Dieng Culture Festival 2015

Dieng Culture Festival 2015

Dieng Culture Festival 2015
5 (100%) 1 vote

Apa jadinya jika budaya masyarakat lokal dan alam Dataran Tinggi Dieng yang mempesona dipadukan dan dikemas dalam sebuah acara ? Jika Anda penasaran dan ingin tahu seperti apa jadinya, maka berkunjung ke Dieng Culture Festival – DCF 2015 pada tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2015 nanti adalah langkah yang tepat.

Dieng Culture Festival 2015

Salah satu candi di Dataran Tinggi Dieng

Secara geografis, Dataran Tinggi Dieng sendiri terletak di dua kabupaten sekaligus. Sebagian bernaung di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan sebagian lagi berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kurang lebih berjarak sekitar 120 KM dan diperlukan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan darat dari Kota Semarang. Dari kota di seluruh Indonesia, pengunjung bisa naik pesawat ke Semarang dilanjutkan dengan travel atau rental mobil menuju Dieng.

Dieng Culture Festival adalah pesta budaya terbesar di ddaerah Dieng. Festival ini pertama kali digagas oleh Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada tahun 2009. Pada gelaran yang keenam kali ini mengusung tema “Culture Of Harmony”.

Dieng Culture Festival 2015

Dieng Culture Festival 2014 tahun lalu

Selama tiga hari, di kawasan Candi Arjuna dataran tinggi Dieng akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, napak tilas keliling dataran tinggi Dieng, minum purwaceng bersama sebagai minuman khas Dieng, penerbangan balon, pagelaran jazz atas awan, festival lampion, dan puncaknya adalah acara ritual pencukuran rambut anak gembel di kompleks candi Arjuna Dieng.

Meskipun acara Dieng Culture Festival digagas dan dilaksanakan oleh pokdarwis desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, pihak penyelenggara juga melibatkan kelompok warga dari 10 desa di kawasan dataran tinggi Dieng.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, dua acara yang menarik banyak penonton sengaja dipisahkan untuk mengantisipasi membludaknya audiens. Pagelaran Jazz Atas Awan diselenggarakan pada malam pertama festival. Sedangkan acara utama berupa ritual potong rambut gimbal diselenggarakan pada hari terakhir.

Dieng Culture Festival 2015

Poster resmi Jazz Atas Awan 2015

Oleh masyarakat Dieng, anak dengan rambut gimbal, atau disebut anak bajang, dianggap sebagai titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce selaku leluhur masyarakat Dieng. Karenanya untuk memotong rambut anak gimbal tersebut harus melalui sebuah acara ritual yang sakral. Rambut yang tumbuh menggimbal tidak bisa dipotong sebarangan. Pemotongan rambut gimbal hanya bisa dilakukan jika ada permintaan si anak yang berambut gimbal dan apapun permintaan si anak harus dipenuhi oleh orang tua/walinya.

Dieng Culture Festival 2015

Dieng Culture Festival

Malam hari sebelum prosesi akan dilakukan Upacara Jamasan Pusaka, yaitu pencucian pusaka yang dibawa saat kirab anak-anak rambut gimbal. Keesokan harinya baru dilakukan kirab menuju tempat pencukuran, si anak diarak dari rumah sesepuh pemangku adat dan berhenti di dekat Sendang Maerokoco atau Sendang Sedayu, tempat penyucian rambut. Setelah itu, barulah ritual pemotongan rambut dilaksanakan. Potongan rambut gimbal tersebut kemudian dihanyutkan ke Telaga Warna yang menandakan bahwa rambut tersebut dikembalikan ke pemiliknya.

Festival tahun ini diperkirakan akan menarik kurang lebih 50 ribu orang baik masyarakat lokal Dieng maupun wisatawan. Bagi wisatawan disarankan memesan penginapan dari jauh hari sebelumnya. Jika Anda ingin tinggal di desa sekitar Dieng, ada banyak losmen kecil dan hotel di sini. Anda juga dapat tinggal di rumah penduduk yang dapat disewa dengan harga relatif murah.Terdapat beberapa homestay di Dieng Kulon maupun Dieng Wetan.

Masih ragu untuk berkunjung ke Dieng Culture Festival 2015 nanti ? Silakan simak video Official Trailer Dieng Culture Festival 2015 yang diunggah oleh panitia berikut ini:

(Visited 717 times, 1 visits today)



'Dieng Culture Festival 2015' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool