Klub Merby Semarang

Di Klub Merby, Kita Bisa Wisata Sambil Belajar Seni dan Budaya

Mengenal seni dan budaya lokal akan mampu membentuk karakter dan identitas kita sebagai bangsa. Ada banyak nilai-nilai luhur yang bisa kita pelajari dari seni dan budaya. Menariknya, di Klub Merby yang terletak di Jl. MT Haryono (Mataram) No 653 Semarang, kita bisa berwisata sambil belajar seni dan budaya di Indonesia, terutama budaya Semarang. Jika Anda akan Liburan ke Semarang tentu tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan utama wisata Anda. Awalnya saat berdiri pada tahun 1989, Klub Merby merupakan lembaga pendidikan, seni dan budaya. Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan seni, Klub Merby mempunyai lebih dari 25 pelatihan, mulai dari ilmu umum, seni lukis serta seni umum. Saat ini Klub Merby mempunyai ratusan siswa serta ribuan alumni, mulai dari pelatihan reguler, non reguler, dan akselerasi hingga holiday class.

Klub Merby Semarang

Peserta pelatihan di Klub Merby tidak hanya datang dari dalam kota Semarang tetapi juga dari berbagai daerah di sekitar Kota Semarang seperti Kudus, Salatiga, Pati, Demak, Kendal dan berbagai daerah lainnya. Klub Merby juga menjadi salah satu tempat untuk pembekalan bagi peserta Denok dan Kenang Kota Semarang.

Klub Merby Semarang

Sejak tahun 2004 Klub Merby juga dijadikan salah satu tempat kunjungan wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara, untuk belajar seni dan budaya nusantara, khususnya Semarang. Salah satu program yang ditawarkan adalah program wisata edukasi. Program wisata edukasi di Klub Merby bisa diikuti mulai dari anak-anak hingga dewasa, dengan beragam program di dalamnya.

Klub Merby Semarang

Dalam Wisata Edukasi Klub Merby kita bisa mengenal lebih jauh tentang berbagai seni dan budaya. Seperti soal batik, kita bisa belajar membatik, membaca batik, ikut pelatihan kerajinan perca batik, dan mengenal indahnya ragam corak batik nusantara dengan kain perca. Kita juga bisa lebih mengenal soal wayang, mulai dari pengenalan beragam jenis wayang, cerita, dan pembuatan tokoh pewayangan. Kita juga bisa memakai kostum wayang orang, serta untuk lebih mengenal tokoh wayang orang kita akan diajari cara mengenakan make up dan kostum wayang orang lengkap dengan pengetahuan rias, karakter dan ageman.

Klub Merby Semarang

Selanjutnya, kita juga bisa belajar tentang musik, lagu dan Joget Semarangan. Di sini pengunjung akan dikenalkan dengan Gambang Semarang. Klub Merby telah merevitalisasi Gambang Semarang yang merupakan bentuk kesenian khas Kota Semarang dan juga lagu-lagu Semarangan. Tidak ketinggalan kita juga bisa belajar joget Semarangan dengan gerakan-gerakan khasnya. Selain itu, kita juga bisa mengenal lebih dalam tentang sarung, kebaya, ikat kepala, serta cara pemakainnya, dan bisa didokumentasikan sebagai kenang-kenangan. Tidak hanya itu, di sini kita juga bisa belajar merangkai jamur, dolanan bocah, Aksara Jawa dan Bahasa Jawa. Klub Merby juga dilengkapi dengan museum mini serta koleksi uang dan perangko serta barang-barang yang dapat dikategorikan sebagai heritage.

Klub Merby Semarang

Klub Merby Semarang

Untuk oleh-oleh tersedia juga Art Shop and Learn serta Kios Merby. Belanja di Art Shop pengunjung tidak hanya menambah koleksi tetapi juga dapat sambil belajar tentang produk yang dibeli. Sedangkan di Kios Merby menyediakan berbagai perlengkapan lukis, kerajinan tangan dan kreativitas. Bagi yang ingin wisata kuliner, di sini juga ada Kedai Dhahar & Jamu Gendong. di Kedai Dhahar tersedia berbagai menu olehan “omahan” yang sehat non MSG dan hidangan atau masakan yang kadang sudah susah dijumpai. Pengunjung juga bisa menikmati beragam jenis jamu gendong yang merupakan minuman warisan nenek moyang yang sangat khas dan menyehatkan. Tentu, pengunjung juga bisa belajar tentang cara pembuatan dan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Di Klub Merby, Kita Bisa Wisata Sambil Belajar Seni dan Budaya
Vote Us
(Visited 1,489 times, 3 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Di Klub Merby, Kita Bisa Wisata Sambil Belajar Seni dan Budaya' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool