kampung jamu

Ekowisata Di Kampung Jamu Semarang

Ekowisata Di Kampung Jamu Semarang
4.75 (95%) 4 votes

Ingin berwisata alam sekaligus belajar tentang dunia herbal? Mungkin kamu bisa coba salah satu destinasi wisata di Semarang yang satu ini, yaitu Kampung Jamu. Lokasinya memang berada di pinggir kota Semarang yatu di daerah Mijen, namun setiba di sana nggak bakal merasa kecewa deh. Kita langsung disambut dengan pemandangan hijau sawah dan perkebunan rempah luas yang menyegarkan mata.

Eduecotourism

Pemandangan Hijau di Eduecotourism Kampung Jamu Semarang

Dengan luas sekitar 1 hektar, Kampung Jamu menjadi tempat budidaya tanaman rempah sekaligus destinasi eduecotourism di Semarang, Jawa Tengah. Tanaman yang ditanam di sana dibudidayakan dengan konsep organik, sehingga terbebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Begitu datang kita langsung disuguhi wedang rempah hasil olahan sendiri, sambil menikmati suasana alami perkebunan rempah. Kemudian kita akan berjalan-jalan di sekitar untuk mengenali kekayaan rempah Indonesia yang ditanam di sana. Perkebunannya cukup luas, dan kita bakal tahu tanaman jamu apa saja yang bisa dibudidayakan sendiri sekaligus manfaatnya bagi kesehatan.

tanaman jamu organik

Pengenalan Jenis dan manfaat dari tanaman jamu organik

Selepas tour wisata edukasi di Kampung Jamu, kita juga akan diajari bagaimana meramu jamu modern sendiri dengan mudah, dengan bahan-bahan yang ada. Jamu yang dimaksud di sini bukan jamu ekstrak, tapi gabungan dari akar-akaran, daun dan tanaman.

pembuatan jamu

Pengunjung diberi kesempatan untuk membuat jamu sendiri

Waktu itu bahan-bahan yang tersedia adalah daun mint, jeruk nipis, gula dan kencur. Setelah dicampur mejadi satu di dalam gelas ditambah sedikit gula dan diseduh dengan air panas, segelas jamu bikinan sendiri siap untuk dinikmati.

PROMO TIKET MURAH KE SEMARANG

Rempah organik jamu

Rempah organik yang menjadi bahan pembuatan jamu

Jeng Ratu selaku pemandu ekowisata di Kampung Jamu akan bercerita panjang lebar tentang kekayaan potensi jamu di Indonesia dan manfaatnya. Ternyata tidak sulit lho menanam rempah sendiri di rumah untuk konsumsi sendiri.

Ekowisata Kampung Jamu ini cocok banget untuk wisata keluarga atau rombongan. Selain mendapatkan edukasi, para pengunjung yang datang juga akan mendapatkan fasilitas makan siang dengan menu tradisional.

Setelah puas belajar mengenai dunia herbal dan menikmati jamu bikinan sendiri, kita bisa mendapatkan konsultasi kesehatan gratis lho di sana. Jeng Ratu sebagai pengelola akan membantu mendeteksi ada gangguan kesehatan apa saja serta jamu apa yang cocok untuk kita konsumsi di rumah. Tidak jarang juga orang yang datang kesana sekedar untuk berobat dengan Jeng Ratu.

Fasilitas pijat gratis

Fasilitas pijat gratis dan konsultasi kesehatan

Kalau sudah mengenal serunya dunia herbal, biasanya kita jadi pengen nih budidaya sendiri di rumah dengan sederhana. Nah, Kampung Jamu juga menyediakan bibit rempah yang bisa kita bawa pulang lho, joss kan.

Nah itu dia keseruan eduecotourism di Kampung Jamu Semarang. Walaupun di pinggir kota namun lokasinya cukup mudah untuk diakses, tersedia lahan parkir motor dan mobil yang cukup luas. Kalau mau berkunjung ke sana ada baiknya jangan terlalu sore agar bisa menikmati suasana sejuk alam perkebunan.

(Visited 4,215 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Ekowisata Di Kampung Jamu Semarang' have 18 comments

  1. March 7, 2015 @ 12:44 pm Sriyono Suke

    Ternyata aku belum pernah merene…

    Reply

  2. March 7, 2015 @ 4:55 pm Soviana

    Aku juga belum pernah, Don 😐

    Reply

  3. March 7, 2015 @ 5:41 pm Munif

    Aku yg deket juga belum pernah ke sini, sepertinya menarik utk dikunjungi…

    Reply

    • March 10, 2015 @ 7:48 am Johanis Adityawan

      buat rombongan… bisa 10rb (dapet snack), atau 25rb (dapet maksi)

      Reply

  4. March 7, 2015 @ 7:05 pm Hidayah Sulistyowati

    Tiket masuk berapa ya? Penting ini ;D

    Reply

  5. March 7, 2015 @ 8:40 pm Iyan Ferdian

    Kalo kesana cuman pengen menikmati jamu galian singset

    Reply

  6. March 8, 2015 @ 1:32 pm Indra Dhani Kusuma

    mark as must visit at Semarang

    Reply

  7. March 9, 2015 @ 8:49 am Inung Djuwari

    yukss kesana bareng2 …. 😀

    Reply

  8. March 9, 2015 @ 9:39 pm Slamet Riyadi

    ini mijen yang semarang ya jo?

    Reply

  9. August 22, 2015 @ 3:07 pm taufik hidayat

    Mas Johanis, boleh minta no telp / handphone Ibu Jeng Ratu? Karena saya ada rencana melakukan kunjungan ke Kampung Jamu, bulan Sept atau oktober. tks atas bantuannya.

    Taufik Hidayat
    081219813331

    Reply

  10. September 29, 2015 @ 10:52 am Yunita

    Tepatnya dimana ya alamatnya?mhn info bg yg tau, tks.

    Reply

  11. January 31, 2016 @ 4:09 pm thoni

    sepertinya menarik untuk dikunjungi saya lihat dari peta bagus juga !!!!!!!!!!!????.

    Reply

  12. February 2, 2016 @ 2:54 pm uzumaki naruto

    aku sudah pernah kesana!!!!!!!!

    Reply

  13. May 1, 2016 @ 9:53 am farkhan

    alamat desa apa. kok gak jelas.?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool