Di Antara Guci dan Poci : Menikmati Alam Tegal Bersama Keluarga

Musim liburan nanti adakah yang memiliki rencana untuk jalan-jalan ke Jawa Tengah?

Kalau ke Jawa Tengah biasanya destinasi mana sajakah yang kerap dituju, Kawan?

Selama ini kebanyakan orang tahunya kalau bepergian ke Jawa Tengah itu ya ke Semarang. Memang sih Semarang merupakan ibukota provinsi, tempat bertemunya berbagai titik pemberhentian segala macam sarana transportasi. Mau menggunakan pesawat terbang, jelas bisa banget kan ke Semarang. Mau pilih menggunakan moda transportasi kereta api maupun bus pun tak masalah.

Selain menikmati keindahan Kota Semarang dengan segala kulinernya yang beragam, sebenarnya masih banyak tempat menarik lainnya yang layak dikunjungi bila teman-teman merencanakan liburan ke Jawa Tengah. Salah satunya adalah menikmati segarnya suasana alam pegunungan dan pemandian air panas yang menjadi satu.

Dimanakah itu?

Apakah sobat sudah pernah mendengar tentang Guci? Guci tempat air itu ya?

No nooo... Guci merupakan nama salah satu desa yang ada di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Berlokasi di kaki Gunung Slamet dan berjarak tempuh sekitar 40 km dari Kota Tegal.

taman-wisata-guci

Saat memasuki kawasan Desa Guci sih sebenarnya tak nampak sesuatu yang istimewa, sama saja dengan suasana yang biasa terdapat di desa-desa yang ada di kawasan pegunungan. Asri dan berhawa sejuk. Yah, paling tidak memang sepertinya nilai inilah yang membuatnya menarik bagi para warga kota yang kesehariannya mengalami kebisingan dan terkena terik panas matahari yang penuh dengan polusi. Escape for a while lah ya kalau kata orang-orang yang memang sedang membutuhkan liburan akibat penatnya rutinitas keseharian.

Beneran cuma segitu aja nilai lebihnya Guci?

Yuuuk kita telusur lebih detail lagi Desa Guci ini, kenapa sih tempat ini pantas dijadikan salah satu alternatif tempat berlibur meskipun letaknya cukup jauh dari kota.

air-terjun-di-guci2

Masuk ke tempat wisata Guci ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pada hari biasa tiket masuk ke Gucinya hanya lima ribu rupiah untuk orang dewasa, itu belum termasuk tiket masuk ke lokasi pemandian air panasnya.

Ya, pemandian air panas merupakan daya tarik utama dari Guci ini. Beberapa lokasi pemandian air panas bertebaran di desa ini. Ada beberapa yang dikelola oleh manajemen hotel sehingga untuk memasukinya harus membayar lagi. Kelebihan dari pemandian air panas yang dikelola hotel ini adalah kondisinya lebih bersih dan terawat, seperti yang ada di Hotel Sankita, Hotel Duta Wisata dan Hotel Guci-Ku.

Sementara ada juga pemandian air panas yang untuk masuk ke lokasinya kita tak usah membayar lagi. Salah satunya yang paling populer dan ramai luar biasa dikunjungi adalah Pancuran 13. Dinamakan seperti itu karena terdapat 13 buah pancuran yang mengalirkan air panas yang bersumber asli dari kaki Gunung Slamet. Di sini selain menikmati asyiknya mandi dan berendam air panas dari pancuran, ada air terjun kecilnya juga loh. Jadi satu paket komplit lah bagi kita yang berkunjung ke Guci dan menikmati wisata air.

wisata-guci-tegal

Apa saja manfaat mandi dan berendam di pemandian air panas yang ada di Guci?

Seperti air panas yang sumbernya berasal dari pegunungan lainnya, pemandian air panas di Guci ini pun diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama sakit kulit. Selain itu ada sensasi tersendiri saat berendam dan tersiram kucuran air panas di lokasi yang sebenarnya memiliki hawa dingin luar biasa. Sekedar informasi saja, teman-teman harus siap mengalami perubahan suhu yang drastis ini. Begitu keluar dari pemandian, cuaca dingin akan segera menyergap tubuh kita. Oleh karena itu perlu sekali membawa perlengkapan untuk menghangatkan badan saat pergi ke Guci

Jika kita bergeser ke arah kota Tegal, apa lagikah yang bisa kita temukan di sana?

Untuk oleh-oleh yang biasa dipesan oleh para pengunjung ke kota tersebut, tahu tegal yang lebih dikenal dengan sebutan tahu aci menjadi primadona. Tahu kuning yang dilengkapi dengan olesan tepung berbumbu dalam satu paket (yang nantinya tinggal digoreng saja) siap dibawa pulang. Sampai sekarang, tahu aci dan tahu pletok khas Tegal ini belum tertandingi kelezatannya.

Ada satu lagi tempat menarik yang sebaiknya sobat kunjungi saat berada di Slawi, ibu kota Kabupaten Tegal. Slawi amat terkenal sebagai tempat asal peracikan Teh Poci yang terkenal itu.

masjid-agung-kab-tegal

Persis di depan Masjid Agung Kabupaten Tegal berdiriah Tugu Poci yang menjadi ikon utama Slawi. Nggak lengkap rasanya saat kita berkunjung ke Tegal dan menikmati keindahan Guci tanpa sempat berfoto ria di Tugu Poci ini.

Sudah memasukkan Guci dan Tugu Poci di dalam itinerary liburanmu, Sobat? Kenapa belum? Hayuukk segera liburan ke Tegal ๐Ÿ™‚

Di Antara Guci dan Poci : Menikmati Alam Tegal Bersama Keluarga
Vote Us
(Visited 337 times, 1 visits today)

About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Di Antara Guci dan Poci : Menikmati Alam Tegal Bersama Keluarga' have 2 comments

  1. October 23, 2016 @ 7:45 pm Hidayah Sulistyowati

    Aku sering ke Tegal, jaman ponakan lahiran. Tapi udah dua tahun belum kesana lagi. Adikku dan keluarganya udah riwa riwi ke Semarang sih. Pengen ke Guciku, mbak. Lebih banyak permainan air utk anak-anak ๐Ÿ™‚

    Reply

  2. October 24, 2016 @ 12:27 pm Syunamom

    Aku suka ke pemandian air hangat, minum teh poci juga. Baru tau nih kalau teh poci itu dari sini datangnya… Kalau ke Jawa Tengah biasanya cuman ke Solo, nengokin keluarga, belum pernah Guci ini ๐Ÿ˜€

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool