Di Semarang Juga Ada Pagoda

Di Semarang Juga Ada Pagoda
5 (100%) 1 vote

 Liburan tapi hanya memiliki dana terbatas? Duuuhh… padahal kepengin sekali bisa mengunjungi tempat-tempat cantik yang ada di luar negeri. Gimana dooongg…

Nah, bagi yang sudah mendapatkan tiket murah ke Semarang nggak ada salahnya untuk memaksimalkan kota kecil yang bersuhu rata-rata hangat ini 🙂  Meskipun bukan tandingan ibukota negara, namun kota pantai sekaligus perbukitan ini menawarkan banyak pilihan cantik bagi para pengunjungnya. Tak hanya untuk orang dari luar kota saja sebenarnya, bahkan bagi saya yang penduduk asli Semarang pun, rasanya tak pernah bosan untuk menikmati kecantikan tempat lahir beta ini.

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara di lokasi Vihara Budhagaya, Watugong Semarang

Berdiri dengan anggun di Semarang bagian atas, ada satu komplek vihara yang sudah cukup lama ada di Semarang. Vihara Buddhagaya yang didirikan pada tahun 2006 ini bahkan telah dinobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI)  sebagai bangunan berbentuk pagoda tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 45 meter, pagodanya yang diberi nama Pagoda Avalokitesvara ini tampak istimewa dan cantik sekali saat terlihat dari kejauhan.

Sebagai tempat yang bebas dikunjungi siapa saja, pengelola vihara ini tidak menarik pungutan bagi pengunjungnya. Paling juga hanya ditarik biaya parkir saja. Selebihnya gratis.

Kita bisa menjelajah berbagai sudut pagoda ini dengan bebas. Asalkan kita juga harus ingat, bahwa pagoda ini tempat sembahyangan umat Buddha. Jadi saat menikmati keindahan arsitektur pagoda ini, sebaiknya ketenangan juga harus dijaga. Terutama untuk pengunjung yang membawa anak kecil nih seperti saya 🙂

Apa saja sih ritual sembahyangan yang ada di sini?

vihara buddhagaya sembahyangan1

Saya sendiri kurang paham dengan urut-urutan ibadah yang dilakukan. Saya hanya mengamati sebagian yang saya saksikan saat berkunjung ke sana. Setelah membeli hio, peserta ibadah akan menuju ke tempat seperti yang ada di foto atas ini.  Semacam menyalakan api.

Lalu hio tadi akan dibawa masuk ke bagian dalam pagoda lantai 1. Oya, pagoda ini terdiri dari 7 tingkat, dengan masing-masing tingkat dilengkapi dengan patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke arah 4 penjuru mata angin. Coba lihat dengan cermat foto saya yang di depan pagoda tadi. Di tingkat kedua dan seterusnya pasti ada patung Dewi Kwan Im nya.

Selain menyaksikan bangunan pagoda nan cantik plus melihat langsung ibadah umat Buddha, apalagi daya tariknya? Ada oleh-olehnya kah?

Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan memori kunjungannya ke tempat ini, ada beberapa cinderamata yang bisa dibeli loh.

 vihara buddhagaya cinderamata1

Yang ini satu set patung Buddha, ada juga yang satu set patung dewa/dewi. Setiap set terdiri dari  3 miniatur patung. Harganya sekitar Rp. 250.000. Lumayan ya? Tapi dibandingkan dengan kacantikan miniatur patungnya, sepadan lah kita menebusnya dengan harga segitu.

vihara buddhagaya cinderamata2

 

Miniatur Pagoda Avalokitesvara ini pun tak kalah cantiknya dengan yang patung tadi. Dibuat persis sekali dengan aslinya, bakalan jadi kenang-kenangan terindah akan kunjungan kita ke sana kan.

Yuuukk.. yuuukk… mari berkunjung ke Semarang. Berwisata di kota nan cantik ini, bonus bisa narsis di depan pagoda. Bagaikan melancong ke Thailand atau Tiongkok saja nih 😉

(Visited 520 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Di Semarang Juga Ada Pagoda' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool