Pura mangkunegaran

Destinasi Wisata Kota Solo : Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran, merupakan salah satu dari dua keraton yang terdapat di Kota Solo. Pura Mangkunegaran memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya. Desain arsitekturnya pun merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa. Keberadaaan Pura Mangkunegaran tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Kota Solo.

Seperti yang kita ketahui, di Kota Solo terdapat dua keraton, yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat (yang lebih dikenal dengan Keraton Kasunanan Surakarta) dan Pura Mangkunegaran. Keraton Kasunanan Surakarta dipimpin oleh seorang raja dengan gelar Susuhunan Pakubowono, sedangkan Pura Mangkunegaran dipimpin oleh seorang Mangkunegara. Tentu saja kedua lokasi ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika sobat Ezytravelers berkunjung ke Kota Solo. Aku akan bercerita tentang pengalamanku berkeliling Pura Mangkunegaran.

pura_mangkunegaran

Menurut sejarah, Pura Mangkunegaran didirikan oleh Raden Mas Said (Pangeran Samber Nyawa) pada tahun 1757 setelah penandatanganan perjanjian Salatiga pada tanggal 17 Maret 1757 di Salatiga. Kemudian Pangeran Samber Nyawa bertahta sebagai raja dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I. Saat ini, Pura Mangkunegaran dipimpin oleh Mangkunegara IX. Pura Mangkunegaran terdiri dari beberapa bagian, seperti Pamedan, Pendapa Agung, Paringgitan, Dalem Agung, dan Keputren. Pura Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito, Kota Solo. Letaknya tidak jauh dari Pasar Triwindu, pusat pasar barang antik di Kota Solo.

Aku melangkah menuju meja informasi yang juga berfungsi sebagai loket masuk yang dijaga oleh dua petugas tiket. Tiket masuk Pura Mangkunegaran sebesar Rp 10.000/ orang. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk tip untuk guide. Setiap pengunjung Pura Mangkunegaran akan ditemani oleh seorang guide selama berkeliling area. Selain untuk memberikan informasi kepada pengunjung, guide juga akan memberikan arahan kepada pengunjung tentang aturan selama berkeliling Pura Mangkunegaran. Apalagi kita juga akan memasuki beberapa ruangan penting Pura Mangkunegaran. Guide yang menemaniku bernama Dinda, seorang siswi sebuah SMK Pariwisata yang sedang melakukan PKL. Ayo dek Dinda, kita mulai jalan..!!!

pura_mangkunegaran

Pengunjung akan diberikan satu kantong plastik kresek sebagai tempat menyimpan sepatu. Karena pengunjung diharuskan melepas alas kakinya ketika berada di dalam keraton. Area pertama yang ada Pendapa Agung.  Pendapa Agung berbentuk Joglo dengan empat tiang utama sebagai penyangga. Lantai Pendapa Agung terbuat dari marmer. Di langit-langit Pendapa Agung terdapat delapan simbol yang dipercaya berfungsi sebagai penolak bala. Pendapa Agung juga sering digunakan untuk beberapa kegiatan kesenian, seperti pertunjukan wayang kulit dan latihan menari. Selain itu, Pendapa Agung juga digunakan sebagai tempat pagelaran Mangkunegaran Performing Art.

pura_mangkunegaran

Setelah Pendapa Agung, kami melangkah menuju Paringgitan. Paringgitan merupakan penghubung antara bangunan Pendapa Agung dengan ruangan Dalem Agung. Bentuknya seperti teras Joglo. Paringgitan sering digunakan untuk pertunjukan wayang.  Selain itu, terdapat beberapa patung dan lukisan karya pelukis Basuki Abdullah.

Kemudian kami melangkah menuju ruangan Dalem Agung. Di ruangan ini banyak sekali dipajang peninggalan yang ada di Pura Mangkunegaran. Mulai dari pakaian raja, senjata kerajaan, topeng-topeng, hingga perhiasan emas. Di Dalem Agung juga terdapat singgasana yang digunakan oleh raja. Di Dalem Agung kita tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau foto. Jadi sebaiknya jangan berusaha untuk mengambil gambar atau foto di sana. Kita mesti mematuhi peraturan yang berlaku di sana.

Tak jauh dari ruangan Dalem Agung, terdapat ruangan Keputren. Ruang Keputren merupakan tempat tinggal putra-putri keraton. Terdapat beberapa kursi kayu di ruang ini. Lantai ruangan juga terbuat dari ubin. Di depan ruang Keputren terdapat sebuah taman yang sangat asri dan sejuk.

salah satu sudut pura mangkunegaran

Setelah dari Ruang Keputren, kami melanjutkan ke ruang pertemuan. Ruang pertemuan ini biasa digunakan raja untuk melakukan pertemuan dengan para tamu. Meja dan kursi di ruangan ini diatur dengan bentuk huruf “U” atau “U shape” dengan kursi raja sebagai pusatnya. Di ruangan ini pengunjung sudah diperbolehkan untuk mengambil gambar atau foto lagi.

ruang pertemuan pura mangkunegaran

Di sebelah ruang pertemuan terdapat sebuah ruang makan. Selain meja dan kursi makan, ruangan ini juga dipenuhi dengan hiasan, lukisan dan ornamen. Ruang makannya sangat luas dan nyaman. Ruang makan juga tidak jauh dari taman. Terdapat sebuah lorong di luar ruang makan yang digunakan untuk memajang foto-foto keluarga Pura Mangkunegaran.

foto keluarga pura mangkunegaran

Bangunan Pendapa Agung, Paringgitan, Dalem Agung, Keputren, ruang pertemuan, dan ruang makan merupakan bagian yang bisa diakses oleh wisatawan, namun tetap harus ditemani dengan guide. Selain ruang-ruang tersebut, terdapat juga ruang perpustakaan dan museum. Ruang perpustakaan memajang koleksi-koleksi buku kuno yang beberapa diantaranya masih layak baca. Sedangkan museum menyimpan beberapa kereta kencana yang pernah digunakan oleh keluarga Pura Mangkunegaran.

Yuk keliling Semarang! Eits, ambil promo Tiket Pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang & Paket Wisata Murah sekarang!

Perjalanan di Pura Mangkunegaran mungkin akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Para pengunjung diberi kesempatan untuk melihat keunikan, keindahan, tradisi, dan budaya di sebuah keraton yang masih bertahan hingga sekarang. Pura Mangkunegaran merupakan sebuah warisan, museum sekaligus tempat penyimpanan segala tradisi yang berkembang pada masa lalu dan kini telah menjadi sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Surakarta.

Pura Mangkunegaran
Alamat : Jalan Ronggowarsito, Kota Solo
Tiket Masuk : Rp 10.000/orang (belum termasuk tip untuk guide)

Destinasi Wisata Kota Solo : Pura Mangkunegaran
5 (100%) 1 vote
(Visited 112 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Destinasi Wisata Kota Solo : Pura Mangkunegaran' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool