Cowek Ireng, Tempat Makan Asyik Bagi Para Pencinta Sambal

Cowek Ireng, Tempat Makan Asyik Bagi Para Pencinta Sambal
5 (100%) 1 vote

Halo travelers, Anda penyuka pedas dan kebetulan lagi wisata ke Semarang? Ngga usah bingung cari tempat makan. Ada Cowek Ireng, tempat makan asyik bagi para pencinta sambal.

Banyak menu yang bisa dipilih. Di rumah makan ini, nasi, lauk, sayur, dan sambal dijual terpisah. Jadi tidak dalam bentuk paket seperti di warung penyetan biasanya. Untuk lauknya ada tahu, tempe, ikan, ayam, dan empal daging, baik goreng maupun bakar. Sayurnya ada sup, sayur asem, cah kangkung, trancam, gudangan, dan lalapan.

Sementara sambalnya banyaak dan disajikan diatas cowek ireng kecil dialasi daun. Hmm mungkin karena itulah rumah makan ini dinamakan Cowek Ireng ya. Ada sambal teri, sambal bawang, sambal terasi, sambal tomat, dan sambal bajak. Selain itu tersedia juga aneka macam minuman seperti teh dan jus.

Konsep dari Cowek Ireng mirip-mirip rumah makan Spesial Sambal (SS) harganyapun menurut saya hampir sama lah. Ya mngkin sedikiit lebih murah (dikit aja hehe). Karena  pernah beberapa waktu lalu saya makan di kedua tempat itu dalam waktu berdekatan dan membandingkan harganya sehingga menarik kesimpulan seperti itu.

Saat kemarin ke Cowek Ireng, sambal bajak dan tomat dibanderol dengan harga Rp 2.200,- sementara sambel teri harganya Rp 3.300,-. Ayam goreng harganya Rp 10.450 dan sayur trancam (seporsi bisa buat dua orang) dihargai Rp 2.750,-

Ini pesanan saya kemarin

Ini pesanan saya kemarin di Cowek Ireng

Favorit saya jika datang ke sini adalah sambal bajak dan trancam yang lumayan pedas. Level pedasnya menurut saya masih pedas biasa, tapi banyak juga yang berpendapat pedas banget terutama untuk sambal bajaknya. Ya tergantung tingkat ketahanan terhadap sambal saja sih. Tiap orang kan beda-beda ya.

Untuk lauknya bisa apa saja tergantung kondisi kantong hehe. Karena kalau saya, asal sambalnya enak makan pakai lauk apapun pasti terasa nikmat. Tapi kalau suami, tiap ke sini hampir selalu pesannya empal daging, katanya ini yang paling enak.

Biasanya tiap datang ke sini, saya pesan sambal agak banyakan, sebagian dibungkus bawa pulang, buat sarapan besok pagi di rumah. Daripada harus ngulek sambel lagi kan hehehe.

Cowek Ireng yang saya sambangi kemarin terletak di Jalan Kedung Mundu Raya 44.

Masih ada beberapa kedai Cowek Ireng lagi di Semarang. Antaranya di Arteri Soekarno Hatta Jl. Wolter Monginsidi, Jalan Tusam Timur Raya Banyumanik, Jalan Banaran Raya Unnes Semarang, dan Jalan Kelud Raya Sampangan (sumber: seputarsemarang.com). Selain itu Cowek Ireng juga sudah ada di Jogja, Kudus, dan Demak lho!

Cowek Ireng cocok buat makan siang dan malam, karena memang bukanya baru jam 11 sampai pukul 21.30 malam. Tempatnya lumayan luas, kita bisa memilih mau duduk di kursi atau lesehan.

(Visited 4,238 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Cowek Ireng, Tempat Makan Asyik Bagi Para Pencinta Sambal' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool