Brown Canyon, Galian Raksasa yang Jadi Primadona di Kota Semarang

Berwisata ke Semarang semakin asyik dengan munculnya destinasi baru dalam menikmati suasana kota Lumpia. Sebuah destinasi wisata dengan menyuguhkan pemandangan alam, bukan pegunungan atau suasana hutan. Namun sebuah lahan bekas tambang galian tanah, obyek wisata itu sekarang dikenal dengan nama Brown Canyon. Ada di Timur kota Semarang dengan berbatasan langsung wilayah kabupaten Demak.

Brown Canyon di Semarang

brown canyon di semarang

Layaknya pemandangan Grand Canyon di Amerika Serikat, Brown Canyon juga memanjakan para pengunjung dengan hamparan bukit berpalung dalam. Sebenarnya bukit dan palung sendiri dibentuk akibat penggalian dataran tinggi yang membentuk sebuah cekungan dan bukit-bukit yang menjulang tinggi.

Sebutan nama Brown Canyon memiliki arti tebing-tebing seperti di Grand Canyon yang berwarna coklat padas. Nama Brown Canyon menjadi populer, mana kala pengunjung banyak yang mengunggah hasil foto-foto mereka di berbagai macam akun sosial media. Perbukitan ini ditaksir sudah lebih dari 10 tahun terbentuk akibat kegiatan pengerukan tanah urug, penggalian padas dan pasir.

Beberapa bukit yang menjulang inilah yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi, anak muda dan keluarga ramai berdatangan untuk melihat hamparan bukit. Ada juga embung bekas galian yang pada akhirnya masuk dalam daftar untuk diabadikan sebagai momen dengan berfoto-foto.

brown canyon di semarang
Memasuki area ini harus cukup waspada lantaran masih beroperasinya tambang banyak hilir mudik truk pengangkut tanah dan alat berat. Biasanya pengunjung akan mengambil foto dengan pemandangan di sisi Timur area dengan menghadap dua bukit kembar yang menjulang.

Memiliki luasan hampir 50 hektar pengunjung bisa leluasa mengeksplorasi  berbagai sudut, bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau yang suka berpetualang bisa juga dijajal sebagai area trabas dan downhill.

Rute menuju Brown Canyon bisa dimasuki dari berbagai arah paling populer dari arah Simpang Lima, menuju ke Pedurungan, pertigaan Polres Semarang Timur lurus terus ke arah Mranggen atau arah Purwodadi, ada pertigaan belok kanan menuju ke Stasiun TVRI Jawa Tengah, Pucang Gading. Jalan menuju Stasiun TVRI menanjak lalu belok kiri ikuti jalan perumahan dan akan ketemu jalan Raya Batur Sari belok ke kanan, lurus dan sampai lokasi. Dari arah timur (Purwodadi), setelah melewati bekas pasar Mranggen, ada perempatan, ambil arah ke kiri (Jalan Raya Batur Sari) lurus terus ikuti jalan, sampai terakhir masuk desa Dongko dan akan tiba di lokasi.

Bagi wisatawan dari arah Solo atau Jogja bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuju arah jalan turun di Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.

Brown Canyon akan sangat indah jika dikunjungi pagi atau sore hari, tak ada retribusi resmi cukup membayar Rp.3.500 yang dikelola oleh warga sekitar. Jadi tunggu apalagi, nikamati eksotiknya tebing dan palung di Brown Canyon Semarang. dimungkinkan akan selalu bertambah bukit, tebing dan palung karena aktivitas penambangan masih berlangsung, begitu juga sebaliknya bisa jadi bukit dengan tebing indah bisa seketika hilang juga.

Brown Canyon, Galian Raksasa yang Jadi Primadona di Kota Semarang
4 (80%) 2 votes
(Visited 4,325 times, 1 visits today)

About

cowok tampan yang punya nickname @hyudee yang suka nulis dan kuliner serta hobi foto. salam manis, :)

'Brown Canyon, Galian Raksasa yang Jadi Primadona di Kota Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool