Candi Ngempon

Candi Ngempon, Peninggalan Hindu Tersembunyi di Semarang

Candi Ngempon, Peninggalan Hindu Tersembunyi di Semarang
5 (100%) 1 vote
Gerbang Candi Ngempon

Pintu masuk Candi Ngempon

Warga di Semarang mana yang tidak kenal Candi Gedongsongo? jika ditanya pasti hampir semuanya tau. Nah, kalau Candi Ngempon? tahu gak? saya yakin warga Semarang belum banyak yang tau tentang Candi Ngempon ini. mungkin namanyapun belum banyak yang tau. Yuk kenalan dulu.

Jadi, Candi Ngempon adalah salah satu obyek wisata yang terletak di wilayah kelurahan Ngempon, kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Nama “Candi Ngempon” sendiri didapat dari nama Kelurahan tempat candi tersebut ditemukan yaitu Kelurahan Ngempon.

komplek candi ngempon

Kompleks Candi Ngempon, empat candi dengan satu Candi Induk

Menurut cerita dari warga dan saya tanyakan ke penjaga di sana, Candi Ngempon ditemukan pertama kali pada tahun 1952 oleh petani yang menggali sawahnya. Tanpa sengaja petani tersebut menemukan batu-batu candi yang kemudian direstorasi dan akhirnya dibuka untuk umum.

Hanya ada empat bangunan yang berhasil diketahui struktur aslinya seperti yang terlihat sekarang, sedangkan bangunan lainnya dibiarkan dan ditumpuk di pinggir komplek candi, mungkin karena sulit untuk dibentuk kembali. Candi ini cocok untuk dijadikan wisata Religi, sejarah dan pendidikan.

Informasi Candi Ngempon

Petunjuk Informasi Tentang Candi Ngempon

TIKET MURAH KE SEMARANG

Luas kompleks Candi Ngempon hampir sama dengan lapangan futsal, terdiri dari empat candi kecil dengan satu candi sebagai Induk. Sekilas keemat candi ini semuanya sama, namun bila diperiksa lebih detail, empat candi tersebut ternyata memiliki keunikan masing masing. Informasi tentang Candi Ngempon ini masih belum begitu banyak, tidak ada pemandu dan buku yang lengkap tentang candi. Namun jika ditilik dari arsitekturnya, candi ini mempunyai banyak kesamaan dengan kompleks Candi Gedongsongo, seperti yang dituliskan pada papan informasi di atas.

candi ngempon

Untuk memasuki kawasan candi, hanya dipungut biaya sebesar Rp3.000,-. Kamu sudah bisa mengulik keunikan candi dan sejarah di dalamnya, menikmati taman yang cantik di sekaliling candi dan suasa pesawahan yang asri.  Candi Ngempon merupakan aset sejarah yang harus dijaga kelestarian dan keasriannya. Alhamdulilah saya tidak menemukan ada vandalisme atau sampah yang berserakan karena sudah disediakan sarana kebersihan termasuk tempat sampah.

candi ngempon

Pemandian Air Panas, Petirtaan Derekan berada di seberang kawasan Candi Ngempon

Daya tarik lainnya dari Candi Ngempon adalah adanya Pemandian Air panas Derekan yang berada di seberang Candi dengan sungai Kali-Lo sebagai pembatasnya. Kawasan Pemandian Air Panas Derekan ini sering dikunjungi wisatawan lokal untuk mandi, terapi dan berekreasi.

Untuk mencapai lokasi Candi Ngempon cukup mudah. Bila naik bus dari Semarang, pilih bus jurusan Salatiga atau Ambarawa, turun di Pertigaan Kantor Polisi Karangjati. Dari sini belok kiri ke arah Pringapus, bisa naik angkutan desa atau naik ojek. Saya sarankan naik Ojek, karena bila naik angkutan desa kamu masih jalan kaki sekitar 800 meter dari jalan raya sampai ke gerbang. Nah sesampainya di Gerbang, kamu akan disambut kejutan menarik.

peta candi ngempon slamsr

Peta petunjuk arah Candi Ngempon dari pertigaan Polsek Karangjati, sejauh 2.8km

Yuk jalan-jalan, berekreasi, wisata alam, sekaligus wisata sejarah ke candi Ngempon.

(Visited 2,554 times, 2 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Candi Ngempon, Peninggalan Hindu Tersembunyi di Semarang' have 5 comments

  1. May 7, 2015 @ 6:33 am Sriyono Suke

    Belum pernah ke sini, ajakin slaaam 🙂

    Reply

  2. May 8, 2015 @ 5:10 am Inung Djuwari

    Pernah mau kesini tapi nggak jadi 🙁

    Reply

  3. May 16, 2015 @ 11:25 am Johanis Adityawan

    di semarang lumayan juga ya jumlah situs hindunya.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool