Bukit Harapan Cuntel, Gardu Pandang Pelepas Penat di Kopeng

Bukit Harapan Cuntel, Gardu Pandang Pelepas Penat di Kopeng
5 (100%) 1 vote

bukit-harapan-cuntel-sunset1

Buat yang hobi naik gunung pasti tidak asing lagi dengan nama Cuntel ya, Sobat Ezy. Jalur resmi pendakian Gunung Merbabu via Kopeng ini, kini semakin dikenal luas dan tambah ramai. Terkenalnya bukan semata hanya karena banyaknya pendaki gunung, tetapi juga oleh para penikmat senja dan pemuja suasana romantis di Bukit Harapan Cuntel.

“Kami mempunyai tempat, namanya pohon satu. Semua yang tidak boleh dilakukan di rumah, kami bebas di sini,” Sepenggal dialog Ian (Diperankan Imam Shihab) kepada Cintya di Film “Kau dan Aku Cinta Indonesia,” produksi Qasthalani Citra Film tahun 2014.

Terkenalnya Bukit Harapan Cuntel ini tidak lepas dari adanya film Kau dan Aku Cinta Indonesia. Di mana tempat ini menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film yang cukup iconic. Efek sampingnya, banyak orang yang menjadi penasaran dengan lokasi shooting film yang memang memiliki pemandangan istimewa ini. Dan kini, belum genap waktu setengah tahun, pelancong makin banyak berdatangan dengan membawa segudang rasa penasaran.

bukit-harapan-cuntel-siang

Ada apanya sih, sampai bikin penasaran?

Ada sebuah pohon. Iya, hanya sebatang pohon saja yang ada di bukit ini. Pohon pinus setinggi hampir 7 meter, kering, gundul sudah tidak berdaun dan semoga belum mati. Lalu di tengah-tengah pohon dibuat sebuah tempat duduk, atau rumah pohon tanpa atap dengan sebuah tangga untuk naik. Inilah spot paling ramai digunakan pengunjung untuk berfoto ria. Mungkin karena ingin napak tilas dengan apa yang ada di adegan film tersebut.

MENAGKAP KEUNIKAN DARI SEJARAH BANGUNAN MENARA MASJID KUDUS
Read Artikel

Supaya lebih ramai dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini, oleh pemilik, dibuatlah  tempat tempat duduk, ayunan dan bermacam aksesoris lainnya. Tempat yang dulunya hanya berupa sebuah pohon kering di kebun pertanian yang didominasi sayuran dan tanaman tembakau, kini disulap menjadi sebuah gardu pandang yang memiliki nilai ekonomis dan wisata yang cukup tinggi.

Bukit Harapan Cuntel (BHC), terletak di lereng utara Gunung Merbabu bernama dusun Cuntel, Kelurahan Kopeng, Salatiga. Jaraknya sekitar 60 km atau satu setengah jam dari pusat kota Semarang. Jika sudah sampai Kopeng atau objek wisata air terjun Umbul Songo Kopeng, kita tinggal naik ke atas menuju jalur pendakian Merbabu sejauh 2 km saja. Untuk masuk ke sini, kita hanya dikenakan biaya Rp2.000/ orang. Jika membawa kendaraan maka akan ditarik parkir Rp2.000/ motor dan Rp5.000/ mobil.  Harga yang sangat murah untuk ukuran anak muda jaman sekarang, bahkan untuk pelajar sekalipun.

bukit-harapan-cuntel-sunset

Dusun kecil yang terletak di ketinggian 1762mdpl ini memiliki udara yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Jika cuaca bagus, maka di sisi timur terlihat hutan pinus milik taman nasional. Sisi utara terhampar perairan Rawa Pening yang diapit Gunung Telomoyo, Gunung Gajah Mungkur dan ujungnya ada Gunung Ungaran. Di sisi barat bisa terlihat Gunung Andong, Sumbing dan Sindoro, dataran tinggi Dieng pun nampak dari sini. Tidak ayal jika banyak pelancong dan pemburu lanskap berdatangan kemari baik pagi, siang, sore dan malam. Panorama dan suasananya ngangenin.

Selain Bukit Harapan Cuntel tempat shooting film Kau dan Aku Cinta Indonesia, masih terdapat  2 gardu pandang lain yang akan kita temui di tengah perjalanan, di mana panoramanya juga tidak kalah indahnya.

Di tengah perjalanan kita akan berjumpa dengan gardu pandang cuntel yang lama, dengan ciri khas berupa nama “CUNTEL” berwarna merah yang terbuat dari beton. Gardu pandang ini berbentuk gazebo terbuat dari beton yang berdiri persis di pinggir belokan jalan sebelah kanan. Terdapat sebuah taman di samping kirinya. Sebuah tempat yang strategis untuk melihat lanskap sisi timur, utara dan barat dari gunung Merbabu. Namun sangat disayangkan, cat, tembok dan bangunan sudah tidak utuh lagi karena ulah tangan-tangan jahil melakukan aksi vandalisme.

bukit-harapan-cuntel-cuntel

Sebelum sampai di BHC kita juga akan menemui sebuh tempat berupa gardu pandang yang lain, di sisi kanan jalan. Di sini terdapat 3 buah gardu pandang yang terbuat dari kayu yang dikaitkan ke batang pohon. Gardu pandang ini mempunyai  papan nama “CUNTEL,” terbuat dari ban luar motor dengan cat warna kuning. Selain gardu pandang, di sini juga terdapat taman bunga, kursi duduk dan patung kayu cukup menghibur hati. Untuk masuk ke sini cukup membayar parkir Rp1.000/motor dan biaya masuk Rp2.000/orang. Nah, dari sini BHC sudah terlihat, tengoklah ke arah barat di tengah perkebunan.

Untuk menuju ke BHC, kita hanya perlu mengitari Dusun Cuntel saja. Sudah ada papan penunjuk arah yang terlihat jelas. Ketika saya datang hari Sabtu, siang hari, cuacanya agak mendung dengan awan yang selalu menutupi langit. Walaupun mendung, pengunjung tetap saja berdatangan silih berganti. Suasana sore pasti lebih syahdu. Cuntel, tempat yang tepat untuk sesaat melepas kepenatan.

Yuk Pesan Tiket Pesawat ke Semarang dan Hotel Murah di Semarang, Hanya di Ezytravel.co.id
(Visited 4,874 times, 4 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Bukit Harapan Cuntel, Gardu Pandang Pelepas Penat di Kopeng' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool