannya lagi melakukan wrapping.

Pengrajin Pajangan di Demak

Sedangkan di sisi utara, para lelaki  menyusun frame yang telah dibungkus itu ke dalam tumpukan yang siap dikirim.

Mau beli langsung ke produsen ini? Atau mungkin malah mau beli dalam kuantitas banyak untuk dijual kembali? Monggo….

(Visited 2,972 times, 4 visits today)


About

penikmat hujan, pecinta purnama.


'Blusukan Ke Sentra Kaligrafi' have 3 comments

  1. May 8, 2015 @ 9:26 am Inung Djuwari

    aku baru tau ik….
    Sesekali kopdar di mbak Dian nih…trus siangnya wisata keliling Demak

    Reply

    • May 8, 2015 @ 2:24 pm dian

      Nah, iya kan?
      Selalu ada yang baru ya ternyata.
      Ayolah sini, kita one day trip alias tour de Demak 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool